Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Menurunkan Spam Score Pada Blog, Kenali Juga Penyebabnya

 

Cara Menurunkan Spam Score Blog

omiska.com - Spam Score merupakan topik yang sering dibahas di berbagai grup atau forum blog. Spam Score (SS) adalah indikator untuk mengkukur seberapa besar faktor spam pada sebuah situs. Status spam score ini dapat  dilihat di beberapa situs tertentu yang menyediakan fitur untuk melihat status spam score pada blog. 


Dampak Spam Score Tinggi Pada Blog

Berikut adalah 4 dampak negatif spam score tinggi pada blog :


1. Menurunkan Peringkat Di SERP

Dampak negatif pertama blog atau website yang memiliki spam score tinggi adalah, dapat menurunkan peringkat di SERP atau Google Search. Jika sebelumnya beberapa artikel Anda berada di Page One, dikarenakan spam score yang tinggi akan membuat artikel Anda berada di page ke 2, 3 atau seterusnya. 

2. Dapat Merusak Trafik Blog

Spam score dapat dilihat dari presentase (%), semakin tinggi nilai spam score pada blog maka akan semakin bersar kemungkinan merusak trafik blog secara perlahan. Misalnya blog Anda memiliki trafik harian 3000 visitor, jika blog Anda memiliki spam score yang tinggi maka visitor harian akan berkurang secara perlahan.

3. Akan Kalah Saing dengan Kompetitor

Spam score yang tinggi juga akan membuat persaingan blog semakin sulit. Ini dikarenakan blog yang memiliki spam score yang tinggi akan dianggap blog yang kurang berkualitas, sehingga artikel-artikel Anda publikasi sangat susah untuk berada di Page One. 

4. Menurunkan Pendapatan

Jika trafik turun, maka secara otomatis akan mempengaruhi pendapatan dari program periklanan seperti AdSense dan semacamnya. Karena untuk menghasilkan penghasilan yang tinggi di AdSense, seharusnya blog juga harus memiliki trafik yang tinggi. 

Cara Melihat Status Spam Score Blog

Cara melihat status spam score pada sebuah situs, Anda dapat memasukan alamat situs Anda di Websiteseochecker, verifikasi pada reCAPTHA lalu klik "Check". Nantinya Anda akan melihat hasilnya dibawah, nilai presentase spam score blog Anda dapat dillihat pada tabel pada kolom SS. 



Spam Score Yang Aman Untuk Blog

Setiap blog memiliki nilai spam score yang berbeda-beda, ada yang 1%, 10%, 56%, dan sebagainya. Dilansir dari situs MOZ, berikut adalah level spam score mulai dari paling rendah ke yang paling tinggi : 
  • 1% - 30% (Rendah)
  • 31% - 60% (Sedang)
  • 61% - 100% (Tinggi)

Dengan mengetahui level spam score diatas, Anda dapat menilai sendiri seberapa aman blog Anda dari spam score. Jika blog Anda memiliki spam score yang tinggi, Anda perlu bertindak untuk menurunkan spam score. 


Penyebab Spam Score  Blog Tinggi

Berikut adalah 5 penyebab spam score tinggi pada blog : 

1. Kesalahan Pada Backlink

Membuat banyak backlink dipercaya dapat menaikkan peringkat blog di mesin pencari Namun backlink yang dibuat dengan tidak benar ternyata dapat membahayakan blog dan dapat meningkatkan status spam score. Selain itu backlink dari situs yang memiliki spam score tinggi juga akan menular ke blog Anda, jadi pada saat sedang memperbanyak backlink harus lebih hati-hati lagi dalam memilih situs. 

2. Terlalu Berlebihan Membuat Internal Link

Penyebab spam score tinggi berikutntya adalah terlalu berlebihan membuat internal link di blog. Membuat internal link memang dianjurkan, namun membuat dengan cara berlebihan disetiap satu halaman juga dapat meningkatkan spam score. 

3. Tidak Memiliki Halaman Contact

Penyebab spam score tinggi lainnya adalah situs tidak memiliki halaman kontak yang berisi email atau semacamya yang dapat menghubungi pemilik blog. Situs spam biasanya lebih sering menyembunyikan metode apapun untuk menghubungi mereka. Jadi hal ini juga harus dipertimbangkan. 

