Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Mudik Lebaran Lebih Aman Tahun 2022


omiska.com - Lebaran merupakan hari raya umat Islam setelah melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Saat lebaran biasanya umat muslim melakukan Halal Bihalal dan tak sedikit yang meginginkan pulang kampung atau Mudik. 

Pada tahun 2022 ini diperkirakan pemudik melebihi mencapai 80 juta orang menurut survei Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Diprediksi puluhan juta diantaranya mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Karena banyak masyarakat yang ingin mudik, maka sangat disarankan untuk memerhatikan beberapa hal  yang harus dipersiapkan supaya mudik lebih aman. Berikut adalah 7 tips mudik lebaran supaya lebih aman dan selamat. 


1. Pastikan Pintu Rumah Terkunci

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah keadaan rumah sebelum melakukan mudik. Pastikan semua pintu rumah dan jendela dalam keadaan terkunci. Namun jika memiliki budge lebih untuk keamanan, tidak ada salahnya memasang sistem keamanan. 

2. Berikan Informasi Kepada Tetangga

Bagi anda yang berencana mudik, disarakan untuk memberitahu tetangga maupun kerabat. Dengan mengetahui anda sedang mudik, maka tetangga akan memberitahukn jika anda insiden dirumah secara langsung. 

3. Vaksinasi Covid 19

Masyarakat yang akan melakukan mudik dihimbau untuk melakukan Vaknisasi Covid 19. Ini harus dilakukan supaya tidak mudah tertular oleh virus tersebut. Selain itu masyarakat juga dihimbau yntuk melakukan vaknisasi hingga dosis ketiga, ataupun Booster

4. Memastikan Kondisi Kendaraan

Bagi anda yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi, sebelum melakukan mudik sebaiknya pastikan dulu kondisi kendaraan anda. Anda dapat memastikan mesin, rem, ban, oli, dalam keadaan baik dan siap untuk berpergian jauh. 

Selain itu, anda juga dapat membawa peralatan yang dibutuhkan jika terjadinya hal yang tidak diinginkan pada kendaraan saat perjalanan. Misalnya seperti dongkrak, tang, kunci, dan lain bagainya untuk dapat mengatasi kendaraan yang mengalami masalah saat perjalanan. 

5. Membawa Barang Secukupnya Saja

Khusus bagi anda yang ingin mudik dengan kendaraan umum, bawalah barang secukupnya dan jangan berlebihan. Mengingat banyak masyarakat yang mudik saat lebaran, pasti muatan kendaraan umum akan cepat penuh. Barang yang anda bawa harus anda awasi, jika barang yang anda bawa terlalu berlebihan maka anda akan kesulitan dalam mengawasi barang-barang anda. 

6. Hubungi Petugas Jika Ada Gangguan Saat Perjalanan Mudik

Jika anda mengalami masalah atau kendala saat perjalanan mudik, disarankan untuk menghubungi Pos pelayanan kepolisian. FYI ada sebanyak 144 ribu lebih personel gabungan yang bertugas melakukan pemananan arus mudik. 

7. Istirahat Jika Merasa Lelah

Bagi anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, disarankan untuk beristirahat saat mulai lelah disaat perjalanan. Disarankan untuk beristirahat selama setengah jam setelah mengendarai mobil selama tiga jam. Saat beristihatat, baik pengemudi dan penumpang disarankan melakukan perenggangan. 


Nah, itulah 7 tips mudik lebaran lebih aman yang dapat anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

close