Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Kerja Admin Gudang? Inilah Tugas dan Tanggung Jawabnya

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Gudang, Beserta Gaji Rata-Ratanya

omiska.com - Admin gudang memiliki peran penting pada divisi logistik pada sebuah perusahaan. Admin gudang bertugas untuk mengelola gudang dengan benar, untuk mencegah adanya komplain dari pelanggan hingga menjadi kerugian bagi perusahaan. 

Admin gudang ialah seorang yang memiliki tugas memastikan stok barang selalu ada didalam gudang atau semua barang dalam keadaan Ready

Bagi anda yang berencana melamar pekerjaan sebagai Admin gudang, ada baiknya ketahui bagaimana kerja admin gudang dengan mengetahui tugas dan tanggung jawabnya sebagai berikut. 


Tugas Admin Gudang

Berikut adalah tugas-tugas admin gudang secara umum : 

1. Mencatat Masuk dan keluarnya Barang

Gudang merupakan sebuah tempat penampungan barang dari pembelian maupun hasil yang diproduksi oleh perusahaan yang akan di didistribusikan. Admin gudang memiliki tuagas dalam mencatat keluar masuknya barang supaya stoknya dapat diketahui. 

Admin gudang mencatat jumlah stok barang dalam gudang, klaim pembayaran transaksi, hingga pemesanan barang. Tujuan pencatatan barang ini supaya mempermudah pihak manajemen menganalisa penjualan dan keperluuan lainnya. 

2. Mengecek Barang Retur

Setiap barang yang didistribusikan oleh perusahaan pasti pernah mengalami kerusakan saat sampai kepada konsumen. Hal ini biasanya disebabkan karena kesalahan saat pengangkutan, misalnya karena terhimpit dengan barang lain, jatuh, atau bahkan cacat dari proses produksi. 

Konsumen yang merasa tidak puas dengan barang yang diterima, barang tersebuta akan dikembalikan ke perusahaan. Dalam hal ini admin gudang memiliki peran dalam mengecek dan mnecatat setiap barang yang di retur oleh konsumen. 

3. Membuat Surat Jalan

Admin gudang juga memilki peran dalam proses pembuatan surat jalan pengiriman barang yang telah ditandatangani oleh admin gudang dan pimpinan. Surat tersebut sebagai surat tugas untuk supir atau pihak yang mengirim barang. Biasanya surat jalan tersebut dibuat saat perusahaan akan mengirim barang dalam jumlah yang besar. 

4. Melakukan Pengecekan Stok Barang

Mengingat kegiatan digudang sangat banyak, adanya barang keluar dan masuk gundang bukan hanya sejenis. Disini admin gudang berperan untuk mengecek stok barang, mulai dari sejak masuknya barang, pembongkaran, penyimpanan hingga pendistribusian barang. 

Ini bertujuan untuk memastikan barang keluar dan masuk dalam gudang sesuai dengan transaksi yang dilakukan. 

5. Melakukan Stok Opname Dalam Gudang

Stok opname merupakan perhitungan stok fisik digudang, yang bertujuan untuk memastikan lagi bahwa stok barang dalam sistem sudah sesuai dengan stok barang didalam gudang. 

6. Mengupdate Produk

Barang-barang di gudang harus dilakukan pengecekan berkala, apalagi barang tersebut merupakan makanan atau minuman. Disini kerja admin gudang adalah mengecek dan mencatat barang-barang yang akan kadaluarsa supaya dapat segera dilakukan pengupdate-an produk didalam gudang. 


Tanggung Jawab Admin Gudang

Tak hanya sekedar memiliki tugas, admin gudang juga memiliki tanggung jawab yang harus diberikan pada perusahaan sebagai berikut : 

  • Bertanggung jawab mengenai kebersihan gudang
  • Bertanggung jawab mengenai laporan gudang
  • Bertanggung jawab dan mengawasi dalam pelaksanaan bongkar dan muat barang di gudang
  • Menandatangani surat penerimaan barang maupun surat jalan
  • Melengkapi penyimpanan barang melalui proses dan perintah pemuatan
  • Bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang tak terduga didalam gudang

Berapa Gaji Rata-Rata Admin Gudang? 

Gaji rata-rata admin gudang saat ini kisaran Rp. 3.500.000. Belum lagi adanya bonus dan tunjangan lainnya, yang dsiesuaikan oleh perusahaan. Biasanya setiap perusahaan memiliki ketetuan masing-masing dalam menentapkan tunjangan-tunjangan dan bonus yang berbeda-beda. 


Akhir kata, sekian dulu artikel yang membahas mengenai tugas dan tanggung jawab admin gudang beserta gaji rata-ratanya di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai admin gudang. Dengan begitu anda sudah mengetahui bagaimana keja admin gudang didalam perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
close