Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Customer Service : Pengertian, Jobdesk, Fungsi, dan Skill Yang Dibutuhkan

 

Customer Service : Pengertian, Jobdesk, Fungsi, dan Skill Yang Dibutuhkan

omiska.com - Anda pasti tidak asing lagi dengan Customer Service atau biasa disingkat CS. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda pernah bertemu langsung atau berkomunikasi lewat telepon dengan Customer Service, baik itu dari Bank maupun perusahaan-perusahaan lainnya. Bagi Anda yang belum tau apa itu Customer Service apa Jobdesk nya, simak terus artikel ini hingga selesai. 

Apa Itu Customer Service?

Customer Service adalah sebuah posisi yang akan memberikan layanan perushaan kepada konsumen,  meliputi memberikan konsultasi, pusat informasi, dan menangani masalah yang dilaporkan oleh konsumen atau pelanggan dikarenakan adanya ketidakpuasan dari barang maupun jasa. 


Jobdesk Customer Service

Jobdesk Customer Service adalah sebagai berikut : 

1. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Customer Service harus dapat membangun hubungan baik dengan para pelanggan atau konsumen, mislanya dengan memberikan respon yang sopan dan baik, pelayanan yang maksimal, hingga memberikan solusi atas masalah yang dikeluhkan konsumen terkait barang maupun jasa. 

Customer Service juga harus dapat bersabar dan tenang dalam menghadapi berbagai macam karakter konsumen. Memberikan palayanan yang baik, berikap tenang, dan memberikan kesan-kesan positif akan menjaga image perusahaan. 

2. Memberikan Informasi

Customer Service memiliki Jobdesk sebagai pemberi informasi mengenai produk atau layanan. Misalnya seperti memberikan imformasi promo ataupun program yang sedang berlangsung. Dengan memberikan informasi kepada konsumen, maka konsumen akan lebih tau mengenai produk atau jasa dari perusahaan sehingga dapat memilih produk atau jasa perusahaan dengan tepat. 

3. Menangani Segala Keluhan Konsumen

Customer Service memiliki Jobdesk khusus dalam mendengar semua keluhan konsumen dan siap memberikan solusi dan pemecahan masalah terkait barang maupun jasa dari perusahaan. Customer Service harus dapat meberikan solusi yang terbaik, guna membangun kepercayaan kepada konsumen sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan (Customer Loyality) sehingga memungkinkan konsumen membeli barang atau jasa secara Continue. 

4. Membantu Mengurus Administrasi

Selain menangani segala keluhan yang disampaikan konsumen, Customer Service juga harus bersedia mengurusi tugas Administrasi untuk mengurusi berbagai kelengkapan data yang diperlukan. Misalnya seperti formulir atau dokumen yang diperlukan oleh konsumen. 

5. Menjual Produk / Jasa

Selain memberikan informasi dan solusi atas keluhan yang disampaikan konsumen, Customer Service juga harus bersedia bertugas menjual produk atau jasa yang ditawarkan perusahan. Customer service dapat menjual barang atau jasa setelah menemukan momen yang tepat saat berinteraksi dengan konsumen dan menawarkan produk yang lain.

Fungsi Customer Service

Customer Service secara umum memiliki tiga fungsi utama, yaitu : 

1. Menerima Konsumen / Tamu

Customer Service adalah salah satu posisi yang memiliki peran penting dalam menjaga image perusahaan. Ini dikarenakan tugas utama Customer Service adalah melayani konsumen dan membantu menanangani permasalahan yang keluhkan oleh konsumen. 

Tugas Customer Service disini adalah menerima keluhan yang berkaitan dengan barang atau jasa dari perusahaan. Customer Service harus mampu melayani dengan baik dan profesional dalam menyampaikan informasi atau memberikan solusi yang tepat terkait produk. 

Customer Service harus menerima berbagai keluhan konsumen, dan memberikan respon yang positif dengan bersikap sopan, santun, ramah dan senyum. Ini bertujuan untuk membuat konsumen merasa nyaman saat menyampaikan keluhannya sehingga mereka merasa mendapatkan layanan yang memuaskan. 

