Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Halus dan Sopan Jangan Asal Asalan Ya..

Cara Menolak Tawaran Kerja Dengan Baik dan Sopan


omiska.com - Mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang paling diinginkan oleh kebanyakan orang, khususnya para Freshgraduate. Namun bagaimana jika mendapatkan pekerjaan disuatu perusahaan, sayangnya posisi yang ditawarkan sangat bertolak belakang dengan jurusan studi selama ini. 

Mungkin beberapa orang tidak terlalu mempermasalahkannya, karena mereka memiliki kepribadian yang suka mencari hal-hal baru. Tak sedikit pula yang enggan untuk bekerja yang tidak sesuai bidangnya dan akhirnya menolak pekerjaan tersebut. 

Contoh cerita : A merupakan seorang Freshgraduate lulusan sarjana Teknik Mesin yang sedang menggebu-gebu untuk mencari pekerjaan. Ia mengirimkan lamaran pekerjan ke banyak perusahaan yang relevan dengan jurusannya. Sekian lama ia berusaha, akhirnya membuahkan hasil. Ia mendapatkan email dari 4 perusahaan. 

Tentunya setiap orang akan memilih seusatu yang terbaik, dalam hal ini A harus memilih salah satu dari 4 perusahaan yang memintanya untuk segera mengikuti tes seleksi. Setelah mengikuti tes, A hanya lolos tes seleksi di 2 perusahaan saja. 

Ia mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pekerjaan yang akan dihadapi nantinya. Perusahaan A menawarkan pekerjaan di posisi Drafter dengan gaji Rp. 6.500.000/bulan, sedangkan perusahaan B menawarkan posisi Operator produksi dengan gaji Rp. 4.000.000/bulan. 

A mendalami keahlian gambar teknik dan tentu ia akan memilih perusahaan A karena menawarkan posisi kerja sebagai Drafter yang sesuai dengan bidangnya. Dalam situasi seperti ini, A terpaksa harus menolak pekerjaan dari perusahaan B. 


Info lowongan kerja terbaru Klik Disini


Bagaimana cara menolak tawaran pekerjaan secara halus dan sopan? 

Untuk menolak tawaran pekerjaan bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan, dalam hal ini anda harus memberikan bahasa yang baik dan sopan dan memberikan alasan yang tepat sehingga anda terlihat lebih profesional dan tidak menyinggung. 

Setelah wawancara akhir, pastinya anda telah mendapat gambaran bagaimana anda bekerja di perushaaan. Misalnya gambaran mengenai posisi kerja, gaji, fasilitas, hingga penempatan disuatu wilayah. 

Jika HRD akan memberikan waktu untuk pertimbangkan kembali mengenai tawaran perkerjaannya. Misalnya HRD memberikan waktu selama 3 hari untuk memberikan jawaban, usahakan anda memberikan jawaban dalam 3 hari yang diberikan. 

Dalam situasi-situasi tertentu, jika HRD meminta anda memberikan jawaban saat pertemuan berlangsung, anda dapat meminta waktu ke HRD untuk mempertimbangkannya kembali. Anda dapat menyampaikan ke HRD untuk memberikan waktu selama 2 hari untuk mempertimbangkan. Jangan sampai mengecewakan karena mengingkari janji yang anda buat , pastikan anda memberikan jawaban sesuai dengan waktu yang anda janjikan sebelumnya. Ini akan menunjukan anda terlihat profesional dan tidak main-main. 

Mengirimkan pesan melalui email mengenai penolakan pekerjaan


  • Step 1 : Terima kasih

Beirkan kata-kata terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk peluang maupun penawaran kerja yang diberikan oleh perushaaan. Misalnya seperti : 

Saya berterima kasih karna telah diberikan peluang dan tawaran posisi/jabatan yang diberikan oleh perusahaan untuk saya melaui wawancara yang diadakan 3 hari yang lalu. Saya juga berterima kasih atas waktu yang diberikan oleh perusahaan untuk mempertimbangkan kembali bekerja di perusahaan ini. 


  • Step 2 : Berikan alasan yang logis dan jelas

Untuk menolak penawaran pekerjaan, anda juga harus memberikan alasan penolakan yang logis dan jelas. Anda tak perlu menceritakan apa alasan anda menolak bekerja di perusahaan, contohnya seperti : 


Saya telah menggunakan waktu selama 3 hari untuk mempertimbangkan dengan matang, sekali lagi saya berterima kasih atas peluang pekerjaan yang diberikan. Namun saya memohon maaf dikarenakan saya tidak dapat memenuhi panggilan kerja di perusahaan karena posisi tidak sesiak dengan bidang/keahlian saya. 

Atau bisa juga 

Mengenai tawaran pekerjaan yang diberikan kepada saya, saya telah mempertimbangkan dengan sematang-matangnya. Mohon maaf karena saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain dengan posisi yang sesuai dengan bidang/keahlian saya. Sekali lagi saya memohon maaf, dan terima kasih atas kesempatan untuk mengikuti sesi wawancara beberapa hari yang lalu.


Akhir kata, itulah cara menolak tawaran pekerjaan dengan halus dan sopan dan tampak lebih profesional. Untuk menolak pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan atau keahlian anda, anda dapat meminta waktu beberapa hari untuk mempertimbangkan kembali. Anda dapat mengirimkan email ke perusahaan mengenai penolakan sesuai waktu yang dijanjikan. 

Dalam penulisan email penolakan pekerjaan sebaiknya mengucapkan terima kasih, dan beirikan alasan yang logis dan jelas. Jangan memberikan email yang berkonotasi menjatuhkan perusahaan, karena anda melihat perusahaan itu tidak memiliki potensi untuk karir anda kedepannya. Ini sifat yang buruk dan mencerimkan anda tidak memiliki etika dan tidak profesional.