Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Data Scientist : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, dan Skill Yang Harus Dikuasai


Data Scientist : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, dan Skill Yang Harus DikuasaiData Scientist : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, dan Skill Yang Harus Dikuasai

omiska.com - Seperti yang kita rasakan sekarang ini, seiring dengan berkembangnya teknologi dunia bisnis juga semakin bekrembang. Dengan begitu, pengguna data dalam bisnis juga akan semakin dibutuhkan.

Data Scientist diklaim termasuk salah satu dari sepuluh pekerjaan yang sangat dibutuhkan ditahun 2022 menurut Economic Forum. Dengan mendengr namanya saja mungkin Anda sudah dapat membayangkan, kalau Data Scientist ini tak lepas atau berkaitan dengan Data. 

Apa Itu Data Scientist?

Data Scientist adalah pekerjaan yang menggabungkan ilmu komputer, statistik, dan matematika yang tujuannya untuk mengumpulkan data, menafsirkan, dan juga menganalisis data baik yang terstruktur maupun non-struktur. 

Data Scientist bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai data beserta informasi. Data yang dikumpulkan dimanfaatkan untuk memprediksi prilaku pelanggan, hingga mengidentifikasi peluang bisnis yang baru. 

Seorang Data Scientist juga melakukan eksperimen dengan data yang dikumpulkan, yang bertujuan untuk memastikan atau membuktika dan dapat memebrikan solusi yang tepat untuk mengembangkan sebuah bisnis. 

 

Tugas dan Taggung Jawab Data Scientist

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab Data Scientist :


1. Riset

Sebagai profesi yang terkait dengan data, seorang data Scientist memiliki tugas melakukan riset menggunakan berbagai sumber. 

Tujuan akhir melakukan riset adalah untuk mencapai tujuan dari target bisnis dan pengembangan perusahaan. Riset dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui peluang besar bagi perusahaan, misalnya seperti membuat rangkaian data terkait masalah yang dialami perusahaan supaya dapat mengambil keputusan yang tepat. 

Dengan melakukan riset, seorang Data Scientist dapat memastikan data yang akan digunakan berasal dari sumber yang valid.


2. Melakukan Analisis dan Mengolah Data Dalam Jumlah Besar / Big Data

Sebelum menganalisis, tentu saja perlu melakukan penelitian tentang informasi yang diperlukan. Pengumpulan informasi adalah data yang akan dianalisis oleh Data Scientist.

Tugas Data Scientist selanjutnya adalah melakukan analisis data. Data yang biasanya dianalisis biasanya berasal dari database perusahaan. Analisis data bertujuan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pengembangan produk, strategi bisnis, dan sebagainya. 

Seorang Data Scientist diminta untuk menarik data menggunakan kueri SQL, hal ini biasa dilakukan pada perusahaan yang tidak terlalu besar. Perusahaan yang memiliki skala yang lebih besar, pemahaman analisis data dalam jumlah besar sangat penting karena volume data yang akan diproses sangat besar. 


3. Menafsirkan Data

Setelah melakukan analisis data, seorang Data Scientist melakukan tugas selanjutnya yaitu menafsirkan data dengan membuat pemetaan, visualisasi dan prototipe dari hasil analisisnya. Nantinya visualisasi data akan dikirimkan kepada pemangku kepentingan, untuk memfasilitasi proses bisnis agar lebih terstruktur dan mudah dimengerti.

Dengan menafsirkan data dengan jelas, Data Scientist akan dapat membuat prediksi untuk pengembangan perusahaan dan mengirimkannya lebih mudah ke tim perusahaan.

Secara umum, seorang ilmuwan data akan memvisualisasikan data menggunakan perangkat lunak khusus. Ini dilakukan supaya membuatnya lebih mudah untuk memvisualisasikan hasil analisis, hingga mendapatkan ringkasan data yang jelas.

4. Memberikan Saran Yang Tepat

Seorang Data Scientist memberikan saran berdasarkan hasil temuan. Saran yang didukung oleh data akan lebih kredibel sehingga dapat dipertanggung jawabkan

Seorang Data Scientist yang bertugas melakukan riset, menganalisis, dan menafsirkan data, tentu saja menjadi pihak yang sangat memahami dan mendalami apa yang mereka temukan. Oleh karena itu, Data Scientist juga ditugaskan untuk memberikan saran kepada perusahaan dan tim manajemen mengenai pengembangan produk, pasar, dan hal lainnya yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan.



Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Data Scientist

1. Coding

Profesi Data Scientist membutuhkan kemampuan pemrograman atau pengkodean yang berguna untuk menganalisis dan memvisualisasikan data yang telah dirapikan. Tidak hanya itu, Data Scientist juga harus memiliki pemahaman mengenai subjek tertentu dalam industri.

2. Memahami Big Data

Seorang ilmuwan data juga harus dapat memahami dan mengelola Big Data untuk memfasilitasi proses analisis data. 

Apa itu Big Data? Big Data itu sendiri adalah data dengan volume yang sangat besar. Data besar tidak dapat diproses menggunakan alat tradisional dan harus menggunakan alat dan cara baru. Selain itu, seorang Data Scientist juga harus memiliki Softskill seperti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, keterampilan komunikasi yang baik, kritis, teliti, dan kreatif.

3. Menganalisis (Matematika dan Statistik)

Seseorang yang memiliki profesi sebagai Data Scientist harus memiliki kemampuan dasar dalam matematika dan statistik. Dasar seperti kalkulus, aljabar linier, adalah bagian yang paling banyak digunakan dalam proses analisis. 

Demikian juga dengan statistik yang membantu Data Scientist menafsirkan data, proses memvalidasi hipotesis data, persiapan perkiraan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, beberapa jurusan seperti matematika, statistik, atau ilmu komputer memiliki peluang lebih besar untuk menjadi Data Scientist. 

4. Kemampuan Database, Query, dan Olah Data

Seorang Data Sientist membutuhkan Structured Query Languange (SQL) untuk menangani data terstruktur dalam database sehingga menjadi lebih mudah. 

5. Data Storytelling

Seorang Data Scientist memahami Data Storytelling untuk menyampaikan tujuan data yang telah diproses kepada pembuat keputusan yang berasal dari setiap tingkat pengetahuan dan pemahaman tentang teknik tersebut.



Gaji Data Scientist

Melihat peluang Data Scientist yang etrlihat cukup menjanjikan, pasti Anda penasaran berapa gaji Data Scientist di Indonesia. 

Dilansir dari Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 dari Glints, inilah daftar perkiraan gaji seorang Data Scientist : 

  • Senior Data Scientist: IDR 18.000.000 - IDR 27.000.000
  • Data Scientist: IDR 10.000.000 - IDR 20.000.000
  • Senior Data Analyst: IDR 17.200.000 - 24.000.000
  • Data Analyst: IDR 10.000.000 - IDR 15.000.000
  • Senior Data Engineer: IDR 15.000.000 - IDR 27.000.000
  • Data Engineer: IDR 10.000.000 - IDR 18.000.000
  • Business Intelligence Analyst: IDR 8.000.000 - IDR 15.000.000

Akhir kata, itulah penjelasan mengenai Data Scientist meliputi pengertian, tugas dan tanggung jawab, skill yang harus dimiliki oleh Data Scientist, dan informasi gaji Data Scientist di Indonesia. 
close