Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Management Trainee : Pengertian, Keuntungan, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Management Trainee : Pengertian, Keuntungan, Tugas dan Tanggung Jawabnya

omiska.com - Management Trainee (MT) menjadi salah satu dari banyak pilihan karier yang ditargetkan oleh pencari kerja terutama bagi mereka yang baru saja lulus. Nama program ini bukan hanya Management Trainee saja, beberapa perusahaan program disebutkan sebagai Management Development Program (MDP), Graudate Trainee Program (GTP) dan Graudate Management Associate Program (GMAP).

Apa Itu Management Trainee? 

Management Trainee (MT) adalah bagian dari program perusahaan untuk lulusan baru yang tidak memiliki pengalaman (Fresh Graduate), di mana mereka diberi pelatihan yang tepat di setiap departemen perusahaan, kemudian dievaluasi oleh manajer maupun manajer senior dan ditempatkan di sebuah departemen yang dikuasai.


Tujuan Management Trainee

Tujuan dari program Management Trainee ini adalah untuk menciptakan calon manajer baru di perusahaan-perusahaan dari berbagai bidang, seperti pemasaran, penjualan, hingga pengoperasionalan. 


Perbedaan Management Trainee dan Magang

Sebagian orang berpendapat Management Trainee dengan program magang adalah sama padahal keduanya memiliki perbedaan. 

Program Management Trainee lebih sulit dan menantang daripada program magang, karena di program ini peserta akan dihadapkan berbagai tantangan, sehingga peserta harus mempersiapkan skill yang dilimiki. 

Perbedaan lainnya adalah, peserta program Management Trainee sudah sah menjadi salah satu bagian dari perusahaan, sedangakan peserta yang mengikuti program magang masih dianggap sebagai pihak luar perusahaan.


Keuntungan Program Management Trainee

Peserta yang mengikuti program Management Tranee akan mendapatkan beberapa keuntunga, diantara lain : 

1. Meningkatkan Softskill dan Hardskill

Saat menjalani program Trainee Manajemen, anda akan belajar banyak hal tentang perusahaan yang dapat meningkankan Softskill dan Hardskill. Seperti bagaimana saat berkomunikasi dengan rekan kerja, bagaimana cara manajemen waktu, presentasi, kereatif, mengasah kemampuan berfikir kritis, negosiasi, keterampilan dalam mengoperasi Microsoft Office, Bahasa Asing, Copywriting dan banyak keuntungan lainnya yang akan anda dapat. 


2. Melatih Kepemimpinan

Management Trainee adalah program pelatihan untuk menjadi pemimpin masa depan di perusahaan. Karena itu, anda akan belajar banyak hal tentang kepemimpinan atau bagaimana cara menjadi pemimpin. Dalam melatih kepemimpinan, anda akan melatih keterampilan komunikasi, delegasi, kerja tim, pemecahan masalah, dan bagaimana cara membuat keputusan yang tepat. 

3. Mengembangkan Relasi

Dalam menjalankan program Managemen Trainee, anda harus melalui proses yang panjang dan bersaing dengan banyak peserta lainnya. Dalam program ini, anda dapat membangun hubungan dengan sesama peserta lain.

Disana anda juga dapat bertemu senior, supervisor, manajer, dan orang-orang penting lainnya dari berbagai divisi. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dari banyak orang dari berbagai latar belakang dan posisi. Dengan begitu, relasi anda semakin banyak dan tentu ini akan meberikan keuntungan untuk anda seperti dukungan pekerjaan dan lain sebagainya. 

4. Jenjang Karir Yang Jelas

Salah satu keuntungan dan potensi yang banyak dicari oleh para pencari kerja adalah, program Management Trainee ini memiliki jenjang karir yang jelas. Setelah anda lolos menjadi peserta terbaik, anda akan berpeluang dipromosikan untuk menempati posisi penting didalam perusahaan.

5. Mudah Dipromosikan Di Perusahaan

Setelah selesai menjalakan program Management Trainee dengan baik, para peserta akan lebih mudah dipromosikan untuk bekerja diposisi yang relevan di perusahaan. 


Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee

Untuk menegtahui bagaimana peran peserta program Management Trainee, berikut adalah tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan : 

  • Mengetahui bagaimana perusahaan beroprasi
  • Memahami prokes kerja dan pencapaian tujuan 
  • Memberi dukungan administratif
  • Membantu manajer mengevaluasi kinerja
  • Ikut berpartisipasi dalam merencanakan strategi yang akan dilaksanakan perusahaan
  • Melakukan presentasi
  • Melakukan riset bagaimana cara meningkatkan profit perusahaan
  • Mendukunng manajer dalam berbagai tugasnya

Akhir kata, itulah penjelasan mengenai pengertian, keuntungan, tugas dan tanggung jawab Management Trainee. Dengan membaca artikel ini anda dapat mengetahui dan memahami bagaimana peran Management Trainee, dan dapat membedakan antara Management Trainee dan program magang. Smeoga informasi ini bermanfaat ya!
close