Apa Itu Digital Marketing? Simak Penjelasannya

Pengertian Digital Marketing dan Kelebihannya


omiska.com - Sekarang ini, tren Digital Marketing sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, khususnya orang-orang yang merupakan pelaku bisnis. Tentu ada alasan mengapa para pelaku bisnis mulai beralih ke Digital, diantaranya adalah menjalankan bisnis akan lebih efektif dan akan lebih praktis dalam menjalankan bisnis. Melihat sangat memberikan efek yang signifikan, kira-kira apa Digital Marketing itu? 


Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah suatu kegiatan promosi oleh pelaku bisnis dan perusahaan, baik itu untuk mempromosikan produk, brand, jasa dengan menggunakan media digital. 

Sebenarnya Digital Marketing ini sudah ada dan sudah digunakan sejak tahun 1910, dimana saat itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan langsung pertunjukan sebuah pertunjukan Opera di New York yang dapat didengar oleh masyarakat di beberapa lokasi didaerah tersebut. 

Karena komputer dan teknologi internet terus bekembang dengan pesat hingga sekarang, pengertian Digital Marketing semakin luas hingga dipahami oleh masyarakat. 


Kelebihan Digital Marketing

Konsep Digital Marketing dalam penerapannya hampir sama dengan konsep pemasaran konvensional. Perbedaan dalam Digital Marketing dilakukan dengan memanfaatkan platform digital, misalnya media sosial dan situs web, baik itu berbayar maupun tidak dibayar (gratis).

Berikut adalah beberapa kelebihan Digital Marketing : 

1. Pemasaran Menjadi Lebih Efektif

Konsep Digital Marketing dianggap lebih efektif bagi pengusaha atau produsen suatu produk. Karena Digital Marketing dapat lebih fokus pada periklanan atau promosi kepada calon pelanggan yang lebih potensial sehingga penargetan iklan lebih relevan. 

Dengan begitu, target konsumen yang berpotensial lebih terarah dan dapat memaksimalkan penjualan produk maupun layanan. 

2. Pemasaran Menjadi Lebih Mudah

Digital Marketing dapat memberikan kemudahan, dalam menjangkau konsumen secara luas dengan menggunakan platform digital yang telah tersedia. Diantaranya adalah media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Tik Tok, sedangkan platform marketplace diantaranya adalah Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Bli Bli dan lain sebagainya. 

Dengan mengaplikasikan konsep Digital Marketing seperti ini, barang atau jasa yang akan dipromosikan akan lebih mudah dilihat dan diakses oleh konsumen. Dengan begitu akan berpeluang meningkatkan volume penjualan barang maupun jasa yang dipromosikan. 

3. Biaya Pemasaran Lebih Terjangkau

Kelebihan lain menerapkan Digital Marketing dalam bisnis adalah,  mengelurkan biaya yang lebih rendah daripada pemasaran konvensional. Contohnya, dalam konsep pemasaran konvensional perusahaan atau pelaku bisnis biasanya mengandalkan media promosi seperti televisi dan radio. Tentu hal ini memerlukan biaya yang cenderung besar, dan calon konsumen yang ditargetkan kurang spesifik.

Sedangkan dalam pembiayaan penerapan Digital Marketing lebih rendah, dan pelaku bisnis dapat menargetkan iklan ke konsumen yang lebih relevan dan potensial. 

4. Tidak Perlu Terjun Ke Lapangan

Kelebihan lainnya dari Digital Marketing adalah, timpemasaran tidak perlu meninggalkan rumah / kantor untuk menemukan konsumen. Karena dalam penerapan konsep Digtal Marketing ini, tim pemasaran dapat bekerja dimana saja asalkan memiliki gadget seperti Smartphone dan Laptop yang terhubung ke internet. 

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Daring dan Pemasaran? Begini Prospek Kerjanya

5. Dapat Meningkatkan Reputasi Brand

Mengingat meningkatnya jumlah pengguna di Internet dan platform online, pelaku bisnis dapat meningkatkan reputasi merek melalui Digital Marketing. Sebagian besar pembeli pada umumnya akan mencari produk maupun layanan terlebih dahulu di Internet, sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan Digital Marketing, bisnis akan dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen, dan akan meyakinkan konsumen bahwa produk atau layanan dapat dipercaya, sehingga berpotensi meningkatkan pemasukan. 


Akhir kata, itulah penjelasan mengenai Digital Marketing serta kelebihannya. Dengan membaca artikel ini anda dapat memahami apa itu Digital Marketing, dan bagaimana efektifitas saat menerapkan Digital Marketing didalam suatu bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat ya!