Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Wawancara Beasiswa Supaya Berhasil Lolos

Tips Wawancara Beasiswa Supaya Berhasil Lolos

omiska.com - Setelah melakukan berbagai sesi tes beasiswa, tahapan selanjutnya adalah peserta calon penerima beasiswa harus berhadapan pada sesi yang tak jauh menegangkan yaitu wawancara beasiswa. Biasanya wawancara ini adalah tahapan terakhir dalam memperoleh beasiswa. 

Dalam melakukan wawancara, peserta calon penerima beasiswa harus dapat menguasai teknik komunikasi baik verbal maupun non-verbal. 

Nah maka dari itu supaya dapat lolos wawancara dengan baik, ada baiknya kamu mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum hari H. Simak terus beberapa tips wawancara beasiswa supaya berhasil lolos berikut ini. 


1. Mencari Tahu Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa

Persiapan pertama adalah, kamu harus ketahui dulu pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan saat sesi wawancara beasiswa. Dengan mengetahui kisi-kisi pertanyaan umumnya, kamu dapat mempersiapkan jawaban sendiri dan akan mudah menjawabnya saat wawancara berlangsung nantinya.

Kebanyakan peserta beasiswa menyepelekan hal ini, dan mengalami kesulitan saat wawancara berlangsung. Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat wawancara beasiswa : 

  1. Coba ceritakan mengenai diri kamu
  2. Apa kelebihan dan kekuranganmu?
  3. Apa saja kegiatan kamu selain belajar?
  4. Apa alasan / motivasi kamu tertarik untuk mendapatkan beasiswa?
  5. Apa rencana kamu beberapa tahun kedepan?
  6. Bagaimana seandainya kamu gagal mendapatkan beasiswa? 
Itulah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan saata wawancara beasiswa, namun perlu diketahui setiap lembaga yang akan memberikan program beasiswa ini memiliki standar pertanyaan yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu juga harus dapat mempersiapkan diri kamu saat diberikan pertanyaan yang lain. Saya yakin kamu pasti tau apa yang harus kamu lakukan sekarang. 

2. Menguasai Isi Dokumen Pribadi Yang Kamu Berikan

Mengetahui beberapa pertanyaan umum juga tidak cukup, selain itu yang perlu kamu persiapkan selanjutnya adalah menguasai apapun yang berkiatan dengan dokumen yang kamu berikan. Dokumen biasanya terdapat Curiculum Vitae, kamu dapat mempesiapkan diri sekiranya pewawancara memberikan pertanyaan dari CV kamu. 

Misalnya pewawancara menanyakan mengenai keikutsertaanmu pada organisasi yang kamu cantumkan pada CV, kamu dapat mejelaskannya bagaimana peranmu dalam organisasi itu dan pengalaman besar apa yang kamu dpaatkan selama mengkuti organisasi. 

Tak hanya itu, kamu juga akan diberikan pertanyaan seputar CV yang kamu berikan. Maka dari itulah pentingnya memahami isi berkas yang kamu berikan sehingga kamu tidak kebingungan saat wawancara nantinya. 

3. Mengenakan Pakaian Yang Rapi

Ketika akan mengikuti sesi wawancara, kenakanlah pakaian yang rapi. Hindari mengenakan pakaian seperti celana jeans, rok pendek, menggunakan aksesoris yang berlebihan karena itu terlihat kurang sopan. Sering dinilai sepele padahal bagaimana cara kamu berpakaian juga dapat menjadi penilaian loh!

Selain menilai dari skill dan kemampuan kamu secara akademis dan cara penyampaianmu,  pewawancara juga menilai dari bagaimana kamu berpakaian karena ini akan menunjukan bagaimana karakter kamu. 

4. Lakukan Latihan / Simulasi Wawancara

Untuk mengurasi rasa gugup dan canggung saat melakukan wawancara, ada baiknya kamu latihan atau melakukan simulasi wawancara beasiswa dengan orang terdekat kamu. Dengan latihan ini kamu dapat mengetahui cara bersikap yang benar, membiasakan bahasa tubuh untuk mengurangi ketegangan, dan sekaligus memahami dan mengingat mengenai pertanyaan-pertanyaan umum sehingga kamu akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara berlangsung. 

5. Mempersiapkan Pertanyaan

Biasanya, setiap sesi wawancara pewawancara akan memberikan kalimat " Apakah ada pertanyaan?". Itu berarti pewawancara memberikan kesempatan peserta untuk bertanya mengenai program beasiswa ini. Disaat itu pewawancara akan menilai apakah kamu ikut aktif berdikusi saat wawancara atau tidak. 

Akhir kata, itulah beberapa tips wawancara beasiswa yang dapat kamu kamu persiapkan sebelum wawancara berlangsung. Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat memberikanmu kisi-kisi atau bayangan sebelum mengikuti sesi wawancara. Jangan lupa pula berdoa, dan minta restu kepada orangtua untuk dapat lolos dalam sesi wawancara ini. 

close