Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu NFT? Begini Penjelasan, Cara Jual dan Beli NFT di Marketplace

Apa Itu NFT? Simak Penjelasan Berikut Ini

omiska.com - Beberapa waktu ini warganet di hebohkan dengan munculnya NFT, yang merupakan salah satu aset investasi yang cukup menarik perhatian masyarakat. 

Apa itu NFT? 

Menurut Forbes, Non Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti musik, seni, video dan item didalam game. NFT dapat dijual belikan secara online dan sering kali transaksinya menggunakan mata uang kripto. 

NFT mulai muncul sejak tahun 2014 silam, dan baru-baru ini menjadi terkenal karena menjadi cara yang sangat populer untuk menjual belikan karya seni digital. Biasanya NFT ini muncul dengan format digital, seperti JPEG, GIF, PNG, dan format digital lainnya. 


Bagaimana Cara Kerja NFT? 

Cara kerja NFT sendiri sama halnya kita melakukan transaksi pada umumnya, transaksi NFT dapat dilakukan di platform digital atau disebut marketplace yang tersedia. NFT biasanya dapat ditransaksikan dengan mata uang kripto Ethereum (ETH) dan Dollar. 

NFT dijual dengan berbagai bentuk karya seni, gambar, gambar bergerak (GIF), potongan video, musik, dan item pada video game bahkan yang sempat heboh adalah sebuah Tweet pertama yang dijual oleh pendiri Twitter Jack Dorsey dengan harga yang fantastis yaitu sebesar USD 2,9 juta yang jika dikonversikan ke rupiah Rp. 41,3 Miliar. 


Cara Membeli NFT

NFT biasnaya dijual di beberapa marketplace, seperti Opensea, Mintable, Rarible, Nifty Gateway dan ada pula pasar yang spesifik seperti NBA Top Shot. Pada umumnya, cara membeli NFT hampir sama disemua platform yang membedakannya adalah perbedaan-perbedaan kecil dalam detailnya. 

  • Sebelum membeli NFT, kamu harus membuat  Wallet Crypto seperti TrustWallet, MetaMaks, dan lain sebagainya.
  • Pastikan Wallet Crypto kamu terisi dan cukup untuk membeli NFT
  • Buka marketplace misalnya seperti Opensea yang cukup populer
  • Kemudian kamu dapat mencari koleksi NFT yang akan kamu beli
  • Kamu dapat membeli NFT dengan sistem Fixed Price maupun lelang
  • Setelah itu ikuti tahap-tahap selanjutnya hingga kamu selesai membayar untuk memiliki NFT keinginanmu

Apa Itu NFT? Simak Penjelasan Berikut Ini
Selain itu, di Opensea kamu juga dapat mengajukan penawaran dengan mengklik "Make an Offer" jika sekiranya harga NFT tersebut terlalu mahal sehingga kamu dapat membelinya dengan harga yang lebih murah.

Cara Menjual NFT

Bagi kamu yang penasaran pastinya ingin mencoba membuat karya NFT dan akan dijual di marketplace. Setiap marketplace memiliki proses yang bervariasi, sederhananya disini untuk menjual NFT penjual harus mengunggah konten NFT mereka dan mengikuti segala petunjuk hingga selesai dan siap untuk dijual ke publik. 

Penjual dapat membuat deskripsi yang spesifik mengenai konten yang diunggah serta mencantumkan harganya. Sederhananya, proses penjualan NFT ini tidak jauh berbeda dengan proses penjualan-penjualan barang-barang di marketplace pada umumnya. 

Sebagian besar NFT ditransaksikan menggunakan Ethereum (ETH), dan juga dapat dengan token ERC-20 lainnya seperti Wax dan Flow. 

close