Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Sales dan Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Sales dan Marketing

omiska.com - Sebagian orang menganggap sales dan maketing adalah sama karena memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendapatan perusahaan. Padahal nyatanya sales dan marketing memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Nah supaya tidak salah lagi, mari kita bahas perbedaan antara sales dan marketing sebagai berikut. 


Pengertian Sales

Sales berasal dari bahasa Inggris yang berarti penjualan. Sales adalah suatu kegiatan memasarkan produk atau layanan. 

Pada dasarnya penjualan termasuk kegiatan yang menghasilkan apapun yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan dalam periode waktu tertentu, dan meyakinkan pelanggan bahwa membeli produk yang ditawarkan akan berguna dan bermanfaat bagi mereka.

Untuk memudahkan mencapai tujuan, sales harus memiliki keterampilan komunikasi dan persuasi yang baik, untuk menyampaikan manfaat produk atau layanan kepada pelanggan secara efektif, dan siap menjawab semua pertanyaan dari pelanggan mengenai produk yang ditawarkan maupun produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Setiap tim sales memiliki target volume penjualan yang harus mereka capai. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan dapat menggunakan strategi seperti memberikan penawaran khusus seperti kupon, hadiah gratis, buy-one-get-one-free, dan diskon untuk mencuri perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk.


Pengertian Marketing

Marketing adalah proses yang melibatkan kegiatan yang dilakukan oleh Perusahaan untuk mempromosikan penjualan produk atau layanan produk. 

Proses ini dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan menganalisis pasar, memenuhi kebutuhan pelanggan, berkomunikasi, dan memberikan penawaran kepada pelanggan.

Marketing merupakan sarana untuk menciptakan minat pada target pelanggan. Semua kegiatan yang berupaya menarik perhatian pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dan mempertahankannya masuk dalam cakupan marketing, seperti analisis pasar, promosi, pengembangan produk, metode distribusi, penjualan, dan layanan komplain untuk mengatasi segala keluhan pelanggan.


Perbedaan Sales dan Marketing

Berikut adalah beberapa perbedaan antara sales dan marketing : 

  1. Marketing itu menekankan kebutuhan pasar. Sedangkan sales fokus pada kebutuhan perusahaan. 
  2. Tujuan sales adalah untuk menarik pembeli hingga produk jadi dibeli. Sedangkan marketing bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menciptakan produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan maupun pasar. 
  3. Sales mempunyai pendekatan yang terfragmentasi, yang menekankan penjualan semua yang diproduksi. Sementara itu marketing mempunyai pendekatan terintegrasi yang memastikan kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan. 
  4. Sales berkaitan dengan aliran produk atau layanan untuk pelanggan. Sedangkan marketing berkaitan dengan semua kegiatan yang memfasilitasi aliran produk kepada pelanggan.
  5. Sales melibatkan pertukaran barang untuk pertimbangan moneter. Sedangkan marketing melibatkan upaya mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memberikan kepuasan produk untuk pelanggan. 
  6. Sales berorientasi pada produk, karena tenaga penjualan menekankan peningkatan penjualan produk. Sedangkan marketing berorientasi kepada pelanggan, karena semua kegiatan promosi dilakukan, berguna untuk mendapatkan target pelanggan.
  7. Sales adalah proses dalam jangka pendek, karena berbasis transaksi dan bertujuan untuk memaksimalkannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sednagkan marketing adalah proses jangka panjang karena berfokus pada manajemen pelanggan dan semua upaya yang dilakukan untuk untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
  8. Sales membutuhkan keterampilan komunikasi untuk meyakinkan calon pembeli, sementara marketing membutuhkan keterampilan analitis untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan kedepannya. 
  9. Sales memiliki tujuan memaksimalkan keuntungan dengan cara memaksimalkan penjualan. Sedangkan marketing mamaksimalkan keuntungan melalui peningkatan kepuasan pelanggan dan pansga pasar.


Itulah perbedaan antara sales dan marketing yang harus anda pahami. Walaupun banyak perbedaannya, sales dan marketing memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pendapatan perusahaan. Yang membedakan keduanya adalah peran dan tanggung jawab antara keduanya lebih ter-spesialisasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

close