Ukuran Banner YouTube Yang Tepat dan Ideal

Ukuran Banner Youtube Yang Tepat

omiska.com - Banner atau Header YouTube adalah sebuah gambar besar di Channel YouTube, yang menggambarkan identitas dan akan menambah keunikan pada sebuah Channel YouTube. Untuk membuat Banner YouTube tidak boleh asal-asalan, karena akan mengakibatkan gambar terpotong dan terlihat tidak menarik. Untuk membuat Banner YouTube, ada ukuran khusus yang harus diperhatikan sebelum membuatnya. 

Banner YouTube akan terlihat berbeda-beda disetiap perangkat, seperti Smartphone, Tablet, Laptop, dan TV. Jika anda membuat ukuran Banner yang salah, maka tampilan Banner YouTube anda akan terpotong disetiap perangkat atau sebagian perangkat. Hal ini akan mebuat Channel YouTube anda terlihat menarik, dan tidak profesional. 

Lalu berapa ukuran Banner YouTube yang ideal supaya tidak terpotong? 


Ukuran Banner YouTube Yang Tepat

  • Dimensi minimum untuk upload adalah  2048 x 1152 pixel, rasio tinggi lebar 16:9
  • Pada dimensi minimum, area aman untuk logo dan teks adalah 1253 x 338 pixel. Ukuran gambar yang besar akan mengakibatkan gambar Banner terpotong di perangkat tertentu
  • Ukuran file yang dapat diupload minimal berukuran 6 MB
Itulah panduan ukuran Banner YouTube yang benar dan tepat, sehingga Banner YouTube anda akan responsive yang artinya tidak akan memotong area-area aman yang berisi logo, teks, maupun informasi yang diperlukan. Untuk membuat Banner YouTube, anda dapat menggunakan Photoshop, Canva, dan aplikasi desain lainnya.



Cara Mengubah Banner YouTube

  • Login akun YouTube melalui komputer (disarankan)
  • Klik pada logo Channel YouTube anda lalu pilih "Channel Anda"
  • Lalu akan muncul tampilan awal Channel YouTube anda, klik pada logo kamera yang ada pada Banner Channel YouTube anda
  • Kemudian anda akan melihat beberapa pilihan, yaitu Foto, Gambar Banner, dan Watermark. Karena ingin mengubah Gambar Banner, klik "Ubah" pada menu Gambar Banner untuk mengunnggah Banner YouTube baru
  • Tinjau gambar tampilan, jika sudah klik "Selesai"
  • Banner YouTube anda berhasil diubah

Akhir kata, itulah ukuran Banner YouTube yang tepat supaya tidak terpotong di semua perangkat seperti Smartphone, Laptop, maupun TV. Dengan membuat Banner dengan panduan ukuran yang benar, akan membuat Channel YouTube terlihat menarik, dan terkesan profesional. Semoa informasi ini bermanfaat ya!