Apa Itu Bisnis Daring dan Pemasaran? Begini Prospek Kerjanya


omiska.com - Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan istilah yang familiar khususnya bagi pelajar SMK. Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui dengan istilah ini, dan pada kesempatan ini kita akan menjelaskan apa itu Binsi Daring dan Pemasaran dan apa tujuannya. 


Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah kompetensi keahlian / jurusan yang mempelajari kemampuan dasar untuk dapat menjadi seorang marketing. Di kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, pelajar akan mempelajari mengenai pengadministrasian produk, strategi pasar, wirausaha, dan bagaimana melihat potensi peluang didunia bisnis. 

Karena sekarang ini segala hal bergantung dengan internet, pelajar akan mempelajari keilmuan dan praktik mengenai bidang pemasaran dan pengembangan bisnis melalui media internet. 

Tujuan Bisnis Daring dan Pemasaran

Adapun tujuan Bisnis Daring dan Pemasaran adalah sebagai berikut :
  • Pelajar dapat memahami dan menguasai ilmu pemasaran
  • Dapat bersikap profesional di segala aspek dalam dunia bisnis
  • Kreatif dan Inovatif
  • Mampu melakukan negosiasi dengan pelanggan
  • Dapat menggunakan alat-alat dengan baik untuk memasarkan produk
  • Dapat bersasing dengan pasar tenaga kerja
  • Mampu memanajemen administrasi
  • Memahami prinsip bisnis dengan baik
  • Melakukan pelayanan
  • Dapat menemukan peluang baru dari pelanggan
  • Mampu bekerja secara individu maupun tim


Prospek Peluang Kerja Bisnis Daring dan Pemasaran

Berikut adalah beberapa prospek peluang kerja yang sesuai untuk lulusan Bisnis Daring dan Pemasaran : 

1. Sales Executive

Sales Eksekutive memiliki peran dan tugas utama menjembatani antara perusahaan dan konsumen. Sales Executive bertanggung jawab atas strategi penjualan secara keseluruhan. Pekerjaan ini akan selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk meningkatkan pemasaran produk. 

Gaji yang dapat diperoleh untuk Sales Executive kisaran Rp. 2.500.000 - 7.000.000 perbulannya. Selain itu ada juga bonus atau komisi penjualan mulai dari 5% hingga 10%. 

2. Marketing Analyst

Marketing Analyst atau analisis pemasaran dapat menjadi pilihan karier berikutnya untuk jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Marketing Analyst memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan penelitian dan memberikan informasi tentang kondisi pasar seperti tren, perilaku konsumen, analisis produk, pesaing, dan pelanggan potensial yang mungkin ada.

Marketing Analyst akan mengevaluasi keakuratan antara kampanye pemasaran yang dilaksanakan dengan target yang telah ditentukan. Untuk rentang gaji yang dapat Anda terima sebagai analis pemasaran rata-rata Rp. 4.000.000 hingga Rp 7.000.000 perbulannya. 

3. Supervisor Marketing

Supervisor Marketing sangat penting dalam sebuah perusahaan karena memiliki peran dan tanggung jawab untuk memastikan segala strategi yang dilaksanakan sudah sesuai dengan prosedur.

Supervisor Marketing akan diminta untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi penjualan produk dan menerapkan strategi baru yang dapat membuat pemasaran produk lebih baik. Kisaran gaji Supervisor Marketing adalah Rp3.100.000 hingga 7.300.000 perbulan.

4. Social Media Marketing

Social Media Marketing akan sangat cocok untuk jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Seperti yang kitaa ketahui, perkembangan teknologi meningkat pesat sampai peluang kerja baru di dunia digital pun meningkat. Pemasaran melalui Digital adalah salah satu dampak positif dari pengembangan teknologi karena menciptakan lapangan kerja untuk para ahli dan akan memudahkan dalam memasarkan produk.

Profesi sebagai Social Media Marketing bertanggung jawab atas strategi pemasaran dengan membuat konten, dan memanfaatkan promosi iklan seperti iklan Facebook, Instagram,YouTube, TikTok, dan sebagainya. Gaji yang akan akan diperoleh oleh Social Media Marketing kisaran Rp. 2.500.000 hingga Rp6.000.000 perbulan.

5. Digital Marketing Staff

Digital Marketing Staff adalah profesi yang cocok bagi lulusan dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Perannya mirip dengan Sosial Media Marketing, yaitu memasarkan produk atau layanan secara digital dengan memanfaatkan platform media sosial. 

Walaupun sekilas memiliki kesamaan, nyatanya Social Marketing Digital dan Digital Marketing Staff memiliki sedikit perbedaan. Digital Marketing Staff menggunakan lebih banyak platform digital sebagai media pemasaran misalnya seperti website, plaform video, dan lain sebagainya.  Sementara Social Media Marketing hanya berfokus melakukan pemasaran melalui media sosial saja. 

Karena menggunakan lebih banyak platform, profesi ini harus sangat cocok ditempati oleh mereka yang memahami SEO (Search Engine Optimization). Kisaran gaji untuk profesi sebagai Digital Marketing Staff ini mulai drai Rp. 3.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulannya. 



Akhir kata, itulah penjelasan mengenai Bisnis Daring dan Pemasaran, tujuan, hingga prospek peluang kerjanya. Semoga informasi ini bemanfaat ya!