Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba Biar Gak Gampang Sakit

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba


omiska.com - Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Lalu pernahkah anda mendengar Musim Pancaroba? 

Musim Pancaroba adalah masa peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau. Karena musim Pancaroba, cuaca menjadi tidak menentu dimana bisa saja hujan deras dan bisa saja panas. Karena cuaca tidak menentu akan berdampak kurang baik bagi kesehatan masyarakat, dan cenderung mengakibatkan sakit. 

Penyakit yang muncul pada musim Pancaroba adalah : 

  • Influenza
  • Chikungunya
  • DBD 
  • Tipes
  • Diare
  • Alergi
  • Sesak Nafas dan Infeksi saluran Pernafasan


Nah, saat musim Pancaroba seperti ini ada baiknya menjaga kesehatan tubuh supaya tidak gampang sakit. Coba simak Beberapa tips menjaga kesehatan di musim Pancaraoba sebagai berikut : 


Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba


1. Mengkonsumsi Makanan Minuman yang Cukup dan Bergizi

Makanan dan minuman akan menjadi bahan bakar tubuh untuk menghasilkan energi. Mengingat setiap harinya kita akan melakukan aktivitas sehari-hari, maka kita membutuhkan energi yang berarti kita membutuhkan makan dan minum yang cukup. 

Makan dan minum yang bergizi sangat dianjurkan, untuk meningkatkan imunitas dan daya tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit apalagi cuaca pancaroba seperti ini. 

2. Rajin Berolahraga

Berolahraga tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini akan membuat kita kesulitan untuk berolahraga yang biasa dilakukan diluar rumah. Meskipun begitu, usahakan tetap melakukan olahraga meskipun dilakukan didalam rumah. Anda dapat melakukan Sit-up, Push-up, Squat-jump, dan gerakan-gerakan lainnya. Ini akan membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. 

3. Minum Air Putih yang Cukup

Tips menjaga kesehatan di musim Pancaroba selanjutnya adalah, dengan meminum air putih yang cukup. Minum air putih tak hanya meredakan haus, juga dapat menjaga kelembapan tubuh dan dapat menjadi komponen dari pembentukan plasma darah. 

Dengan meminum air, ini akan membantu mengedarkankan oksigen ke seluruh tubuh dan juga dapat mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan yang ada didalam tubuh. Dengan begitu, jika tubuh kekurangan air maka organ tubuh tidak dapat bekerja secara optimal termasuk sistem imun. Jadi maka dari itulah, air sangat dibutuhkan dan sangat dianjurkan untuk minum air putih yang cukup untuk mencegah sakit.
 

4. Tidur Yang Cukup

Air dan makanan bergizi yang bernutrisi juga belum cukup untuk menyehatkan tubuh, anda juga membutuhkan tidur yang cukup karena organ tubuh membutuhkan waktu istirahat. 

Jika anda sering mengabaikan waktu tidur seperti sering melakukan aktivitas ditengah malam (begadang), ini akan membuat sistem kekebalan tubuh anda melemah dan mudah terserang sakit apalagi di musim Pancaroba seperti ini. 

5. Mengelola Stres Dengan Baik

Tanpa disadari, stres juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia. Stres biasanya datang saat ada masalah, maupun saat terjadinya pristiwa yang membuat kita khawatir. Dengan begitu, cobalah lakukan hal-hal yang dapat membuat anda lebih tenang dan rileks. 

Hal-hal yang dapat anda lakukan disaat anda mulai merasa stres seperti mendengarkan musik, berolahraga, bermain dengan peliharaan, pergi ketempat yang anda sukai seperti taman maupun pantai, membaca Novel, dan lain sebagainya. 

6. Menjaga Kebersihan 

Untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba, anda juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan di seikitar supaya sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Anda dapat memulainya dengan mencuci tangan rutin atau setelah melakukan aktivitas, dan juga membersihkan rumah dan area sekitar. 

Jangan biarkan rumah dan area disekitarnya kotor diakibatkan sampah yang menumpuk. Saat musim seperti ini hal-hal seperti ini sebaiknya harus lebih diperhatikan lagi. Selain itu yang harus anda lakukan adalah menutup tempat penampungan air, supaya tidak menjadi sarang nyamuk yang akan mendatangkan penyakit. 

7. Menjaga Kebersihan Makanan

Menjaga kebersihan makanan juga perlu diperhatikan pada saat tubuh rentan sakit dikarenakan musim Pancaroba. Bahkan menjaga kebersihan makanan ini tak hanya perlu diperhatikan saat musim Pancaroba saja, bahkan menjaga kebersihan makanan ini harus selalu diperhatikan supaya tubuh tidak rentan sakit. 

8. Harus Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

Karena musim Pancaroba membuat sistem kekebalan tubuh menurun, maka sangat dianjurkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan saat anda keluar rumah. Anda harus mematuhi 5M, yaitu : 

  • Mencuci Tangan
  • Memakai Masker
  • Menjaga Jarak
  • Menjauhi Kerumunan
  • Mengurasi Mobilitas


9. Sedia Payung atau Jas Hujan dan Selalu Mengenakan Pakaian Hangat

Mengingat cuaca yang tidak menentu kadang hujan kadang cuaca panas, maka sangat disarankan untuk menyediakan payung atau jas hujan setiap berpergian. 

Jika anda sering berpergian menggunakan sepeda motor, dianjurkan untuk selalu mengenakan pakaian hangat. Ini perlu dilakukan mengingat anda kehujanan atau kedinginan, akan membuat sistem imum tubuh menurun dan akan membuat tubuh rentan sakit. 



Itulah beberapa tips menjaga kesehatan di musim Pancaroba yang sangat bermanfaat supaya anda tidak gampang sakit. Cuaca seperti ini akan membuat tubuh rentan sakit, maka dari itu dianjurkan untuk hidup sehat dengan makan dan minum yang cukup dan bergizi, mengelola stres dengan baik, menjaga kebersihan, dan memproteksi diri dengan menyiapkan payung atau jas hujan dan mengenakan pakaian hangat saat bepergian sehingga tubuh tidak kedinginan yang akan menyebabkan turunnya imunitas tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

close