Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Shopify? Berikut Adalah Penjelasan dan Cara Menggunakannya


Pengertian Shopify dan Cara Menggunakannya

omiska.com - Dewasa ini toko online sangat diminati bagi para pebisnis untuk dapat menawarkan produk mereka secara online. Dengan adanya toko online, para pembeli dapat melihat produk-produk yang mereka inginkan dapat melakukan pembayaran lebih mudah dan instant. 

Untuk membuat toko online ini tidak mudah, pengguna harus dapat memahami tentang Coding dan bahasa pemograman lainnya. 

Nah, jangan khawatir jika anda tidak memahami bahasa pemograman, karena anda dapat memiliki toko online yang dapat anda ciptakan secara instant dengan Shopify. 

Shopify merupakan shop builder yang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk membangun sebuah toko online, mulai dari desain, hingga pengelolaan toko yang lebih mudah hanya menggunakan Smartphone saja. 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu Shopify, apa keunggulan nya, hingga cara memulai menggunakan Shopify. 


Apa Itu Shopify? 

Shopify merupakan platform berbayar yang berguna untuk membuat toko online. Platform pembuatan toko online ini cocok untuk pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri, tetapi tidak memiliki pengalaman pengkodean sama sekali.

Untuk memulainya, anda hanya perlu mendaftar di situs Shopify resmi maka anda dapat mulai membuat situs web toko online melalui dasbor yang disediakan. Jangan khawatir, karena Shopify menyediakan dasbor yang sangat mudah dipahami bagi anda yang masih awam. 


Apa Keunggulan Shopify? 

Nah, sebelum memulai sesuatu yang baru ada baiknya memahami dulu apa keunggulan Shopify. Berikut adalah beberapa keunggulan Shopify harus anda ketahui sebelum mulai menggunakannya : 

1. Dapat Membangun Toko Online Dengan Mudah

Banyak yang berpikir bahwa membuat situs web toko online itu sulit sulit, namun tidak untuk Shopify. Hanya dengan membangun toko online dengan cara drag-and-drop memudahkan pengguna untuk membangun toko online sendiri dengan praktis. 

2. Toko Online Dapat Dikelola Melalui Smartphone

Bagi anda yang tidak ingin ribet membawa laptop untuk mengelola toko online, dengan Shopify Anda dapat mengelola toko online melalui smartphone saja. Mengelola toko online tidak hanya terbatas pada penerimaan pesanan saja, tetapi anda juga dapat mengunggah gambar untuk menambahkan produk ke koleksi. Anda dapat mendownload Shopify secara gratis di Play Store.

3. Memiliki Tema Yang Beragam

Desain dapat menentukan seberapa unik toko online anda, dan ini adalah salah satu faktor yang mendorong konsumen nyaman dan ingin berlama-lama berselancar di toko online anda. Shopify memiliki lebih dari 100 varian tema yang dapat anda gunakan dan modifikasi. Anda dapat memilih tema gratis atau berbayar yang dapat anda sesuaikan. 

4. Layanan Bantuan Yang Tersedia Setiap Saat

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hambatan dalam menggunakan aplikasi Shopify, karena Shopify menyediakan layanan selama 24 jam penuh dengan obrolan terbuka melalui email, dan panggilan telepon.


Bagaimana Cara Mulai Menggunakan Shopify? 

Untuk mulai menggunakannya, anda harus mendaftar akun terlebih dahulu di situs resmi Shopify. Anda dapat memulai menggunakan Shopify Trial selama 14 hari, dengan mengklik "Start Free Trial" pada laman utamanya kemudian anda akan melihat sebuah laman baru yang mengharuskan anda mengisi email, password, dan nama nama toko online. 

Lengkapi data-data yang diminta Shopify, setelah itu anda dapat mengklik "Create Your Store" untuk memulai membangun toko online anda. 

Kemudian isi data toko online miliki anda, dan ikuti langkah-langkah yang harus anda lakukan. Jangan lupa mengisi form " Add and address so you can get paid " yang sesuai dengan data diri anda, ini akan digunakan sebagai alamat bisnis anda. 

Untuk memulai menambahkan produk di toko online, klik icon Product dan klik "Add Product". Kemudian deskripsikan produk yang anda jual secara detail dan jelas. Pada bagian Organization anda dapat menambahkan tentang Product Type dan Vendor

Langkah selanjutnya adalah menambahkan gambar produk, dengan cara klik "Add Image from URL" untuk menambahkan gambar melalui link situs lain atau klik "Add images" untuk mengunggah gambar melalui perangkat anda. 

Kemudian masukan harga produk anda. Ceklist "Change taxes on this product" yang menandakan pajak untuk membeli produk tersebut dibebani oleh pembeli. Gunakan fitur Tags untuk mengklasifikasikan produk-produk anda. 

Kemduian anda dapat menambahkan inventaris produk berdasarkan kebijakan ushaa anda, seperti SKU, Barcode, maupun Inventory Policy. Kemudian atur detai pengiriman barang dan lain sebagainya, sesuai kebijakan usaha anda. 

Anda juga dapat menambagkan detail mengenai produk yang anda jual, seperti variasi warna, ukuran, dan sebagainya yang dapat menjelaskan produk anda. Seetlah semuanya selesai, anda dapat mengakhiri dengan klik "Save product". 



Akhir kata, itulah penjelasan mengenai Shopify, keunggulan, hingga cara memulai menggunakannya. Untuk meningkatkan trafik toko online, anda harus melakukan optimasi SEO. Fitur optimasi SEO ini juga disediakan oleh Spotify, yang dapat anda pelajari lagi untuk meningkatkan trafik toko online anda.