Pengertian Right Issue Dalam Saham, Ketahui Untung dan Rugi Untuk Investor

Pengertian Right Issue Dalam Saham

omiska.com -  Mungkin anda sering mendengar istilah Right Issue saham dalam dunia investasi. Istilah lain Right Issue adalah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau disingkat HMETD. Lalu apa pengertian Right Issue saham? 


Pengertian Right Issue

Pengertian Right Issue adalah penawaran umum terbatas untuk saham. Right Issue memberikan hak khusus kepada investor atau pemegang saham (lama) untuk membeli saham baru yang sudah dirilis oleh perusahaan. 

Jadi para investor diberikan kesempatan membeli saham baru yang dirilis oleh perusahaan lebih cepat. Selain itu, keuntungan lainnya yang didapat adalah biasanya saham yang ditawarkan juga lebih murah dari harga perdagangan saham di pasar. 

Jika invsetor lama tidak mengambil hak ini, maka saham baru dari perusahaan dapat dibeli oleh investor yang baru (Standby Buyer).

Perusahaan mengeluarkan Right Issue bertujuan untuk mendapatkan tambahan modal. Biasanya ini dikarenakan saat perusahaan membutuhkan dana, untuk memenuhi kebutuhan masalah finansial atau mendukung rencana mengembangkan perusahaan.


Cara Kerja Right Issue

Misalnya, Maria memiliki perusahaan A sebanyak 6 lembar yang harganya Rp. 3.000. Lalu perusahaan membutuhkan modal sebanyak Rp. 1.000.000 dan akan merilis 1.000 lembar saham. Perlembarnya di hagai Rp. 1.000 (1.000.000 / 1.000). Dikatakan rasio Right Issue ini adalah 6:4, ini artinya setiap 6 lembar saham lama akan mendapatkan hak 4 saham baru dengan harga Rp. 1.000, dalam artian mendapatkan diskon sebanyak 66% dari harga saham lama. 


Keuntungan dan Kerugian Right Issue Untuk Investor

Keuntungan Right Issue yang dirasakan investor adalah, memiliki kesempatan untuk membeli tambahan saham yang baru yang harganya lebih murah. Namun hal ini juga membnutuhkan pertimbangan, apakah saham baru yang ditawarkan perusahaan layak untuk dibeli atau malah tidak. 

Selain keuntungan, Right Issue juga akan memberikan kerugian pada investor. Misalnya terjadinya dilusi nilai saham. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan per-saham perusahaan (EPS) menurun, yang memungkinkan nilai yang didapatkan oleh invetor juga ikut menurun. 


Akhir kata, itulah pengertian, keuntungan kerugian beserta cara kerja Right Issue untuk investor yang dilakukan oleh perushaan. Semoga artikel ini dapat menjadi menambah wawasan anda, dalam memahami istilah Right Issue dalam dunia investasi.