Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Plagiarisme Gratis Secara Online dan Mudah

Cara Cek Plagiarisme Gratis Secara Online

omiska.com - Banyak tindakan plagiarisme saat membuat karya tulisan, maka sebelum di publikasi ada baiknya Anda pelu cek plagiarisme gratis secara online. Untuk cek plagiarisme online ini cukup mudah, karena sudah banyak situs penyedia tool cek plagiarisme yang akan sangat membantu Blogger dan karya tulis seperti jurnal, skripsi, dan lain sebagainya. 

Situs Cek Plagiarisme Gratis


1. Copyleaks

Situs cek plagiarisme pertama adalah Copyleaks. Situs ini sudah banyak digunakan oleh para penulis hingga peneliti untuk mendeteksi tulisan sebelum dipublikasikan. Jika anda ingin mencoba menggunakan tool cek plagiarisme secara gratis dan akurat, anda dapat mengunjungi dan mendaftar dulu disitus Copyleaks.

Keunggulan yang cukup menarik disitus ini karena tersedia pilihan bahasa, dan sudah mendukung berbagai format dokumen untuk di cek. 

2. Small SEO Tools

Small SEO Tools juga merupakan web yang menyediakan fitur cek plagiarisme yang cukup banyak diminati. Disini anda dapat menggunakna tool cek plagiarisme secara gratis dan berbayar untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak. 

Tulisan yang anda pastekan di kolom yang disediakan, akan dideteksi secara otomatis sehingga anda akan mengetahui seberapa banyak tulisan anda yang sama persis dengan tulisan-tulisan yang ada di Internet. 

3. Quetext

Situs cek plagiarisme selanjutnya adalah Quetext yang dapat anda gunakan secara gratis. Untuk memulai menggunakannya anda dapat mendaftar dulu disitus resmi Quetext, dan proses membuat akun disni sangat gampang dan cepat. 

Setelah membuat akun Quetext, anda dapat mencoba cek plagiarisme dengan cara mempastekan tulisan yang anda inginkan dan klik "Check for plagiarsim". Secara otomatis, Quetext akan mendeteksi seberapa banyak tulisan anda yang sama persis dengan tulisan orang lain di Internet. 

4. Plagiarisma

Situs cek plagiarisme selanjutnya adalah Plagiarisma. Situs ini memiliki tampilan yang cukup sederhana, dan dapat digunakan dengan mudah dan gratis. Situs ini sudah mendukung sebanyak 190 bahasa didunia.

Selain itu, situs ini juga sudah mendukung cek plagiarisme melalui tautan, dan file yang dapat anda upload dengan format TXT, HTML, RTF, MS WORD DOC, DOCX, PPTX, XLSX, XLS, PDF, ODT, EPUB, FB2.

5. Plagiarism Checker

Situs ini juga dapat diandalkan untuk cek plagiarisme di karya tulis.Anda dapat menggunakan tool cek plagiarisme secara mudah dan gratis. 

Anda hanya dapat mengecek tulisan dengan maksimal 1000 kata saja. Selain mempastekan tulisan dikolom yang telah disediakan, anda juga dapat menggunakan kolom URL untuk mengecek tulisan dari sebuah artikel maupun mengunggah file. 

Anda dapat mengunjungi situs Plagiarism Checker untuk menggunakan tool nya secara gratis. 

6. PlagScan

Situs cek plagiarisme selanjutnya adalah PlagScan. Untuk menggunakan tool cek plagiarisme disini, anda wajib membuat akun terlebih dahulu.

Anda cukup memasukan teks dari tulisan yang ingin anda cek, maupun mengunggah file lalu tinggal klik "Check Plagiarism".Batas kata yang dapat dideteksi adalah sebanyak 2000 kata per-pencarian. 

Anda dapat mengunjungi situs PlagScan untuk mencobanya. 

7. Duplichecker

Situs cek plagiarisme terakhir adalah Duplichecker. Anda dapat menggunakan tool cek plagiarisme secara mudah dan gratis. 

Untuk mulai menggunakannya, anda dapat mempastekan tulisan dikotak yang disediakan, kemudian centang kolom "I'm not a robot" lalu klik Check Plagiarism. Selain itu, disitus ini kamu juga dapat menggunggah dokumen tulisan, dan juga mendukung cek plagirisme melalalui URL yang memungkinkan penggunanya ingin mengecek plagiarsime pada artikel secara langsung. 

Batas teks untuk mengecek plagiarisme disini adalah sebanyak 1000 kata per-pencarian. Jika tidak ada kecocokan yang artinya tulisan anda bebas plagiarisme, maka akan muncul pemberitahuan "No Plagiarism Detected". Jika tulisan anda terdapat plagiarisme, maka akan ada pemberitahuan berupa presentase dan juga sumber yang memiliki kesamaan dengan tulisan anda. 


Akhir kata, itulah beberapa rekomendasi situs cek plagiarisme gartis secara online yang dapat anda gunakan dengan mudah dan cepat. Situs cek plagiarisme ini cukup membantu dalam mengetahui tingkat plagiarisme sebuah karya tulisan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!