Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menabung Uang Untuk Pelajar, Mudah dan Efektif!

 

7 Tips Menabung Uang Untuk Pelajar, Mudah dan Efektif!

omiska.com - Sejak kecil kebiasaan menabung harus diterapkan, karena menabung akan memberikan banyak manfaat pada finansial. Menabung dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pelajar. Karena pelajar tidak memiliki penghasilan, Pelajar dapat menabung uang dari menyisihkan uang jajan yang diberikan oleh orang tua. 

Dengan menabung, Pelajar dapat membeli sesuatu yang diinginkan secara mandiri, misalnya sepeda, gadget, buku, dan lain sebagainya. Sesuatu yang dibeli dengan uang tabungan akan memberikan kepuasan tersendiri untuk Pelajar. 

Nah, untuk khususnya para pelajar berikut ada tips menabung uang untuk pelajar dengan cara yang praktis dan efektif. Simak terus artikel ini sampai selesai ya!


Tips Menabung Uang Untuk Pelajar

Berikut adalah 7 tips menabung uang utuk pelajar : 

1. Menyisihkan Uang Jajan Buat Ditabung Sebelum Digunakan

Sebagian besar orang tua akan memberikan uang saku untuk uang bulanan, mingguan atau harian untuk anak-anak mereka. Nah, sebelum uang digunakan, coba sisihkan sebagian dari uang saku untuk ditabung. 

Untuk dikumpulkan dengan cepat, kamu dapat mulai mengambil 10-20% dari uang jajan yang kamu dapatkan untuk ditabung. Dengan menyisihkan uang untuk menabung yang direncanakan lebih awal, kamu dapat dengan bebas menggunakan sisa uang jajan. 

2. Tentukan Tujuan Menabung

Sebelum mulai menabung, siapkan target dan atau tujuan apa yang harus dicapai. Ketika kamu memiliki target, kamu akan lebih termotivasi untuk rajin menabung. Berbeda dengan ketika kamu tidak memiliki target yang harus dicapai, kemungkinan besar akan malas untuk melanjutkan dan sedikit demi sedikit uang tabungan terkuras karena membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. 

Misalnya, kamu ingin menabung untuk membeli laptop baru, baju, gadget, dan ebagainya. Jika kamu sudah memiliki tujuan yang kuat yang harus dicapai, kemungkinan kamu dapat menahan diri untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan dan dapat fokus pada tujuan tabungan kamu. 

3. Membuat Tabel Tabungan

Untuk membantu disiplin dalam menabung, kamu dapat menggunakan tabel tabungan harian. Kiat untuk menabung untuk siswa cukup efektif karena kamu dapat melacak kemajuan tabungan secara tertulis. 

kamu tidak harus selalu mulai dengan nominal besar, kamu dapat mulai dari jumlah yang kecil dan secara perlahan dapat kamu tingkatkan jumlahnya. Tidak perlu memaksa diri dalam menentukan berapa banyak uang yang harus ditabung,  karena kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuan. Ushakan menabung dengan konsisten walaupun sewaktu-waktu kamu hanya dapat menabung dalam nominal yang lebih kecil. 

4. Kurangi Waktu Nongkrong / Hangout

Sudah normal sebagai anak muda, nongkrong / hangouts dengan teman-teman tampaknya merupakan suatu keharusan. Tidak ada salahnya sesekali pergi keluar dengan teman-teman. Bahkan, ini juga dibutuhkan untuk bersosialisasi dengan teman atau bertemu dengan orang baru untuk menyegarkan pikiran setelah seharian belajar. 

Namun, lebih baiknya lagi kamu dapat membatasi diri agar tidak terlalu boros, dan membatasi waktu nongkrong  bersama teman supaya dapat menghemat uang dan target tabungan kamu akan lebih mudah digapai. 

5. Membawa Bekal Dari Rumah

Jangan malu membawa makan siang dari rumah ke sekolah. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi membeli makanan di luar sehingga kamu dapat mengalokasikan uang jajan sepenuhnya untuk tabung. 

6. Buka Rekening Tabungan

Selanjutnya, tips untuk menabung agar siswa lebih praktis adalah membuka rekening tabungan

7. Ubah Mindset Menabung Adalah Wajib

Anggaplah menabung adalah kewajiban, sehingga kamu dapat memprioritaskan untuk mengalokasikan uang untuk tabungan dibandingkan untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Akhir kata, itulah 7 tips menabung uang untuk pelajar dengan mudah dan efektif. Kunci sukses menabung itu adalah jika dapat menahan diri untuk membeli sesuatu yang tidak mendesak, sehingga ini akan mempermudah mencapai target tabungan untuk membeli sesuatu yang diinginkan.