4. Judul Artikel Terlalu Pendek atau Terlalu Panjang

Judul artikel atau halaman yang terlalu pendek atau terlalu panjang juga dapat mempengaruhi meningkatnya spam score. Biasanya situs yang non-spam tau untuk menjaga judul artikel mereka dengan panjang judul yang wajar. 

5. Deskripsi Meta Situs Sangat Panjang atau Sangat Pendek

Deskripsi meta situs sangat panjang atau sangat pendek. Biasanya situs spam sering memasukkan banyak konten dan kata kunci di sana untuk menjaring banyak visitor. Namun deskripsi meta situs yang sangat pendek dan panjang juga tidak dianjurkan, karena akan membuat situs dianggap spam dan secara otomatis dapat meningkatkan spam score blog. 

6. URL Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek

Jalur URL situs sangat panjang atau sangat pendek. Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa ini merupakan salah satu penyebab spam score blog meningkat. Buatlah URL custom dengan panjang yang wajar, untuk menghindari meingkatnya spam score pada blog. 

7. Menggunakan Domain Spam

Memilih domain juga harus dipertimbangkan karena salah memilih domain juga dapat berpotensi blog Anda akan mendapatkan nilai spam score yang tinggi. Berikut adalah 10 nama domain yang sering disalah gunakan untuk membuat situs spam. 
  • .rest
  • .buzz
  • .gq
  • .tk
  • .fit
  • .cf
  • .top
  • .ml
  • .work
  • .ga

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Domain .XYZ Yang Jarang Diketahui

Cara Menurunkan Spam Score di Blog

Berikut adalah beberapa cara yang dapat menurunkan spam score pada blog : 


1. Mengupdate Artikel Secara Rutin

Mengupdate artikel secara rutin dipercaya dapat menurunkan spam score pada blog. Apalagi dengan memperbanyak artikel tentu juga akan memperbanyak kata kunci yang bervariasi yang nantinya blog akan berpeluang mendapatkan lebih banyak trafik. 

2. Tampilkan Halaman Kontak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, halaman tidak menanpilkan halaman kontak pada blog juga akan berpotensi meningkatnya spam score pada blog. Karena biasanya situs spam tidak menampilkan halaman apapun untk dapat dihubungi oleh pembaca.

3. Aktifkan HTTPS 

Langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah, apakah HTTPS pada blog Anda sudah aktif? jika belum maka Anda dapat mengaktifkan HTTPS mulai sekarang. HTTPS adalag protokol komunikasi data yang prosesnya akan di enkripsi menggunakan Secure Sockets Layer atau disingkat SSL sehingga blog lebih aman. 

4. Disavow Backlink Dari Situs Yang Memiliki Spam Score Tinggi

Disavow Backlink adalah sebuah langkah untuk melakukan penolakan backlink dari situs yang memiliki spam score tinggi. Caranya Anda dapat menggunakan fitur Disavow Link pada Google Search Console, kemudian pilih file notepad yang berisi nama-nama situs yang memiliki spam score tinggi yang mempengaruhi blog Anda. Disini Anda harus hati-hati jangan sampai Disavow situs yang berpotensial, karena ini akan mempengaruhi performa blog Anda. 

5. Memasang Internal Backlink

Internal baclink merupakan link yang menuju ke artikel lain pada artikel lainnya pada situs yang sama. Namun disarankan jika memasang internal backlink usahakan menggunakna link yang relevan yang masih berkaitan dengan artikel yang dibaca oleh pengguna. Internal backlink dipercaya dapat meningkatkan DA PA blog dan menurunkan spam score. 

6. Memasang Eksternal Backlink

Memasang eksternal backlink juga dipercaya dapat meningkatkan DA PA blog dan juga dapat menurunkan spam score. Pasanglah eksternal backlink dengan jumlah yang wajar, dan tenttunya pada situs-situs yang relevan dan memiliki Authority yang bagus. 

Penutup

Akhir kata, itulah penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dan cara menurunkan spam score pada blog. Memperbanyak backlink sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan DA dan PA blog, namun jangan sampai menanam backlink pada situs-situs yang memiliki spam score tinggi, karena ini juga dapat menular pada blog Anda. 

close