Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Agama Tentatif? Begini Penjelasannya

 

Apa Itu Agama Tentarif? Begini Penjelasannya

omiska.com - Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan istilah agama Tentatif, yang banyak dibicarakan di segala platform media sosial. Tenyata istilah ini cukup asing bagi kebanyakan orang, dan masih banyak yang bertanya apa itu agama Tentatif? 

Lalu apa sih agama Tentatif itu? 

Kami telah merangkum pengertian dari berbagai sumber mengenai penjelasan agama Tentatif yang baru-baru ini sempat viral di internet. Simak penjelasan berikut ini : 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata agama adalah pengajaran, sistem yang mengatur iman (kepercayaan) kepada Tuhan Yang Mahakuasa dan kaidah yang berkaitan dengan pergualan antara manusia dan manusia dan manusia dan lingkungannya. 

Sementara kata Tentatif menurut KBBI yang berarti belum pasti, sementara waktu, dan bisa berubah. 

Dengan memahami kedua kata tersebut, maka dapat disimpulkan agama Tentatif adalah kepercayaan yang dapat berubah sewaktu-waktu atau lebih sederhananya bersifat sementara. 

Indonesia sendiri adalah negara yang menganut ideologi pancasila, dimana sila pertama adalah Ketuhuanan Yang Maha Esa yang bermaksud agama merupakan pondasi utama dalam negara Indonesia. 

Seperti yang kita ketahui, di negeri kita sendiri mengakui 6 agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu. Untuk berpindah ke agama lainnya merupakan hak setiap manusia, terlepas dari hukum yang ada dari agama sebelumnya.