Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Tubuh Cepat Lelah

omiska.com - Lelah merupakan perasaan umum yang dirasakan oleh tubuh manusia, setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang menguras energi. Namun ketika tubuh mulai lebih cepat lelah dari biasanya, kondisi seperti ini pasti ada sesuatu yang tak beres dari tubuh. 

Karena merasa lebih mudah lelah, tentu hal ini cukup mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi anda yang bekerja dikantor, mungkin kondisi seperti ini cukup menjengkelkan dan akan membuat pekerjaan anda menumpuk. Apalagi anda juga harus bertarung dengan Mood yang tidak terkontrol, dan cenderung bawaanya ingin marah-marah. 

Tenyata, kondisi cepat lelah seperti ini penyebabnya karena anda melakukan kebiasaan buruk. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang menjadi penyebab tubuh cepat lelah? coba simak terus artikel ini. 


7 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Berikut adalah 7 kebiasaan buruk yang membuat tubuh cepat lelah : 

1. Keseringan Bermain Gadget

Gadget seperti smartphone dan laptop mungkin merupakan alat yang sangat dibutuhkan dalam keseharian, misalnya untuk melakukan panggilan, chating, hingga keperluan pekerjaan. Namun, jika anda terlalu sering menggunakan gadget ternyata hal ini dapat memicu kondisi seperti ini. Coba ingat kembali apakah akhir-akhir ini anda mulai lebih sering menggunakan gadget? mungkin seperti mulai hobi bermain game atau sosmed? 


2. Dehidrasi

Karena terlalu sibuk melakukan aktivitas, banyak orang yang malah kurang minum air putih dan akan minum saat haus saja. Dehidrasi dapat mengakibatkan memperlambat metabolisme tubuh, kebiasaan seperti ini akan mebuat anda merasa lebih cepat lelah. Jika akhir-akhir ini anda merasa lebih cepat lelah, cobalah untuk minum air putih yang cukup. Selain itu minum air putih yang cukup juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 


3. Mengabaikan Sarapan Pagi

Pagi merupakan waktu dimana manusia akan super sibuk. Karena sangking sibuknya dan takut telat untuk datang ke kantor atau kampus membuat banyak mengabaikan sarapan pagi. Tidak sarapan juga dapat memicu tubuh cepat lelah, ini dikarenakan perut kosong yang membuat anda tidak berenergi dan cenderung merasa lesu. Untuk mencegah hal ini, cobalah membiasakan sarapan pagi. Ataupun anda juga dapat minum vitamin guna meningkatkan kadar glukosa. 


4. Terlalu Banyak Tidur

Tubuh memang membutuhkan waktu untuk istirahat setelah seharian bekerja. Tidur dapat membantu menciptakan serta mengumpulkan memori, dapat memelihara sistem imun, hingga membuat anda berenergi saat bangun tidur. Namun memilih tidur lebih lama dari biasanya juga tidak baik untuk tubuh dan akan membuat tubuh merasa cepat lelah. Cobalah kurangi kebiasaan buruk ini dan membatasi tidur dengan tidur selama 6 jam atau 7,5 jam dalam sehari. 


5. Keseringan Minum Kopi

Kopi merupakan minuman akan membuat mata melek dan berenergi saat pagi hari. Namun ketika anda minum kopi akan menyebabkan dehidrasi dan dapat memeperlambat tekanan darah hingga menyusutkan pembuluh darah. Dengan begitu otomatis anda akan merasa mudah lelah.


6. Malas Beraktifitas

Malas beraktifitas ternyata juga membuat tubuh lebih mudah lelah. Walaupn malas-malasan tidak menguras energi, namun hal ini malah membuat tubuh cepat lelah karena membuat tubuh semakin berat dan cenderung merasa semakin malas. Jika anda sudah dalam kondisi seperti ini, untuk pergi keluar sebentar atau melakukan kegiatan-kegiatan yang kecil saja sudah merasa lelah karena anda membiasakan malas-malasan. 

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang berguna, seperti olahraga, mengrurus tanaman, atau kegiatan bermanfaat lainnya. 

7. Kurang Atau Tidak Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Mikronutrien adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, nutrisi yang semuanya terkandung dalam sayuran hijau. Jika anda mengalami kondisi lebih mudah lelah, cobalah untuk membiasakan konsumsi sayuran hijau dan lihat perubahannya. 



Akhir kata, itulah beberapa kebiasaan buruk yang membuat tubuh cepat lelah. Jadi sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk diatas, dan cobalah untuk hidup sehat seperti kurangi malas-malasan, minum air putih yang cukup, dan tidur yang cukup selama 6 hingga 7,5 jam sehari. Selain itu kamu juga harus membiasakan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, dan kurangi kebiasaan keseringan minum kopi karena akan mebuat anda cepat dehidrasi dan mudah lelah.