Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Tips Investasi Saham Di Pasar Modal Untuk Pemula

Tips Investasi Aman Di Pasar Modal Untuk Pemula

omiska.com - Sekarang ini generasi Millenial dan Gen Z mulai sadar keuntungan investasi saham di pasar modal, apalagi sekarang ini untuk mendalami ilmu investasi sangatlah mudah. Banyak konten kreator yang mengedukasi orang-orang mengenai investasi, dari menganalisa, kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham, hingga saham yang cocok sesuai dengan toleransi resiko. 

Tidak seperti dulu, untuk memulai invetasi dijaman sekarang sangatlah mudah. Banyak sekuritas yang memberikan pelayanan dalam mendaftar cepat, hingga berbagai fitur yang akan mempermudah investor didalam satu aplikasi. 

Hal ini sangat membantu para investor apalagi para investor pemula karena di beberapa sekuritas juga menyediakan kominitas yang membahas tentang saham dan menyediakan kamus mengenai istilah-istilah saham. 

Nah, khusus bagi anda investor pemula ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat berinvestasi saham di pasar modal sebagai berikut. 


1. Kenali Perusahaan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, mencari tahu informasi keuangan perusahaan atau mengenali perusahaan. Hal ini sangat diperlukan supaya anda tidak berinvestasi pada perusahaan yang salah, alih-alih mendapat untung malah buntung. 

Dengan mengetahui dan memahami untuk memastikan perekonomian perusahaan baik, dan memiliki pangsa pasar yang luas maka perusahaan tersebut cocok dipilih. 


2. Jangan Gegabah Dengan Mengalokasikan Dana Yang Besar

Bagi anda investor pemula, jangan gegabah dengan mengalokasikan dana dengan jumlah yang besar pada suatu perusahaan. Hal ini sangat sering dilakukan oleh investor pemula, dan ketika mereka mulai khawatir saat harga saham sedang turun, mereka langsung menjualnya diharga yang murah dan uang yang dialokasikan tidak dapat kembali alias rugi. 

Hal ini juga akan mempengaruhi kondisi psikologi investor, maka tidak heran banyak yang langsung down dan trauma saat mengalami hal sepetri ini pada saat baru memulai invetasi. Maka sangat disarankan untuk mengalokasikan dana yang kecil terlebih dahulu, untuk memahami cara membaca pasar saham. 


3. Hindari Membeli Saham Perushaan Yang Tidak Memilki Prospek Yang jelas

Jangan tergiur dengan harga yang murah ketika ingin membeli saham, namun nyatanya perusahaan tersebut tidak memiliki fundamental yang baik dan prospek yang jelas. Hal ini akan beresiko kerugian dan akan anda sesali nantinya. 

Tidak ada salahnya membeli saham yang murah, namun pahami dulu bagaimana kondisi keuangan dan prospek dari perusahaan tersebut. 


4. Jangan Berinvestasi Pada Satu Saham Saja

Bagi anda investor pemula harus cermat dalam mengelola dana dan tidak berinvestasi pada satu saham saja. Jika anda mampu membeli puluhan lot saham di satu perusahaan, maka akan lebih baik lagi jika anda dapat berinvestasi saham di beberapa perusahaan. Hal ini juga dapat meminimalisir resiko kerugian. 



Akhir kata, itulah beberapa tips investasi saham di pasar modal untuk pemula. Jadi kesimpulannya anda tidak perlu mengalokasikan dana yang besar jika anda masih pemula dan belum memahaminya. Sebelum memilih saham, pastikan perusahaan yang akan anda pilih memiliki fundamental yang baik. 

Jadi untuk berinvestasi saham tidak boleh memilih sembarang perusahaan, walaupun saham yang ditawarkan sangat murah jika perusahaan tidak memiliki fundamental yang baik atau prospek yang jelas maka sangat beresiko mendatangkan kerugian. 
close