Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Jawaban Pertanyaan "Apa Kelebihan dan Kekurangan Diri Anda" Saat Interview

 


omiska.com - Saat saat Interview kerja, pasti tidak akan lepas dengan pertanyaan terkait dengan kelebihan dan kekurangan diri peserta. Pertanyaan ini memang terkesan sederhana, padahal cukup meguras pikiran saat menjawabnya. 

Bagi orang yang sudah sering mengikuti Interview kerja mungkin akan mudah menjawabnya, sebaliknya bagi Anda yang jarang bahkan belum pernah sama sekali, pertanyaan ini akan membuat Anda keringat dingin dan gugup. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menjawab pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan saat interview lengkap dengan contohnya. Untuk itu sebaiknya pembaca harap menyimak artikel ini hingga selesai.


Tips Menjawab Pertanyaan Apa Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Seperti yang dijelakan diatas, ini adalah pertanyaan yang sederhana. Namun jawaban yang akan Anda berikan akan berdampak pada suksesnya sesi wawancara yang Anda laksanakan. 

Maka dari itu, disini Anda harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan tersebut dan tetaplah bersikap tenang dan profesional. Berikut ada beberapa tips menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat Interview ; 
  • Persiapkan jawaban sebelum melakukan Interview
  • Bersikap tenang dan jangan panik, kepanikan akan membuat Anda tidak nyaman dan memberikan jawaban yang kurang enak didengar dan terkesan tergesa-gesa
  • Jawablah setiap pertanyaan denga jujur apa adanya, dan jangan terlalu belebihan
  • Berikan kesan bahwa Anda memiliki keininan yang kuat untuk bekerja di perusahaan


5. Contoh Kelebihan Diri Saat Interview

1. Kreatif

Seperti yang telah kita ketahui, banyak pekerjaan yang memerlukan ke-kreatifan. Apalagi jika Anda ingin melamar pekerjaan di industri kreatif, maka kelebihan ini dapat Anda sampaikan. Selain itu Anda juga dapat memberitahukan hal-hal kreatif apa saja yang pernah Anda lakukan saat mengikuti event, dari perusahaan sebelumnya, dan sampaikan juga bagaimana hasilnya. 


2. Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Selain kemampuan dapat berfikir kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan di berbagai jenis pekerjaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik Anda dapat menyampaikan informasi dan mudah dipahami oleh pendengar. 

Hal ini langsung dipraktekkan saat Anda melakukan Interview kerja, yang berhadapan langsung dengan rekruter. Usahakan tetap tenang saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rekruter. Disinilah Anda dinilai, apakah Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik atau sebaliknya. 


3. Dapat Bekerja Dengan Tim

Kelebihan berikutnya yang dapat Anda sampaikan adalah dapat bekerja dengan tim. Ini disebabkan dalam bekerja pasti ada waktu tertentu yang mengharuskan bekerja dengan tim. Hal ini akan menunjukan bahwa Anda dapat beradaptasi dengan situasi apapun dan fleksibel dalam bekerja. 


4. Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal yang penting didalam dunia kerja. Dengan percaya diri Anda dapat melakukan pekerjaan dengan mudah dan efektif, karena Anda percaya dengan kemampuan diri sendiri yang akan memberikan dampak yang baik dalam bekerja. 

Anda dapat menyampaikan bahwa Anda memiliki kelebihan percaya diri, dimana Anda mampu melakukan pekerjaan dengan baik, seperti presentasi atau pekerjaan-pekerjaan . Saat menyampaikannya usahakan jangan terlalu belebihan, sesuaikan dengan bahasa tubuh agar tidak memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang cukup narsis. 


5. Dapat Belajar Dengan Hal-Hal Baru

Dapat belajar dengan hal yang baru juga merupakan suatu kelebihan yang dapat Anda sampaikan. Ini dikarenakan mengingat perubahan dalam pekerjaan bisa terjadi kapan saja. Dengan memiliki kelebihan dapat belajar dengan hal yang baru, akan menunjukan diri Anda bahwa Anda dapat beradaptasi dengan baik, dan dapat mengikuti tren atau sistem kerja yang baru.



5. Contoh Jawaban Kekurangan Diri Saat Interview


1. Berbicara Didepan Umum (Presentasi)

Tidak semua orang mampu berbicara didepan umum seperti presentasi atau semacamnya. Jika Anda merupakan orang yang tidak percaya diri untuk berbicara didepan umum, sampaikan saja sebagai kelemahan Anda. Namun jangan lupa katakan juga bahwa Anda juga sedang mengembangkan diri, baik itu melalui Webinar dan lain sebagainya. 

2. Belum Mendalami Skill Tertentu

Dalam melamar kerja biasanya perusahaan menentukan kriteria tekait skill sesuai dengan posisi / jabatan yang dibuka. Bagi Anda yang tidak mendalami salah satu skill yang telah ditentukan, Anda dapat menyampaikannya kepada rekruter sebagai kekurangan Anda. 

Saampaikan juga Anda juga sedang belajar dan mendalami skill tersebut, supaya dapat mendukung pekerjaan Anda. 

3. Kurang Sabaran

Jika kamu merupakan orang yang kurang sabaran, Anda dapat menyampaikan bahwa Anda merupakan orang yang tidak sabaran ketika bekerja dan ingin segera menyelesaikan pekerjaan. Namun sampaikan juga bahwa Anda juga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, namun tidak dengan asal-asalan yang membuat hasil kerja tidak baik. 


4. Susah Percaya Kepada Orang Lain

Contoh kekurangan berikutnya adalah susah percaya kepada orang lain, dan lebih percaya bahwa Anda dapat mengerjakan pekerjaan secara mandiri. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda dapat sampaikan kepada rekruter. 

Sampaikan juga bahwa Anda sedang berusaha memperbaiki diri sehingga dapat mengerjakan pekerjaan bersama tim. 

5. Tidak Mahir Berbahasa Asing

Biasanya perusahaan menentukan kriteria kepada kandidat mengenai kemampuan bebahasa asing. Sebagian perusahaan ada yang mengharuskan kandidat harus dapat berbahasa asing seperti Inggris atau Mandarin. Sebagian perusahaan lainnya tidak mengharuskan, namun diutamakan yang dapat berbahasa asing. 

Jika Anda tidak memiliki kemampuan berbahas asing, Anda dapat menyampaikannya secara jujur. Namun sampaikan juga bahwa Anda sekarang ini sedang mengembangkan bahasa asing atau megikuti kursus bahasa asing untuk mendukung pekerjaan Anda. 



Nah, akhir kata demikian artikel Cara Menjawab Pertanyaan "Apa Kelebihan dan Kekurangan Diri Anda" Saat Interview. Pertanyaan sederhana ini dapat menjadi penentuan Anda apakah Anda layak diterima ataupun sebaliknya. Untuk itu Anda harus berhati-hati dalam menjawab, dan usahakan tetap tenang agar dapat memberikan jawaban yang memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

close