Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya


omiska.com - Asuransi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, walaupun sebagian besar masyarakat belum memiliki asuransi. Dikutip dari Bisnis Indonesia yang diupdate pada bulan Juli 2021 yang lalu, tingkat penetrasi Asuransi ditahun 2019 mencapai 2,81%, kemudian meningkat menjadi 2,98% pada tahun 2020, hingga bulan Juli 2021 meningkat hingga 3,11%. 

Dengan persentase demikian dibandingkan dengan jumlah penduduk masyarakat Indonesia, angka persentase tersebut sangatlah kecil. Ini terjadi dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum cukup memahami saat membeli polis, proses klaim Asuransi, hingga belum cukup memahami jenis-jenis Asuransi. 

Berikut adalah 5 manfaat Asuransi yang harus diketahui : 

  • Melindungi pendapatan dari resiko (yang datang secara mendadak)
  • Melindungi uang yang disimpan, untuk mewujudkan apa yang telah direncanakan untuk masa depan
  • Melindungi masa depan  keluarga disaat terjadinya kematian
  • Melindungi kesehatan baik fisik dan mental saat terjadnya resiko kecelakaan
  • Dapat memberikan perlindungan masa depan dari Investasi


Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya

Nah, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya sebelum memulai memiliki Asuransi adalah, memahami jenis-jenis Asuransi. Berikut beberapa jenis Asuransi dan manfaatnya : 


1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa nantinya akan memberikan keuntungan finansial saat terjadinya sakit, cacat total, hingga kematian. Sebelum memilih Asuransi Jiwa ada baiknya pahami dulu sistem yang ditawarkan.

Sebagian penyedia jasa Asuransi menawarkan sistem dimana pembayaran akan dilakukan setelah kematian, sebagian lagi ada yang mengizinkan pemegang Polis untuk mengklaim dana sebelum kematian.



2. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan merupakan jenis Asuransi yang akan memberikan keuntungan pada pendidikan. Ini adalah jenis Asuransi yang tepat untuk melindungi masa depat anak Anda. 

Ada 2 jenis Asuransi pendidikan, diantaranya adalah Asuransi Dwiguna dan Asuransi Unit Link. 

Asuransi Pendidikan Dwiguna : adalah produk gabungan Proteksi Jiwa dan Instrumen Pasar (seperti Deposito). Asuransi Pendidikan Dwiguna akan melindungu biaya pendidikan anak jika orang tua tiba-tiba meninggal atau cacat sehingga tidak memungkinkan untuk mencari nafkah hingga membiayai penddikan anak. 

Asuransi Pendidikan Unit Link : adalah kombinasi Asuransu Jiwa dan Investasi, keuntungan dari jenis Asuransi ini, komponen Investasi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan. 

3. Asuransi Kecelakaan

Mayarakat pada umumnya kebanyakan kurang melirik Asuransi kecelakaan, dikarenakan menganggap perusahaan tempat mereka bekerja sudah memberikan perlindungan jika terjadinya kecelakaan saat bekerja. 

Namun itu hanya berlaku saat bekerja saja, dan perusahaan tidak akan bertanggung jawab jika terjadinya kecelakaan duluar pekerjaan. Jika pekerjaan Anda memiliki resiko kecelakaan yang besar, disarankan untuk membeli produk Asurani Kecelakaan. Mengingat resiko bisa terjadi kapan saja, manfaat Asuransi Kecelakan dapat Anda rasakan baik saat bekerja maupun dijalan diluar jam kerja. 


4. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan akan memberikan manfaat saat kendaraan mengalami resiko kerusakan diakibatkan kecelakaan. Manfaat lainnya jika Anda memiliki Asuransi kendaraan, membuat harga jual Kendaraan Anda akan semakin bersaing dipasar. 



5. Asuransi Investasi

Asuransi Investasi adalah produk investasi yang akan memberikan dua manfaat, dari Asuransi dan Investasi. Produk Asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki manfaat perlindungan keuangan sekaligus mendapatkan keuntungan dari Asuransi yang Anda punya.

6. Asuransi Hari Tua

Asuransi Hari Tua adalah produk Asuransi yang akan memberikan perlindungan dan jaminan kepada pemegang polis ketika sudah memasuki usia Pensiun, dimana pemegang polis sudah tidak lagi bekerja dan menghasilkan uang. 

Dengan memiliki Asuransi Hari Tua sejak dini, ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan hari tua Anda, apalagi bagi Anda yang tidak memperoleh uang pensiun di perusahaan tempat Anda bekerja. 


7. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan adalah produk Asurani yang populer dan banyak dimiliki oleh kebanyakan masyarakat. Asuransi Kesehatan akan memberikan perlindugan finansial dalam menganggung biaya kesehatan hingga sembuh. Jenis sakit yang dapat ditanggung oleh Asuransi seperti cacat hingga kematian. 

Untuk informasi tambahan, Anda dapat menyesuaikan memilih Asuransi sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Misalnya, jika Anda ingin membeli produk Asuransi Kesehatan, Anda dapat memilih Asuransi Kesehatan yang mencakup rawat inap maupun rawat jalan.


8. Asuransi Korporasi

Asuransi Korporsi adalah Asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada karyawan suatu korporasi. Beberapa jenis Asuransi Korporasi yang populer seperti Asuransi Jiwa Kumpulan dan Asuransi Kesehatan Kumpulan. 

Karena Asuransi ini memberikan perlindungan kepada karyawan korporasi atau perusahaan, maka kepersertaan polis hanya berlangsung ketika pemegang masih menjadi karyawan di korporasi. 


Nah, akhir kata itulah jenis-jenis Asuransi dan manfaatnya. Setelah membaca artikel ini pembaca sudah dapat memahami lebih jauh mengenai Asuransi khususnya untuk mengetahui jenis-jenis Asuransi. Dengan begitu Anda dapat memilih jenis Asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.  

close