Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Prospek Kerja Untuk Jurusan Administrasi Bisnis

 



omiska.com - Administrasi Bisnis adalah salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam persaingan bisnis yang intens saat ini. Bagi Anda yang belum memahami apa itu Administrasi Bisnis, simak penjelasan berikut ini :

Apa Itu Administrasi Bisnis?



Administrasi Bisnis adalah ilmu mengelola sumber daya manusia, logistik, operasi, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Disini Anda akan mempelajari bagaimana membangun membangun dan memasarkan bisnis, mulai dari menciptakan nilai dan produk sendiri hingga menjalankan bisnis.

Mahasiswa jurusan administrasi bisnis juga akan mempelajari tentang manajemen fisik dan organisasi kantor, seperti urusan kantor Klarikal, prasarana , pemrosesan data, dan manajemen administrasi.

Mahasiswa yang mengambil jurusan administrasi bisnis, kan mempelajari ilmu mengenai keuangan bisnis, sumber daya manusia (SDM), operasi bisnis, teori & perilaku organisasi, manajemen kepemimpinan, wirausaha, ilmu marketing, perencanaan dalam bisnis, teori pengambilan keputusan, dan lain sebagainya. 

Bagiamana Prospek Jurusan Administrasi Bisnis?

Jurusan kuliah administrasi bisnis ternyata memiliki prospek karir yang bagus, berikut adalah 8 prospek kerja untuk jurusan administrasi bisnis : 


1. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang dapat dicapai, tetapi memiliki gelar master yang lebih direkomendasikan karena Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah perusahaan. Memiliki pengalaman yang cukup sebagai manajer dan gelar yang lebih tinggi akan memudahkan Anda untuk mendapatkan prospek pekerjaan ini. 

Keuntungan dari jenis pekerjaan ini adalah Anda memiliki waktu yang lebih luang, sehingga Anda dapat menggunakan waktu luang itu untuk hal-hal yang positif. 

2. Etrepeuneur

Lulusan jurusan administrasi bisnis tidak hanya dapat bekerja di perusahaan, tetapi juga membangun bisnisnya sendiri.

Berbagai pengetahuan yang telah dipelajari saat di kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, pekerjaan, akuntansi, dan pemasaran sangat potensial untuk diterapkan sepenuhnya dalam membangun dan mengelola bisnis mereka sendiri.

Sebagai pengusaha, Anda harus memiliki kreativitas dalam membuat inovasi atau ide bisnis yang mampu bersaing dengan para kompetitor. Selain itu, Anda harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis harus memiliki banyak sekali hambatan yang harus dilalui. 

3. Analisis Keuangan

Menurut Colorado Technical University, Anda dapat menjalani karier sebagai analis keuangan setelah Anda menyelesaikan studi di di jurusan ini. Sebagai seorang analis keuangan, Anda akan mengambil data pada laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, hingga membuat rekomendasi keuangan.

Seorang analis keuangan juga akan memiliki pemahaman tentang sektor atau industri bisnis tertentu dan memberikan pendapat tentang kebijakan keuangan yang harus diambil oleh perusahaan. Analis keuangan biasanya dibagi menjadi dua kategori, analis sisi beli dan analis sisi penjualan.

Seorang analis sisi beli biasanya bekerja untuk perusahaan yang menangani uang pensiun dan perusahaan reksadana, serta melakukan penelitian untuk memberikan rekomendasi kepada manajemen. Sedangkan analis sisi penjualan biasanya bekerja untuk perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli saham.

4. Akuntan

Seorang akuntan tidak wajib dari jurusan Akuntansi, karena jurusan Administrasi di Universitas Brawijaya juga mensyaratkan akuntansi dasar, akuntansi menengah, akuntansi biaya, dan akuntansi manajerial. 

Serta menawarkan tingkat lanjutan dari empat kursus yang disebutkan sebelumnya jika Anda sangat tertarik untuk menjadi akuntan yang andal. Anda bahkan dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi daripada lulusan akuntansi karena pengetahuan Anda tentang dunia bisnis yang lebih intens. 

5. Sales Manager

Dengan ketekunan dan pengalaman yang memadai, lulusan jurusan administrasi bisnis dapat menjadi manajer penjualan yang baik. Alasannya: 
  • Lulusan ini tahu demografi konsumen. 
  • Mempelajari manajemen keuangan dengan baik. 
  • Memiliki banyak pengetahuan tentang dunia bisnis yang luas dibandingkan dengan lulusan lainnya. 
Dengan pendidikan yang cukup tinggi dan pengalaman kerja yang cukup, menjadi manajer penjualan akan terbuka lebar untuk lulusan administrasi bisnis.

6. Staff Administrasi

Salah satu pekerjaan yang paling umum adalah staf administrasi. Jenis pekerjaan tingkat pemula ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Beberapa pekerjaannya adalah input data, menjawab telepon, membalas email, menerima tamu, dan mengatasi permasalahan administrasi lainnya.

Meskipun ini mudah dilakukan, tanpa mengetahui seluk beluk bisnis mendalam perusahaan tidak akan membuat Anda menjadi staf administrasi terbaik yang memungkinkanmu akan naik jabatan dengan cepat. Oleh karena itu, jursan administrasi Bisnis dapat bersaing lebih kompetitif daripada jurusan lain.

7. Staff HR

Bagian sumber daya manusia yang lebih sering disingkat sebagai SDM atau HRD pada dasarnya memiliki wewenang dalam mengelola sumber daya manusia. Pada umumnya berasal dari fakultas hukum dan psikologi karena berkiatan dengan proses seleksi, wawancara, dan manajemen pekerjaan lainnya.

Administrasi bisnis adalah jurusan dengan prospek yang cukup cocok karena dengan keterampilan dan pemahaman yang luas tentang dunia bisnis, untuk menjadi Staff HR memiliki peluang yang besar. 

8. Market Research Analyst

Lulusan Administrasi Bisnis juga dapat menjadi seorang Market Research Analyst. Seorang Market Research Analyst akan membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, produk apa yang harus dijual, dan bagaimana cara mempromosikan produk kepada mereka.

Mereka juga melakukan survei untuk memahami target yang mereka temui, dan melatih pewawancara tentang cara melakukan wawancara untuk survey. Setelah itu mereka akan menganalisis hasil penelitian dan melaporkannya ke manajemen.


Nah, akhir kata itulah 8 prospek kerja untuk jurusan Administrasi binsis. Dengan melihat prospek kerja yang begitu besar apalagi sekarang ini banyak peluang kerja dengan latar belakanng lulusan administrasi bisnis, apakah Anda sudah yakin untuk mengambil jurusan kuliah tersebut? Semoga informasi ini bermanfaat ya!
close