Beli Saham Luar Ngeri Ternyata Gak Mahal, 4 Tempat Membeli Saham Luar Negeri Paling Murah


omiska.com - Seperti yang diketahui, teknologi semakin berkembang dan bebragai inovasi telah lahir, seperti internet, mobil listrik, ponsel pintar, media sosial dan banyak lagi. Pernah gak tertarik untuk membeli perusahaan luar negeri seperti Google, Netflix, Tesla, Facebook, Twitter dan lain sebagainya? 

Dengan melihat perusahaan-perusahaan tersebut yang sangat mendunia dan besar, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki saham luar negeri dengan harapan dapat "kecipratan" untung dari perusahaan-perusahaan raksasa tersebut. 

Jika anda tertarik dan berencana membeli saham luar negeri dengan modal investasi yang lebih murah, beberapa tempat membeli saham luar negeri berikut ini mungkin adalah jawabannya. 


1. Gotrade

Gotrade merupakan perusahaan yang memiliki lisensi atau izin dari lembaga pengatur dan pengawas dari Malaysia, jika di Indonesia disebut OJK. Gotrade bukanlah sebuah sekuritas, melainkan mereka menawarkan jasa transaksi jual dan beli instumen investasi di Amerika.

Di Gotrade, anda dapat membeli saham luar negeri dengan minimal deposit $10 saja. Tidak seperti saham-saham yang kita beli di sekuritas Indonesia yang mengharuskan investor untuk membeli minimal 1 lot saham, di Gotrade anda dapat membeli saham mulai dari $1 atau sekitar Rp. 14 ribuan. 

Untuk melakukan desposit dan penarikan dana, anda dapat menggunakan bank lokal melalui Virtual Account BRI, BNI, Mandiri tanpa fee. Selain menggunakan bank lokal, anda juga dapat melakukan transaksi melalui E-Wallet seperti Dana dan Go Pay, namun dikenakan fee sebesar 3%. 

Untuk menjual beli saham tidak dikenakan biaya alias gratis, namun sayangnya biaya fee pada saat melakukan Withdraw cukup besar yaitu $12. 


2. eToro

eToro merupakan sekuritas yang berdirinya cukup lama, yang mulai berdiri pada tahun 2007 lalu. eToro perusahaan asal inggris ini memiliki sekitar 17 juta lebih dari 100 negara. Disini anda dapat membeli saham  luar negeri, dan tak hanya itu saja disini juga tersedia forex, ETF, kripto, dan lain sebagainya. 

Untuk memulai membeli saham luar negeri di eToro, anda dapat melakukan deposit minimal $ 200 atau sekitar 2,8 juta. Untuk kegiatan jual beli di eToro tidak dikenakan fee alias gratis, namun dikenakan biaya short selling sebesar 0,18% dari nilai transaksinya. Untuk melakukan withdraw, akan dikenakan fee sebesar $5


3. Zipmex

Zipmex merupakan perusahaan teknologi yang bergerak pada bidang bursa aset digital. Zipmex banyak dikenal orang adalah bursa kripto, namun sebenarnya disini juga para investor dapat membeli token saham luar negeri.

Token saham luar negeri yang tersedia di Zipmex yang tersedia seperti Alibaba, Amazon, Apple, Google, Facebook, Netflix, Paypal, Tesla,. Twitter, Zoom dan Airbnb. Setiap saham memiliki jumlah pembelian minimum yang berbeda-beda. Untuk melihat berapa jumlah minimum trading di Zipmex sebesar 0.00001 atau untuk lebih jelasnya anda dapat melihat tabel di Link ini

Minimum Withdraw adalah sebesar Rp. 100.000 dengan dengan biaya penarikan (fee) sebesar Rp. 5000 dengan syarat saldo anda tidak kurang dari Rp.100.000. 


4. Pluang

Di Pluang anda dapat berinvestasi emas, kripto dan juga index saham US. Di pluang anda dapat memilih 2 pilihan index yang menampung banyak perusahaan besar, Index S&P 500 dan Index NASDAQ 100. 

S&P 500 yang berisi 500 saham terbesar di US, sedangkan NASDAQ 100 merupakan 100 saham terbesar non-finansial di US, biasanya berisi saham teknologi dan kesehatan. Kedua index saham terbesar amerika ini hingga saat ini hanya bisa dibeli di Pluang. 

Untuk membeli satu index saham S&P 500, anda harus mengeluarkan modal investasi sebesar $47,12 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 679.000. Namun anda dapat membeli index saham S&P 500 mulai dari $4.72 atau setara dengan Rp. 68.000. 

Harga satu index saham NASDAQ 100 adalah $160,73 atau setara dengan Rp. 2.3 juta. Anda dapat membeli index saham NASDAQ 100 mulai dari $16.3 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 234.000. 


Akhir kata, itulah 4 tempat membeli saham luar negeri yang cocok buat pemula. Sebenarnya ada beberapa tempat membeli saham luar negeri, seperti Saxo Bank, TradeStation, Interactive Brokers yang mengharuskan anda melakukan deposit dana yang lebih besar dari puluhan hingga ratusan juta. 

Di 4 tempat yang telah kita sebutkan diatas, selain membeli satu lembar sahamnya anda juga dapat membeli sebagian lembar saham yang harganya lebih murah. Selain membeli saham, anda juga dapat membeli index saham yang terdapat banyak saham pilihan terbesar di Amerika seperti S&P 500 dan NASDAQ 100.