Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Account Executive : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya Di Perusahaan

 

Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab Account Executive



omiska.com - Apakah Anda memiliki kepribadian yang suka bercengkrama dengan orang lain, dan menyukai membangun relasi dengan klien dan orang baru? jika benar maka pekerjaan Account Executive merupakan pilihan karir yang paling cocok buat Anda. 

Apa itu Account Executive? 

Account Executive adalah sebuah profesi yang mengani klien-klien dari sebuah perusahaan. Account Executive memiliki tugas utama dalam mengelola, menumbuhkan, dan melakukan pembaruan akun para klien. 

Dilansir dari situs Investopedia, seorang Account Executive merupakan sosok utama sebagai penghubung antara vendor dan klien. Hubungan Account Executive dengan klien biasanya dilakukan saat negosiasi bisnis pada awalnya. 

Secara garis besar, Account Executive bertugas mencari klien dan menjalin hubungan baik untuk menghasilkan kerja sama yang menguntungkan satu sama lainnya yang mirip dengan sales. 


Tugas Account Executive

Berikut adalah tugas-tugas Account Executive pada umumnya : 

Mencari Klien Baru

Account Executive memiliki tugas mencaru klien baru yang berpotensial untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Di sinilah Account Executive perlu menggabungkan keterampilan pemasaran dan penjualan. Account Executive akan sering membantu atau mengunjungi perusahaan lain untuk membuat penawaran dan rekomendasi.

Mempertahankan Klien Lama

Salah satu tugas utama Account Executive adalah mempertahankan klien lama yang sudah dimiliki perusahaan. Dengan begitu kerja sama antara keduanya dapat berlanjut dan bisnis perusahaan pun lebih terjamin. Untuk mencapai hal ini, Account Executive juga harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Ini dikarenakan Anda harus terus mengeksplorasi kebutuhan bisnis klien sehingga Anda dapat mengidentifikasi peluang dan potensi kerja sama baru yang mungkin belum ada. Dengan melakukan ini, klien yang ada akan mempertahankan kerja sama dengan perusahaan.

Menjaga Kepuasan Klien

Account Executive juga harus memastikan kepuasan klien. Salah satu caranya adalah dengan konsisten meminta pendapat atau umpan balik mengenai perusahaan sebagai vendor. Selain itu, dengan meminta penilaian dari klien, Account Executive dapat memberikan saran strategis yang berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Penilaian tersebut juga diperlukan untuk menetapkan target realistis di masa depan.

Mengumpulkan & Menganalisa Data

Tugas Account Executiveberikutnya adalah mengumpulkan dan menganalisis data untuk membantu perusahaan menentukan layanan yang ideal dan target pertumbuhan yang tepat. 

Analisis data dapat mencakup informasi tentang perilaku klien, tren industri, dan potensi pertumbuhan untuk setiap klien baru. Data ini akan berguna tidak hanya ketika mencari klien baru yang potensial untuk perusahaan tetapi juga dapat membantu menginformasikan gambaran strategi penjualan perusahaan.

Menghilangkan Potensi Ancaman Kompetitor

Tidak hanya tugas di atas,Account Executive bertugas untuk memastikan bahwa klien atau calon klien tidak lari ke pesaing lain. Untuk melakukan tugas ini, Account Executive harus dapat berpikir secara strategis menganalisis kelebihan dan kekurangan pesaing dan kemudian mengenali kebutuhan klien yang tepat. Dengan begitu perusahaan selalu bisa selangkah lebih maju dari para pesaing.


Tanggung Jawab Account Executive

  • Berpartisipasi dalam pertemuan dengan pelanggan dan mendiskusikan produk
  • Identifikasi kebutuhan klien
  • Menyediakan produk yang memenuhi riset pasar
  • Pengembangan ide pemasaran sesuai dengan kebutuhan klien
  • Buat rencana pengantar produk ke klien
  • Temukan cara paling efektif untuk mengesankan klien dengan produk
  • Analisis biaya atau anggaran penjualan
  • Pemantauan implementasi ide pemasaran
  • Evaluasi implementasi ide pemasaran dalam periode waktu tertentu


Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Account Executive

Adapun beberapa keahlian yang diperlukan untuk menjadi eksekutif akun adalah sebagai berikut:

Komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan penting dalam posisi ini, keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal berkualitas harus dikuasi oleh Account Executive untuk menarik dan mempertahankan hubungan baik dengan klien.

Negosiasi

Memiliki kemampuan untuk bernegosiasi sangat penting bagi Account Executive, ini terkait dengan kebutuhan untuk mencapai kesepakatan bersama dengan klien. Untuk mencapai perjanjian ini Accouunt Executive pasti akan melakukan negosiasi dengan klien untuk mendapatkan perjanjian yang saling menguntungkan.

Kemampuan Sales / Penjualan

Menemukan klien baru juga perlu dilakukan oleh Account Executive demi menunjang keuntungan perusahaan. Disini kemampuan sales atau penjualan harus dikerahkan dengan maksimal. Promosi dan cara Anda meyakinkan calon klien untuk bekerja sama akan terus diuji setiap hari. Penjualan tidak hanya menjual produk, tetapi Anda juga dapat menawarkan layanan sebagai produk di perusahaan. 


Jenjang Karir Account Executive

Pada awalnya, Account Executive akan menduduki posisi junior Account Executive. Disini Anda dalam proses belajar, yang akan mempelajari berbagai ilmu marketing, bisnis, menysusun laporan, dan juga mempelajari dan membiasakan untuk berkomunikasi dengan lebih baik lagi. 

Tahap selanjutnya, Anda dapat naik posisi menjadi Senior Account Executive, dan jika kemampuan anda dapat lebih baik lagi Anda dapat menjadi Account Manager. 


Gaji Account Executive

Untuk kisaran gaji Account Executive, tergatung dari lokasi perusahaan.  Untuk gaji Account Executive di Jakarta sangat beragam, Account Executive Junior yang bekerja di Jakarta digaji kisaran Rp. 6 juta, sedangkan untuk level senior Account Executive digaji kirasan Rp. 9 juta. Account Manager memiliki gaji yang lebih tinggi, yaitu diperkirakan Rp. 10 juta.