Legal Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Legal Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

omiska.com - Hampir setiap perusahaan memiliki karyawan sebagai Legal Officer. Legal Officer biasanya ditempati oleh karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan hukum. Nah, jika anda berniat atau berencana untuk mendudukii profesi ini di perusahaan, ada baiknya ketahui dulu bagaimana peran Legal Officer dalam perusahaan meliputi pengertian, tugas, dan tanggung jawabnya. 


Pengertian Legal Officer

Legal Officer memiliki peran penting dalam perusahaan untuk menangani legalitas perusahaan, dan juga menangani permasalahan hukum perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Selain itu Legal Officer juga bertugas untuk menjaga perusahaan atau organisasi agar terhindar dari permasalahan hukum. 

Biasanya Legal Officer ada disetiap perusahaan swasta, agensi, dan juga berbagai jenis perusahaan lainnya untuk mengatur izin dan legalitas perusahaan sehingga perusahaan dapat terus beroperasi. 


Tugas Legal Officer


Adapun tugas-tugas Legal Officer sebagai berikut : 

1. Mengelola Dokumen Legal Perusahaan

Tanggung jawab Legal Officer pertama adalah, mengelola semua dokumen legal yang dimiliki oleh perusahaan. Legal Officer akan menulis, meninjau ulang dokumen, sertifikat, saham, kerjasama, dan lain sebagainya. 

2. Melakukan Riset

Karena sewaktu-waktu regulasi mengalami perubahan, maka dari itu Legal Officer meneliti dan meninjuau sumber daya hukum, baik itu dari artikel, keputusan pengadilan, dan undang-undang. Dengan begitu otomatis Legal Officer akan membawa perusahaan mengikuti perkembangan regulasi, dan dampak positifnya segala permasalahan hukum perusahaan dapat ditangani dengan baik. 

3. Mewakili Perusahaan

Legal Officer juga berperan sebagai perwakilan perushaan, atas dasar surat kuasa dari direksi yang tujuannya untuk perbuatan hukum diluar pengadilan. Misalnya pendamping untuk perkara pidana ataupun perdata. 

4. Mengidentifikasi Resiko

Sebagai upaya antisipasi timbulnya masalah yang besar, maka permasalahan hukum harus segera dihentikan sejak awal. Maka dari itu Legal Officer harus dapat mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang kemungkinan akan timbul, kemudian menentukan tindakan mapupun keputusan yang tepat supaya perusahaan dapat terhindar atau meminmalisir resiko. 

5. Memberikan Masukan/Nasehat Hukum

Legal Officer akan memberikan masukan/nasehat kepada direksi perusahaan, untuk menyesuaikan kebijakan perusahaan dengan aturan perundang-undangan yang berlaku yang berdasarkan dari hasil analisis sebelumnya. 


Tanggung Jawab Legal Officer

Pada dasarnya Legal Officer memiliki tanggung jawab dari segala aspek yang berhubungan dengan hukun dalam perusahaan. Misalnya seperti hal-hal yang terkait dengan legalitas perusahaan, memiliki peran penting dalam menangani sengketa, dan menangani segala perizinan yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. 


Akhir kata, sekian artikel ini mengenai pengertian Legal Officer, beserta tugas dan tanggung jawabnya. Legal Officer memiliki peran yang sangat penting dan memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup menantang dalam menangani segala permasalahan hukum dalam perusahaan. Maka dari itu banyak perusahaan yang membutuhkan Legal Officer, untuk dapat mencegah potensi resiko hingga menangani segala permasalahan yang terkait dengan hukum dan legalitas. 

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan, khususnya dalam memahami bagaimana peran Legal Officer dalam perusahaan.