Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Blog Diterima Google AdSense, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan

Cara Agar Blog Diterima AdSense

omiska.com - AdSense merupakan program periklanan dari Google yang akan memberikan penghasilan untuk sebuah website atai blog. Penghasilan yang didapatakan melalui penayangan iklan AdSense ini cukup menggiurkan, maka tak heran banyak penulis yang tertarik untuk mendaftarkan web atau blog mereka ke Google AdSense. 

Iklan Google AdSense biasanya gambar maupun link, yang biasanya relevan dengan pembahasan artikel sebuah blog secara otomatis. Google AdSense nantinya akan memberikan komisi para publisher, setiap iklan yang dipasang diklik atau pedapatan juga bisa dari tampil per seribu tayangan (impresi). 

Menjadi publisher Google AdSense merupakan cara yang cukup populer, dan cukup diminati oleh para penulis blog atau website berita. Selain dari blog, untuk mendapatkan pundi-pundi dari Google AdSense ini juga dapat dilakukan dengan menjadi Content Creator YouTube. 


Supaya blog diterima AdSense, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi hingga blog atau website sudah layak dan dapat menampilkan iklan dari Google AdSense. Tentu untuk membuat blog layak mengikuti program periklanan dari Google ini gampang-gampang susah, dan tidak jarang banyak dari mereka yang pernah ditolak berkali-kali. 

Walaupun begitu jangan berkecil hati, karena tak sedikit juga orang-orang yang berhasil mendaftakan blog mereka ke Google AdSense.

Syarat dan Cara Agar Blog Diterima Google AdSense

Berikut adalah syarat dan cara agar blog anda diterima Google AdSense : 

1. Membuat Konten Yang Berkualitas dan Menarik (bukan copas)

Buatlah artikel yang berkulitas, menarik, dan bukan hasil dari Copypaste dari artikel orang lain. Buatlah artikel yang berisi minimal 300 kata, lebih banyak dari itu maka lebih bagus. Buatlah artikel yang bermanfaat dan informatif, sehingga pembaca akan menemukan apa yang dicari. 

2. Perbanyak Jumlah Artikel

Selain membuat konten yang menarik dan berkualitas, anda juga harus memperbanyak jumlah artikel sebelum mendaftarkan ke Google AdSense. Menurut pengalaman saya pribadi, saat mendaftarkan blog ini ke Google AdSense, blog saya hanya memiliki 32 artikel. 

3. Gunakan Template Responsive

Pemilihan template blog juga harus diperhatikan, menggunakan template blog yang responsive akan berpeluang blog anda diterima Google AdSense. Template yang responsive dapat menyesuaikan layout blog di berbagai perangkat, misalnya komputer, smartphone dan tablet. Dengan begitu tampilan blog anda akan tetap terlihat rapi dan menarik. 

4. Gunakan Navigasi Menu

Navigasi menu pada tampilan blog juga dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah blog diterima Google AdSense. Buatlah navigasi menu yang jelas, yang akan memudahkan pengunjung mencari artikel yang diinginkan di blog anda. 

5. Buatlah Halaman About, Contact dan Lain Sebagainya

Buatlah halaman penting mengenai blog anda, misalnya seperti About, Contact, SitemapDisclaimer, dan Privacy & Policy.


6. Jangan Membuat Konten Dewasa dan Konten Terlarang Lainnya

Jangan membuat artikel atau konten dewasa yang berbau pornografi. Karena blog yang berisi konten dewasa tidak akan diterima oleh Google AdSense. Jangan juga membuat konten yang berbau sara dan kebencian, dan konten terlarang lainnya, seperti : 

  • Artikel obat-obat terlarang
  • Penjualan minuman keras, rokok, ganja, narkoba dan lain sejenisnya
  • Penjualan senjata 
  • Artikel mengenai tutorial Hacking
  • DLL

7. Perbanyak Pengunjung

Banyaknya pengunjung pada blog juga akan berpeluang besar direrima Google AdSense. Untuk memperbanyak pengunjung dapat dilakukan dengan berbagai cara, anda boleh share artikel anda ke media sosial namun jangan sampai berlebihan. Usahakan perbanyak visitor organik daripada sumber dari media sosial. 

Untuk mendapatkan visitor organik anda harus mempelajari tentang SEO untuk diterapkan disetiap artikel yang anda buat, sehingga artikel anda lebih mudah ditemukan di SERP (Search Engine Result Page).

8. Rutin Membuat Artikel Terbaru

Selama peninjauan dari Google AdSense, usahakan selalu mengupdate artikel secara rutin. Menurut pengalaman saya pribadi hal ini cukup berpengaruh, mungkin Google mau melihat bagaimana aktifnya sebuah blog. 


Akhir kata, sekian penjelasan mengenai cara ahar blog diterima Google AdSense. Sebelum mendaftarkan blog ke Google AdSense usahakan blog harus benar-benar siap. Buatlah artikel yang berkualitas dan original tulisan anda sendiri (bukan hasil copas), jangan membuat artikel-artikel mengenai obat-obatan terlarang, senjata, kegiatan Hacking, dan gunakan template blog yang responsive. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
close