2. Customer Relation Officer

Customer Relation Officer maksudnya Customer Service yang merupakan perwakilan dari perusahaan harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen. Dengan menjalin hubungan baik dan bersikap profesional akan membuat pelanggan merasa puas atas pelayanannya dan dapat lebih percaya kepada perusahaan. 

3. Komunikator

Fungsi berikutnya adalah sebagai komunikator, dimana Customer Service  menjadi pihak penghubung antara perusahaan kepada konsumen atau pihak lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Customer Service wajib memberikan kemudahan kepada klien, dan siap menerima segala keluhan atau bersedia menerima konsultasi. 


Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service

Supaya dapat memberikan kinerja yang baik, customer service setidaknya memiliki beberapa skill berikut ini : 

1. Kemampuan Komunikasi

Karena Customer Service memiliki tugas yang berkaitan dengan konsumen, salah satu skill yang harus dimiliki adalah berkomunikasi dengan baik. Dengan begitu, Customer Service dapat dengan mudah menjelaskan dan informasi yang disampaikan mudah dipahami. 

2. Pengetahuan Produk / Jasa

Selain memiliki skill komunikasi yang baik, Customer Service juga harus mengetahui dan memahami produk-produk atau jasa dari perusahaan. Dengan memiliki pemahaman yang baik terkait produk maupun jasa, ini akan mempermudah Customer Service memberikan saran maupun dalam memecahkan masalah yang dialami pelanggan terkait produk maupun jasa. 

3. Persuasi

Sewaku-waktu Customer Service juga akan menghadapi situsasi dimana harus menawarkan produk maupun layanan kepada konsumen. Disini Customer Service membutuhkan kemampuan persuasi yang baik, guna dapat meyakinkan bahwa produk maupun layanan perusahan layak dibeli. 

4. Manajemen Waktu

Customer Service yang sukses ditandai dengan seberapa cepat ia dapat menyelesaikan masalah dan keperluan konsumen. Dengan begitu maka Customer Service harus mampu memanajemen waktu. 

Customer Service harus dapat memahami situsasi yang dihadapi oleh konsumen dengan cepat, kemudian menawarkan saran / solusi atau bantuan yang dibutuhkan yang dapat diberikan kepada konsumen. 

Jika sekiranya Customer Service tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut, maka dapat diarahkan ke pihak yang lain untuk membantu memecahkan masalah. 

5. Customer Oriented

Customer Service juga harus memiliki skill Customer Oriented. Customer Oriented adalah kemampuan pendekatan yang berorientasi kepada konsumen. Dengan pendekatan ini Customer Service dapat menempatkan konsumen sebagai fokus utama, sehingga layanan yang tepat dari perusahaan dapat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen. 

6. Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah ini ada kaitannya dengan manajemen waktu. Untuk dapat menggunakan waktu yang lebih efisien, Customer Service harus dapat dengan cepat memahami inti masalah dan keluhan konsumen. 

Jika telah mengetahui inti permasalahannya dan masalah terebut tidak dapat dipecahkan oleh Customer Service karena alasan terterntu, maka dapat dialihkan ke pihak yang lain untuk membantu memberikan solusi yang tepat. 

7. Sabar

Karena Customer Service akan berhadapan dengan bermacam karakter konsumen, maka seharusnya seorang Customer Service memiliki kesabaran yang besar. Dalam beberapa waktu konsumen akan bertingkah yang akan memancing emosi, demi mejaga image perusahaan maka Customer Service harus tetap sabar dan tenang dalam situasi apapun. 


Akhir kata, itulah penjelasan mengenai pengertian Customer Service, Jobdesk, dan Skill yang dibutuhkan. Dengan begitu pembaca dapat mengetahui bagaimana peran Customer Service di suatu perusahaan, dan mengetahui kemampuan apa yang harus dimiliki oleh Customer Service. Semoga informasi ini bermanfaat.
close