Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Jitu Folow Up Customer Agar Cepat Closing

Tips Jitu Folow Up Customer Agar Cepat Closing

omiska.com - Tips Jitu Folow Up Customer Agar Cepat Closing  - Jika anda adalah seorang pelaku marketing, pasti sudah sering mendapatkan janji-janji palsu atau PHP dari Customer. Hal ini sudah biasa didalam dunia marketing, dan sangat lumrah terjadi. Jadi artinya ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikeluhkan. 

Dari pada mengeluh dengan hal tersebut, maka ada baiknya anda mencoba strategi yang lain guna untuk meningkatkan minat customer. Salah satu caranya adalah dengan melakukan Follow Up pada customer supaya cepat closing. 


Apa itu Follow Up?

Follow Up adalah tindak lanjut yang dilakukan oleh seorang pebisnis atau marketing, setelah memperkenalkan produk maupun layanan jasa kepada customer. Follow Up bertujuan untuk memancing respon atau ketertarikan customer terhadap produk atau layanan jasa yang ditawarkan. 


Tips Jitu Follow Up Customer 

Untuk melakukan Follow Up, tentu ada strategi yang jitu supaya produk atau layanan jasa disukai oleh customer dan berpeluang closing lebih cepat. 


1. Menentukan Waktu Yang Tepat Untuk Follow Up

Untuk melakukan Follow Up, tentu sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat supaya komunikasi antara anda dan customer lancar. Misalnya, anda dapat melakukan Follow Up melalui telepon saat jam istirahat atau saat senggang di kantor. 

Anda dapat menghubungi customer pada pagi hari diantara pukul 08.00 - 10.00, siang hari pada pada pukul 12.00 - 13.30, sore hari diantara pukul 17.00 - 18.00 dan memang mengharuskan anda untuk menghubungi customer pada malam hari, jam yang tepat adalah antara pukul 20.00 - 21.00. 


2. Memberikan Penawaran Terbaik

Banyak orang yang menginginkan diskon atau potongan harga, dengan menawarkan promo yang menarik maka hal ini berpeluang untuk dapat menarik minat customer. Selain memberikan promo yang menarik, anda juga dapat menawarkan produk sesuai keinginan customer. 

Misalnya, customer memberikan alasan tidak berminat membeli produk karena harganya kemahalan, maka anda dapat menawarkan produk yang harganya lebih terjangkau. Dalam hal ini anda harus mengetahui dulu produk yang bagaimana yang diinginkan customer, caranya dengan menanyakan langsung. Jika anda dapat menawarkan produk yang tepat, maka berpeluang besar meningkatkan minat customer.  

3. Menanyakan Pertimbangan

Sebagai pelaku marketing atau penjual produk, tentu anda juga butuh kepastian. Namun disini jangan pernah berharap kepastian yang akurat, dan bisa saja ketika customer mengatakan akan membeli produk di hari esok, hal itu belum tentu terjadi. 

Namun disini, anda dapat mencari tahu kisi-kisi jawaban pertimbangan dari customer, apakah tertarik dan akan membeli  produk anda atau malah sebaliknya. Anda dapat menanyakan seperti ini :

"Halo pak, apakah bapak masih bingung dengan poduk kami? jika bapak ada pertanyaan, tanyakan saja ya pak mungkin ada yang bisa kami bantu"

Jika customer memberikan pertanyaan, maka disini anda harus bisa menjawabnya. Inilah pentingnya anda mengenal produk yang anda tawarkan, dengan begitu anda dapat menjawab pertanyaan atau dapat mendiskusikan mengenai produk. 

4. Jangan Memaksa Untuk Segera Memberi Jawaban

Terkadang saat kita mengetahui customer tertarik dengan produk kita, maka ini akan mebuat kita lebih bersemangat dan juga memiliki ego yang tinggi. Dengan begitu kita akan terus menghubungi  customer untuk meminta jawaban kapan akan membeli produk.

Karena terkesan memaksa seperti ini, alih-alin akan membeli produk minat customer malah memudar karena merasa tidak nyaman. Berikan waktu customer untuk berfikir, mempertimbangkan kembaliu, atau mungkin sedang menyiapkan uang untuk membeli produk anda. 


Baca juga : Beberapa Teknik Closing Penjualan Yang Efektif Dijamin Work!


Itulah beberapa tips jitu Follow Up customer supaya cepat closing. Jadi kesimpulannya, saat melakukan Follow Up anda dapat menghubungi customer pada jam-jam seperti yang telah kita bahas di point pertama. Lakukan berbagai penawaran menarik, kenali produk dengan baik, ketahui keinginan customer, dan berikan juga waktu customer untuk mempertimbangkan sebelum memberikan kepastian.  

close