Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menabung Uang Agar Tidak Terpakai, Tips Supaya Tidak Boros

Cara Menabung Uang Agar Tidak Terpakai

omiska.com - Setuju dong jika menabung itu penting dalam menjaga kondisi finansial? Banyak orang yang menyadari bahwa menabung itu penting, namun sebagian orang masih susah dalam mempraktikannya. 

Kebiasaan prilaku yang konsumtif akan membuat kita susah untuk menabung, karena akan muda tergiur dengan hal-hal yang mendorong kita untuk menguras tabungan untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. 

Dengan kebiasaan yang Konsumtif dan tidak mampu menahan diri, maka kita akan susah untuk menabung hingga mencapai target. Alhasil ali-alih mencapai target, kebiasaan boros kita malah membuat tabungan terpakai. 

Bagi Anda yang merasa susah menabung karena uang tabungan sering terpakai, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara menabung uang agar tidak terpakai yang dapat Anda terapkan. 


Cara Menabung Uang Agar Tidak Terpakai

1. Buat Tujuan Menabung 

Tips sukses menabung pertama adalah, dengan membuat tujuan menabung. Tentukan tujuan menabung Anda seperti membeli Gadget baru, Motor, Mobil hingga Rumah. 

Dengan menentukan tujuan, ini akan membuat Anda memiliki keinginan untuk mencapai target tersebut. Dengan menentukan tujuan untuk menabung, Anda juga dapat menentukan seberapa persen uang yang harus Anda sisihkan untuk mencapai target sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

2. Gunakan Aplikasi Pecatatan Keuangan

Tips menabung berikutnya adalah, menggunakan aplikasi catatan keuangan. Ini bertujuan untuk mengetahui kemana saja uang Anda mengalir. Sangat cocok untuk Anda yang pelupa. 

Dengan mengetahui kemana saja uang yang mengalir, dan akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi kembali.

3. Membuat Rekening Terpisah

Tips menabung suskes berikutnya adalah dengan membuat rekening terpisah. Dengan memiliki rekening terpisah, Anda dapat memisahkan rekening khusus untuk kebutuhan dan rekening khusus untuk tabungan sehingga keduanya tidak tercampur.

Dengan begitu, Anda dapat mengambil uang direkening tanpa khawatir mengganggu uang tabungan Anda.

4. Kurangin Pengeluaran

Tips menabung selanjutnya adalah dengan mengurangi atau membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Dalam point ini maksudnya Anda harus bijak dalam mengelola keuangan, bedakan antara Kemauan dan Kebutuhan.

5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Jika Anda sering kebablasan belanja karena membawa uang tunai di dompet yang banyak, mulai sekarang bawalah uang secukupnya untuk menghindari hal tersebut terulang. 

6. Jangan Membawa Kartu Kredit

Tak hanya uang tunai yang berlebihan, sebaiknya Anda juga jangan membawa kartu kredit jika benar-benar sedang tidak dibutuhkan. Biasanya pengguna akan menerima promo cicilan dan promo menggiurkan lainnya, sehingga aka mendorong pengguna untuk mengambil kesempatan tersebut. 

Hal ini akan membuat keuangan Anda semakin memburuk, karena uang Anda habis dan memiliki tagihan kartu kredit yang fantastis. 

7. Membeli Barang Untuk Aset

Jika Anda memiliki tabungan yang banyak, Anda dapat mempertimbankan untuk membeli sesuai yang memiliki nilai jual yang tinggi sebagai Aset. Misalnya seperti Tanah, Emas atau perhiasan lainnya, barang koleksi yang memiliki nilai yang tinggi. 



Demikian artikel cara menabung agar tidak terpakai dan tidak boros. Bagi Anda yang terbiasa bersikap konsumtif atau boros akan mengalami kesulitan untuk menabung. Namun bukan berarti selamanya Anda akan kesulitan untuk menabung. Dengan menerapkan cara menabung diatas, mungkin ini akan membiasakan Anda menabung dan terhindar dari hidup boros. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat ya!
close