Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam

 

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam


omiska.com - Memperbanyak Backlink memang sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan SEO dan supaya artikel dapat cepat terindex di Google Search Console. Namun dengan catatan backlink yang ditanam merupakan backlink yang berkualitas. Katakanlah jika ada backlink dari situs yang memiliki spam score tinggi, tentu ini akan berdampak pada blog kita. 

Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan Disavow Backlink secara berkala, untuk memastikan blog kita bebas dari backlink-backlink negatif atau spam. 


Apa Itu Disavow Backlink? 

Disavow Backlink adalah sebuah tindakan untuk menolak link yang mengarah ke blog atau website kita. Untuk melakukan Disavow Backlink cukup mudah, karena Google sendiri sudah menyiapkan Tool khusus yang bernama Disavow Links. Namun untuk melakukan Disavow Backlink ini harus dilakukan degan hati-hati, karena jika salah memilih Backlik untuk di Disavow, ini akan mempengaruhi performa blog. 

Cara Melakukan Disavow Backlink

Bagi Anda yang ingin melakukan Disavow Backlink dan masi bingung bagaimana caranya. Berikut saya akan jelasakan langkah-langkah Disavow Backlink menggunakna Tools darri Google Search Console secara ringkas dan mudah Anda pahami. 

  • Langkah pertama, buka Google Search Console
  • Kemudian buka menu Links
  • Lalu muncul halaman baru, lalu klik More pada "Top Linking Sites"

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam
  • Kemudian Anda akan melihat daftar situs yang memiliki link yang mengarah ke blog Anda
  • Jika diperlukan, Anda melakukan Export untuk mengunduh daftar tersebut untuk disortir Backlink dari situs mana saja yang harus di Disavow

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam

Untuk mengetahui situs mana saja yang memiliki Backlink yang buruk untuk blog Anda, dapat dilakukan pengecekan Status Spam Score sebuah situs di Websiteseochecker . Salin situs-sits yang memiliki status Spam Score Tinggi didalam Notepad. 




Format penulisan daftar situs yang akan di Disavow seperti pada gambar diabwah ini. Buatlah keterangan jumlah situs dapat ditulis pada judul pengajuan Disavow Backlink. Seperti contoh dibawah ini, saya ingin Disavow 4 link situs, maka saya menuliskan "Four Domain Refused". Setiap situs ditulis dengan diawali kata " domain: ". Jika sudah selesai membuat daftar situs yang akan di Disavow, Anda dapat menyimpannya dengan format .txt . 
Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam
  • Setelah itu Anda dapat mengunjungi Disavow links to your site
  • Piih properti domain situs dengan diawali "https://"
  • Lalu uploaf file .txt yang sudah Anda siapkan tadi pada "Upload disavow list"

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam
  • Jika berhasil, maka ada laporan mengenai kapan waktu daftar Disavow Backlinks diunggah

Cara Disavow Backlink Untuk Membuang Link SpamCara Disavow Backlink Untuk Membuang Link Spam



Setelah melakukan langkah-langkah Disavow Bacaklink diatas, Google memerlukan waktu untuk memprosesnya. Bisa jadi hanya membutuhkan waktu selama beberapa hari, berminggu-minggu, bahkan hingga sampai satu bulan. Saat mensortir situs-situs tidak berkualitas harap dilakukan dengan hati-hati, karena jika Anda melakukan Disavow Backlink pada blog yang berkualitas, maka ini akan mempengaruhi performa blog Anda.