Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Menjaga Berat Badan Ideal, Juga Membuat Tubuh Lebih Sehat

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

omiska.com - Memiliki berat badan ideal merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Karena memiliki berat badan ideal, tentu akan membuat penampilan lebih menarik dan lebih percaya diri. 

Selain menjaga penampilan, menjaga berat badan ideal juga penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berat badan yang berlebihan seperti obesitas juga tidak baik karena akan memicu berbagai penyakit.

Untuk memiliki berat badan ideal, anda harus menerapkan pola dan gaya dan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa tips menjaga berat badan ideal yang dapat anda terapkan mulai sekarang. 


Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Berikut adalah beberapa tips menjaga berat badan ideal yang dapat anda terapkan. 

1. Merencanakan

Buat rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk mengkonsumsi makanan sehat, makanan ringan , olahraga, dan motivasi. Anda juga dapat membuat strategi mempertahankan berat badan, misalnya dengan menggabungkan makanan favorit dan makanan sehat.

2. Banyak Minum Air Putih

Supata berat badan ideal, biasakan banyak minum air. Asupan cairan dapat membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh. Ini juga dapat membantu sistem pencernaan lebih lancar dan tubuh dapat membakar lebih banyak lemak.


3. Mengatur Porsi Makan

Kunci penurunan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk mungkin tidak lebih dari kalori yang terbakar. Artinya, hindari kebiasaan makan yang berlebihan atau makan dengan banyak porsi, apalagi jika anda tidak sering melakukan aktivitas fisik. 


4. Berolahraga

Gaya hidup untuk mempertahankan berat badan ideal juga harus dilengkapi dengan olahraga atau aktivitas fisik. Latihan secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan, dan juga dapat mengurangi risiko penyakit. 

Saat menjalani program diet atau penurunan berat badan, olahraga dapat membantu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh. Karena, seiring bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan biasanya akan mulai menurun yang membuat metabolisme lebih lambat. Olahraga juga dapat membantu membakar kalori dan memperkuat otot.


5. Jangan Lupa Sarapan

Menurut penelitian, orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak melewatkannya. Ini terjadi karena orang cenderung merasa lapar pada siang hari. Saat menahan kelaparan hormon leptin dikeluarkan. Dengan begitu anda makan atau ngemil apa saja tanpa kendali. 


6. Konsisten Menerapkan Kebiasaan Sehat

Kebiasaan sehat yang telah dibangun selama program menjaga berat badan ideal masih harus dilakukan meskipun telah berhasil. Misalnya, sarapan atau olahraga yang sehat. Ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar, maka sangat disarankan kebiasaan sehat ini harus terus diterapkan setiap hari. 


Akhir kata, itulah beberapa tips menjaga berat badan ideal yang dapat anda terapkan mulai sekarang. Menjaga berat badan tidak hanya bermanfaat untuk membuat penampilan lebih menarik, tapi juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


close