Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Telemarketing, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

 

Apa Itu Telemarketing, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

omiska.com - Setiap perusahaan tentu memiliki berbagai strategi utuk meningkatkan penjualan, misalnya salah satunya adalah strategi Telemarketing. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing dengan istilah ini dalam bisnis, bagi sebagian dari Anda lainnya yang belum tau apa itu Telemarketing, berikut adalah penjelasannya. 


Apa Itu Telemarketing? 

Telemarketing merupakan strategi marekting dengan cara menawarkan produk maupun jasa via telepon. Bagi seseorang yang melakukan pekerjaan ini disebuah perusahaan disebut Telemarketer. Telemarketing masih banyak dijalankan oleh banyak perusahaan besar, walaupun sekarang ini sudah zamannya digital dan seharusnya cukup menggunakan media sosial saja. 

Namun ternyata cara ini juga cukup efektif dalam memikat pelanggan untuk membeli produk atau ataupun mencoba jasa layanan perusahaan. Telemarketing umumnya hampir ditemukan di semua jenis industri, mulai dari telekomunikasi, layanan, hingga perbankan. Hal -hal yang ditawarkan juga bervariasi dari, produk dan layanan, layanan asuransi, dan lain sebagainya. 

Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing

Setelah memahami apa itu Telemaketing, untuk mengetahui peran Telemarketing di perusahaan lebih jauh mari simak tugas dan tanggung jawabnya : 

1. Menawarkan Produk dan Jasa Via Telepon

Jobdesk Telemarketing yang cukup penting adalah membuat penawaran dan membujuk pelanggan untuk mendengarkan penjelasan Anda. Ini dapat dilakukan dengan menghubungi calon pelanggan melalui telepon dengan baik. 

Biasanya ada skrip yang berisi info dan detail produk yang akan Anda tawarkan yang menjadi pedoman selama pembicaraan dengan pelangan. 

2. Menjelaskan Produk Dengan Baik

Sebagai seorang Telemarketer, Anda tidak hanya menawarkan produk. Anda juga harus dapat menjelaskan produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan baik. Penjelasannya harus jelas, terperinci, dan tentu saja itu harus menarik. Supaya Anda dapat menjelaskan dengan baik kepada pelanggan, Tentunya Anda harus memahami dengan baik mengenai produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

3. Menjawab Pertanyaan maupun Panggilan Dari Pelanggan

Menjawab pertanyaan pelanggan adalah salah satu tugas utama dari telemarketer. Ketika pelanggan tertarik dengan percakapan yang Anda lakukan, mereka biasanya akan bertanya tentang produk atau layanan yang ditawarkan. 

Misalnya pertanyaan mengenai harga, keuntungan, manfaat, dan juga jenis lainnya. Sehingga ketika menjawab pertanyaan, cobalah untuk fokus pada pertanyaan yang diajukan sehingga Anda dapat menjawab dengan benar. Selain itu, Anda juga akan melayani berbagai panggilan dari pelanggan misalnya saat ada pelanggan yang ingin memesan produk atau layanan.

4. Menindaklanjuti Pelanggan Yang Berpotensial

Telemarketer juga ditugaskan untuk menindaklanjuti pembicaraan yang dilakukan dengan pelanggan sebelumnya. Ketika mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda ditawarkan, tugas Anda selanjutnya adalahmemproses permintaan pelanggan dengan mengarahkan pelanggan ke bagian penjualan untuk melanjutkan proses pembelian produk.

5. Mencatat Pelanggan Yang Berpotensial

Setelah Anda memberikan informasi penawaran kepada pelanggan, Anda tentu telah mengetahui pelanggan mana saja yang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Setelah itu tugas Anda adalah membuat daftar pelanggan yang berpotensial, sehingga Anda dapat mengetahui pelanggan mana saja yang dapat Anda hubungi untuk melakukan Follow up dan pelanggan mana saja yang tidak. 

Setelah mencatat pelanggan mana saja yang tertarik, Anda juga dapat melakukan penawaran kembali nantinya untuk membangun hubungan dalam jangka lebih panjang. 

6. Melakukan Survey

Survey pelanggan bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai ketertarikan pelanggan. Selain dapat mengetahui pelanggan mana saja yang berpotensial, sirvey ini juga dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan berdasarkan Feedback dari pelanggan. 


Skill Apa Saja Yang Harus Dimiliki Oleh Telemarketing? 

Setelah memahami bagaimana peranan seorang Telemarketing disuatu perusahaan baik itu dari Jobdesk dan tanggung jawabnya, bagi Anda yang tertarik untuk memulai karir sebagai Telemarketing ketahui dulu skill yang harus dimiliki oleh Telemarketing : 

1. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik seharusnya dimiliki oleh serorang Telemarketer, karena akan selalu berkomunikasi dengan pelanggan. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga akan mempermudahkan Anda dalam menjelaskan produk, dan apa yang disampaikan mudah dimengerti oleh pelanggan. 

2. Mendengar / Skill Listening

Mengingat seorang Telemarketer sering mendengar keluhan dari pelanggan mengenai produk dan jasa, Anda harus memiliki skill listering yang baik. Skill ini diperlukan supaya Anda dapat mendengarkan keluhan pelanggan dengan baik dan dapat lebih mudah memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dengan bergitu, Anda juga dapat memberikan solusi yang tepat. 

3. Pemecahan Masalah

Telemarketer harus memilki kemampuan dalam memecahkan masalah (Problem solving), supaya nantinya dapat mengatasi segala keluhan dari pelanggan. Ini juga bertujuan supaya layanan yang Anda berikan cukup baik ke pelanggan dan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan. 

4. Manajemen Waktu

Selain skill-skill yang telah disebutkan diatas, Anda sebagai Telemarketer juga harus memiliki kemampuan dalam me-manajemen waktu. Ini akan mempermudah Anda dalam mengelola tugas dan tanggung jawab Anda dengan baik. Selain itui, Anda juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan melalui telepon. 


Akhir kata, itulah penjelasan mengenai apa itu Telemarketing, tugas, tanggung jawab, dan skill yang harus dimilikiu. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, seharusnya Anda sudah memahami gambaran bagaimana peran Telemarketer dalam sebuah perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!