10 Tempat Wisata di Semarang Yang Wajib Banget Dikunjungi

Tempat Wisata di Semarang


omiska.com - Ada banyak tempat wisata di Semarang yang asik untuk dikunjungi. Apalagi saat ingin berencana liburan dengan keluarga maupun bareng teman-teman. 

Nah, bagi kamu yang berencana menghabiskan waktu liburan di Semarang, berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Semarang yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi : 


10 Tempat Wisata Di Semarang

Berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata di Semarang, yang asik buat dikunjungi : 

1. Saloka Theme Park

Tempat Wisata Di Semarang
Source : nalatra.com

Salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib banget dikunjungi adalah Saloka Theme Park. Disini kamu akan disuguhkan dengan berbagai wahana menarik untuk semua kalangan. Dari wisata edukasi hingga wahana-wahana seru memacu adrenalin yang akan membuat pengalaman liburan kamu semakin berkesan. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini kapan saja, karena dibuka setiap hari dumulai pada pukul 10:00 - 19:00. 

2. Candi Gedong Songo 

Tempat Wisata Di Semarang
Source : celebrities.id

Tempat wisata di Semarang lainnya yang tidak kalah menarik adalah, Candi Gedong Songo. Lokasi tempat wisata ini berada di kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang. 

FYI, Candi ini berada di ketinggian 1200 M diatas permukaan laut, disana kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan cukup memanjakan mata. Jika kamu tertarik, disana juga terdapat kolam pemandian air panas. 

3. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Tempat Wisata Di Semarang
Source : wisatainfo.com

Kamu ingin menikmati suasana alami dengan berbagai tumbuhan? mungkin Agriwisata Kopeng Gunungsari adalah tempat wisata yang cocok yang dapat kamu temukan di Semarang. 

Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan taman bunga, dan terdapat sebuah menara diatas pegunungan. Tempat wisata ini berada di sisi utara gunung merbabu, dengan ketinggian 3145 meter diatas pemukaan laut. 

Waktu yang terbaik mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari, karena minimnya pencahayaan matahari membuat warna pemandangan taman bunga terlihat lebih hidup. Jika pergi ketempat ini jangan lupa membawa jaket, karena disini kamu akan merasakan udara pegunungan yang sejuk. 

4. Dusun Semilir

Tempat Wisata Di Semarang
Source : reddoorz.com

Tempat wisata di Semarang yang gak kalah asik lainnya adalah, Dusun Semilir. Tempat ini berada di Jl. Soekarno Hatta No.49, Bawen. 

Dusun Semilir adalah tempat wisata dengan konsep Eco Park. Disini banyak spot foto yang cukup menarik, dan terdapat restoran dan penginapan yang akan menyuguhkan nuansa alam yang indah. 

Kamu dapat mengunjugi tempat ini setiap hari kerja pada pukul 08:00 - 18:00, dan akhir pekan pada pukul 08:00 - 19:00. 

5. Wisata Alam Perantunan

Tempat Wisata Di Semarang
Source : pegipegi.com

Tempat wisata di Semarang menarik lainnya adalah Wisata alam Perantunan. Tempat wisata ini berlokasi di kecamatan Bandungan kabupaten Semarang. Disini kamu akan disuguhkan panorama Rawa Pening yang indah, dan sejuk. 

FYI, disini merupakan salah satu pintu gerbang pendakian gunung Unggaran setinggi 2050 dari permukaan laut. Sangat cocok bagi kamu yang ingin camping dengan teman-teman, untuk menikmati keindahan alam yang asri. 

6. Eling Bening

Tempat Wisata Di Semarang
Source : indwisata.com

Tempat wisata semarang selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Eling Bening, yang telah diresmikan sejak tahun 2015 yang lalu. Walaupun begitu, tempat ini masih sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Eling Bening berada di perbukitan Ngrawan, disini kamu dapat menikmati panorarma alam yang indah dan panorama yang tersaji antara lain Gunung Merbabu, Pegunungnan Andong dan Telomoyo. Ditempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kafe, kolam renang, restoran, tempat camping, dan outbound


7. Taman Bunga Celosia Bandungan

Tempat Wisata Di Semarang
Source : tamanbungacelosia.com

Tempat wisata lainnya yang dapat kamu temukan di Semarang adalah Taman Bunga Celosia Bandungan. Ditaman ini banyak koleksi bunga yang ditanam dengan rapi hingga membentuk taman yang indah. 

Disini kamu juga dapat melihat beberapa tema yang menarik, seperti Little Italia, Little Korea, Marine Park dan lainnya. Kamu juga dapat bersantai dengan teman di kafe yang tersedia disana. 

8. Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat Wisata Di Semarang
Source : idntimes.com
Tempat wisata Semarang berikutnya yang dapat menjadi pilihan adalah, Museum Kereta Api Ambarawa yang dapat dinaiki oleh wisatawan. Kamu akan merasakan sensasi klasik, karena ini adalah Kereta Api tua. 

Saat menaiki Kereta Api ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam indah sepanjang perjalanan. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai nuansa klasik, dan mencintai sejarah. 

9. Cimory on The Valley

Tempat Wisata Di Semarang
Source : wisataoke.com

Turis yang berkunjung ke Semarang pada saat liburan akhir tahun dapat mencoba tur ke Cimory on the Valley. Tempat wisata ini yang telah dibuka sejak 2020 memiliki banyak hiburan yang tak kalah menarik. 

Ada sejumlah wahana, seperti wahana  menunggang kuda, edukasi, memerah sapi, dan memberikan makanan ternak lainnya. 

Pada hari kerja, tempat wisata ini buka pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, sedangkan akhir pekan pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

10. Merbabu View & Cafe

Tempat Wisata Di Semarang
Source : travel.kompas.com

Merbabu View & Cafe dapat menjadi pilihan jika kamu ingin bersantai sambil makan hidangan lezat dengan keluarga atau kerabat. Kafe dengan tema semi-outdoor memungkinkan pengunjung melihat pemandangan gunung Merbabu yang indah. 

Tempat wisata  ini juga memiliki arsitektur yang unik, dan dekorasi yang instalramable, cocok untuk pengunjung yang hobi berfoto karena disini banyak spot foto yang menarik.


Akhir kata, itulah rekomendasi 10 tempat wisata Semarang jika kamu berencana menghabiskan waktu liburan berasama keluarga maupun teman. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi ya!