Jangan Salah, Ini Dia Perbedaan Cat Interior dan Eksterior Rumah

Berikut adalah perbedaan cat Interior dan Exterior yang harus Anda ketahui, supaya tidak salah dalam memilih cat untuk rumah Anda.
Perbedaan Cat Interior dan Eksterior


omiska.com - Cat merupakan salah satu elemen penting yang menunjang keindahan rumah. Cat dapat melapisi dinding, kusen, genteng, pagar, dan furnitur. Ada 2 macam cat rumah yaitu cat Interior dan cat Exterior, apa perbedaan diantara cat rumah Interior dan Eksterior? 

Dari namanya saja mungkin Anda sudah dapat membayangkan sekilas apa perbedaan keduanya, yaitu cat Interior khusus untuk bagian dalam rumah dan cat Eksterior khusus cat untuk diluar rumah. 

Selain itu sebenarnya ada perbedaan utama diantara keduanya, yaitu jenis resin aditif yang digunakan masing-masing oleh kedua jenis cat tersebut. 

Cat Interior 

Cat Interior dikhususkan untuk menahan lecet dan bekas dan mudah dibersihkan. Cat interior menggunakan resin yang lebih kaku kan tidak akan mudah tergores atau lecet. Cat interior dapat dibersihkan dengan mudah dan juga dapat menggunakan bantuan air dan sabun. 

Cat Interior cenderung memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan Eksterior, namun cat Interior dibuat dengan bahan-bahan yang lebih aman.

Cat Interior memiliki kandungan VOC yang rendah, VOC adalah singkatan dari Volatile Organic Chemichals yang merupakan zat yang mengeluarkan gas berbahaya jika terhirup oleh manusia. Karena kandungan VOC nya sedikit, maka ini dapat meminimalisir resiko gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh gas yang dikeluarkan oleh cat. 

Cat Eksterior

Cat Eksterior dibuat khusus yang dapat bertahan dari segala perubahan kondisi cuaca, tahan dari sinar UV dan lumut. Maka dari itu cat Eksterior dibuat dengan resin lebih fleksibel yang dapat bertahan pada perubahan suhu yang dapat menyebabkan cat rusak (mengembang / mengerut). 

Berbeda dengan cat Interior, Cat Eksterior memiliki ketahanan yang lebih tinggi guna untuk menghadapi segala macam suhu, benturan, dan juga cuaca. 

Tidak seperti Cat Interior, cat Exterior memiliki kandungan VOC yang lebih tinggi, karena cat ini dugunakna untuk diluar rumah maka gas yang dihasilkan akan hilang terbawa oleh udara sehingga dapat meminimalisir gangguan pernapasan. 


Akhir kata, itulah perbedaan cat Interior dan Exterior. Semoga informasi ini bermanfaat khsuusnya bagi Anda yang sedang memilih cat ya!
A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.