Account Officer : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

 

Account Officer : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab

omiska.com - Ketika kamu sedang mencari lowongan pekerjaan, pasti kamu pernah atau sering mendapati posisi yang diminta sebagai Account Officer. Biasanya jabatan Account Officer ini ada pada perusahaan keuangan, seperti bank, leasing, koperasi, dan lain sebagainya. 

Nama lain Account Officer (AO) adalah Acoount Executive (AE). Walaupun namanya agak berbeda, namun tugas dan tanggung jawabnya sama. 

Nah, bagi kamu yang tertarik bekerja pada perusahaan keuangan sebagai Account Officer, maka ada baiknay ketahui dulu pengertian Account Officer, beserta tugas dan tanggung jawabnya. 


Apa Itu Account Officer?

Account Officer jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah petugas akun. Jadi Account Officer adalah seseorang yang bertugas untuk mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan klien. 


Tugas dan Tanggung JawabAccount Officer

Account Officer memiliki tugas dan tanggung jawab, antara lain : 

1. Mencari Calon Klien

Tugas pertama sebagai Account Officer adalah mencari klien atau nasabah baru. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menebar brosur promosi, mempromosikan melalui media sosial dan lain sebagainya. 

2. Menganalisis Kelayakan Nasabah

Account Officer diberi tugas untuk menganalisis kelayakan nasabah, hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana status dilingkungan, histori utang, hingga data-data pendukung relevan lainnya. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan nasabah yang diberi pelayanan tidak susah untuk melakukan pembayaran. Untuk itu dalam menganalisis nasabah ini diperlukan ketelitian dan tidak dilakukan sembarangan, dan ketika nasabah yang bersangkutan susah untuk melakukan pembayaran hingga menunggak, ini akan mempengaruhi karir diperusahaan sebagai AO. 

3. Memperkenalkan Produk Pada Klien

Salah satu tugas Account Officer adalah memperkenalkan produk perusahaan, dengan jelas dan detail pada klien. Untuk ini disini sangat penting AO dapat memahami produk secara mendalam, dan memastikan klien memahami penyampaiannya. 

Produk yang diperkenalkan kepada klien masih berhubungan dengan keuangan. Contohnya seperti produk deposito, kredit, KPR dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan perbankan. 

4. Melakukan Follow Up

Tugas berikutnya adalah melakukan Follow Up pada customer, untuk memastikan lagi bagaimana keputusannya atas penawaran layanan atau produk yang telah dibicarakan sebelumnya. 

Account Officer juga berperan penting menjadi penghubung dengan customer atau nasabah, maka dari itu AO harus dapat tetap terhubung dengan customer dan dapat menjalin hubungan baik. Untuk menjalin hubungan baik dapat melalui komunikasi melalui telepon, sosial media, atau bertemu langsung walau hanya menanyakan kabar. 

Hal ini dilakukan supaya customer merasa cocok dengan layanan yang diberikan, dan memungkinkan akan merekomendasi kepada kerabatnya. 


5. Membuat Laporan

Setiap minggunya AO diharuskan untuk membuat laporan kerja dan laporan hasil analisa data-data nasabah, dan membuat laporan bulanan yang ringkas yang dapat dipahami oleh atasan. 



Tanggung Jawab Account Officer

  • Dapat memperkenalkan produk perusahaan dengan baik
  • Dapat memastikan klien mampu memahami mengenai produk yang dipilih
  • Memastikan hubungan baik dengan klien, walaupun klien belum tertarik dengan produk yang ditawarkan
  • Mampu memberikan solusi yang tepat disetiap masalah yang berkaitan dengan account di perusahaan
  • Dapat menjaga integritas maupun nama baik perusahaan


Akhir kata, itulah pengertian, tugas dan tanggung jawab Account Officer di perusahaan-perusahaan keuangan. Dengan membaca artikel ini semoga kamu dapat memahami bagaimana peran seorang Account Officer di perusahaan, seperti apa aja tugas dan tanggung jawabnya.