Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Paspor 24 Halaman dan 48 Halaman, Jangan Sampai Salah


omiska.com - Paspor adalah sebuah dokumen yang wajib dibawa saat berpergian ke luar negeri. Ini adalah dokumen resmi yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat saat ingin melakukan perjalanan antar negara. Pasport merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari negara, dimana didalamnya memuat identitas pemiliknya yang berisi identitas, tempat dan tanggal lahir, tanda tangan, informasi negara, dan foto pemilik. 

Berdasarkan tujuannya, Paspor terbagi 3 jenis, yaitu :
  • Paspor Biasa yang digunakan untuk perjalanan reguler antar negara
  • Paspor Diplomatik yang dikeluarkan sebagai identitas Diplomatik
  • Paspor Dinas yang diterbitkan  untuk petugas administrasi untuk keperluan misi Diplomatik
Berdasarkan dari halamannya, Pasport terbagi 2 jenis, yaitu 
  • Paspor 24 Halaman 
  • Paspor 48 Halaman

Apa Perbedaan Paspor 24 Halaman dan 48 Halaman?

Fisik

Melihat dari fisiknya, paspor 24 Halaman dan 48 Halaman tidak memiliki perbedaan. Kedua paspor memiliki warna yang sama, dan dimensi yang sama. Hanya saja yang membedakan jumlah halamannya saja dimana paspor 48 Halaman terlihat lebih tebal dibandingkan dengan paspor 24 Halaman. 

Fungsi 

Banyak orang yang menganggap paspor 24 Halaman ini hanya diperuntukkan untuk TKI saja, ini adalah pendapat yang keliru. Sebenarnya siapa saja dapat memilih paspor dengan jumlah halaman yang diinginkan, dimana kedua jenis paspor berdasarkan jumlah halaman tersebut sama-sama dapat digunakan untuk liburan maupun kepentingan lain. 

Ketersediaan Versi Elektronik

Paspor 48 Halaman memiliki versi elektronik, sebaliknya paspor 24 Halaman tidak memiliki versi elektronik. 



Kebebasan Kunjungan Ke Berbagai Negara

Beberapa negara di Timur Tengah tidak menerima paspor 24 Halaman, sedangkan paspor 48 Halaman dapat berkunjung ke negara mana saja. 

Biaya

Biaya pembuatan paspor 48 Halaman lebih mahal dibandingkan dengan paspor 24 Halaman. 


Paspor 24 Halaman Untuk Apa? 

Mungkin ini adalah pertanyaan yang sangat umum. Setiap orang dapat memilih paspor 24 Halaman dan 48 Halaman tanpa kecuali. Namun ada baiknya jika Anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri, disarankan menggunakan paspor 48 Halaman. 

Paspor 24 Halaman biasanya digunakan oleh mereka yang jarang keluar negeri, misalnya seperti keperluan Ibadah Haji / Umroh, dan para TKI. 

Para TKI menggunakan paspor 24 Halaman karena mereka ke luar negeri untuk bekerja dan menetap disana. Lagi pula, paspor 24 Halaman ini sangat mencukupi dan dapat menampung stempel VISA selama 5 tahun. 


Demikanlah penjelasan mengenai perbedaan paspor 24 Halaman dan 48 Halaman. Kesimpulannya adalah, jika Anda sering melakukan perjalanan keluar negeri disarankan untuk memilih paspor 48 Halaman, sedangkan bagi Anda yang ingin berpergian keluar negeri untuk tujuan tertentu seperti kegiatan ibadah atau kerja (menetap) sebaiknya memilih paspor 24 Halaman. 
close