Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Sales Force, Tugas dan Manfaatnya Dalam Perusahaan

Apa Itu Sales Force, Tugas dan Manfaatnya Dalam Perusahaan

omiska.com - Sales Force merupakan sebuah komponen penting di bidang penjualan dalam suatu perusahaan. Tak heran Sales Force memiliki peran penting dan manfaat yang begitu besar dalam penjualan produk atau layanan demi menunjang kelancaran dan kelangsungan bisnis perusahaan.


Sales Force Artinya Apa? 

Sales Force adalah sebuah sekelompok karyawan di perusahaan yang bertanggung jawab dalam penjualan produk atau layanan kepada pelanggan. 

Selain memiliki tanggung jawab dalam bidang penjualan, Sales Force juga memiliki peran dalam menjaga seluruh komponen penting dalam penjualan. Misalnya seperti menjaga hubungan dengan pelanggan, mengatur dan mengomunikasikan strategi penjualan, serta mengumpulkan feedback dari para pelanggan. 

Sales Force juga menggunakan teknologi demi dapat meningkatkan angka penjualan produk atau layanan.Maka dari itu, Sales Force harus memiliki wawasan yang berkaitan dengan produk maupun layanan, tentang bisnis, hingga pelanggan. 


Tugas / Pekerjaan Sales Force 

Adapun tugas dan tanggung jawab Sales Force adalah sebagai berikut : 

1. Melakukan Penjualan

Sales Force harus dapat melakukan penjualan produk atau layanan perusahaan kepada para pelanggan. Selain itu Sales Force juga harus memastikan produk yang dijual sampai kepada pelanggan. 


2. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pelanggan sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis perusahaan. Tanpa adanya pelanggan dan rasa loyalitasnya ke perusahaan hal ini dapat merimbas negatif dalam bisnis. Maka dari itulah, Sales Force harus dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. 


3. Memenuhi Target KPI

Biasanya bisnis mengukur pencapaian target atau goals dengan menggunakan KPI Sales. Ini tidak hanya berorientasi dalam pendapatan saja, juga berorientasi pada kinerja tim penjualan. Maka dari itu Sales Force harus dapat memenuhi target KPI supaya bisnis lebih mudah mengukur kinerja. 



Manfaat Sales Force Dalam Perusahaan

Sales Force bermanfaat untuk membantu pertumbuhan bisnis perusahaan,  yaitu : 

1. Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menjaga hubungan baik dari tim sales ke pelanggan, hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan. Dalam menjaga hubungan baik ke pelanggan, tim sales dapat memberikan keuntungan seperti memberikan diskon maupun poin disetiap pelanggan membeli produk atau menggunakan jasa. 

2. Mendorong Brand Awareness

Pelanggan baru tentu akan mempelajari produk maupun jasa dari perusahaan. Salah satu channel maupun media yang cukup efektif untuk memulai Promotion Campaign adalah dengan cara mengandalkan media sosial maupun website. Dengan begitu tim sales dapat memberikan informasi yang relevan dan dapat lebih mudah terhubung dengan calon pelanggan yang potensial. 

Selain itu juga dapat menggunakan teknologi pendukung CRM. Misalnya seperti WhatsApp dengan fitur pesan yang berupa sebuah pesan template yang dapat memabantu memberikan informasi umum kepada pelanggan. 

3. Wadah Layanan Untuk Pelanggan

Sales Force memiliki fungsi utama untuk membangun hubungan baik dengan para pelanggan. Misalnya dengan cara memberikan pelayanan dengan baik juga termasuk dari upaya meningkatkan penjualan.

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, tim sales dapat mengambil hati dan juga menjaga image perusahaan yang secara otomatis akan terbentuknya rasa loyalitas pelanggan kepada perusahaan. 


4. Meningkatkan Omset Perusahaan

Jika tim sales dapat menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, maka hal ini akan berpotensi meningkatkan pendapatan bisnis perusahaan. Tim sales juga dapat menjaring dan memperluas pangsa pasar, dimana pangsa pasar yang luas juga dapat meningkatkan omset bisnis perusahaan. 



Akhir kata, itulah penjelasan mengenai Sales Force, tugas dan manfaatnya bagi perusahaan. Jadi Sales Force memiliki peran penting dalam perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Sales Force juga memiliki tugas membangun hubungan baik dengan para pelanggan, untuk membangun loyalitas pelanggan kepada perusahaan. 
close