Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membeli Rumah Tanpa Riba, Lebih Aman Dan Berkah

Cara Membeli Rumah Tanpa Riba

omiska.com - Sekarang ini tren pembiayaan syariah semakin meningkat, ini dikarenakan masyarakat mulai menghindari bunga yang besar dari bank konvensional. Selain itu masyarakat juga mulai mencari peluang untuk membeli rumah tanpa riba. 

Bagi anda yang berencana membeli rumah tanpa riba, mungkin beberapa cara alternatif ini dapat membantu anda. 

1. Membeli Rumah Secara Kontan

Bagi anda yang memiliki penghasilan bulanan yang tinggi, ada baiknya membeli rumah tanpa kredit. Untuk dapat membeli rumah secara kontan anda harus menabung dengan konsisten. Untuk dapat menambah tabungan anda setiap bulannya, anda juga dapat memulai kerja atau bisnis sampingan. 

Ini akan menjadi kepuasan tersendiri ketika anda dapat membeli rumah secara kontan, karena tidak perlu lagi memikirkan angsuran bulanan kredit rumah apalagi riba.  


2. Skema KPR Syariah

Sekarang banyak perbankan swasta maupun pemerintah yang menyediakan layanan skema KPR Syariah. KPR Syariah tentunya akan memberlakukan aturan yang sesuai dengan syariat Islam dan tentunya menghindari riba. 


3. Skema Pembelian Bertahap

Bagi sebagian orang membeli rumah secara kontan akan terasa berat, untuk dapat tetap membeli rumah impian tanpa riba mungkin skema pembelian bertahap adalah solusi yang tepat. Skema ini juga lumayan banyak ditawarkan oleh pengembang yang sangat diminati oleh masyarakat yang menghindari riba. 

Lama waktu dan pembayaran ditentukan oleh pihak pengembang, biasanya waktu yang ditentukan mulai dari 12 sampai dengan 60 bulan atau maksimal 5 tahun. 


4. Mulai Berinvestasi Emas

Bagi anda yang berencana membeli rumah 5 tahun kedepan atau lebih, anda dapat mulai berinvestasi emas mulai sekarang. Investasi emas lebih menguntungkan dibanding dengan menabung uang. Menurut data dari Bullion Rates dan situs Logam Mulia, kenaikan harga emas pertahun rata-rata dalam satu dekade mulai dari Agustus 2010 hingga Agustus 2020 adalalah 11,8%. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan nilainya akan lebih tinggi, dan ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung uang. 


5. Membangun Rumah Secara Bertahap

Cara terakhir untuk memiliki rumah tanpa riba adalah dengan membangun sendiri. Namun untuk memulainya anda harus memiliki tanah terlebih dahulu, setelah memiliki tanah anda dapat mebanngunnya secara bertahap. 

Bangun rumah secara bertahap sesuai dengan kondisi perekonomian anda, misal awalnya yang anda persiapkan adalah dana untuk membangun pondasi, kemudian di ikuti tahap-tahap berikutnya. Untuk dapat mempercepat pembangunan rumah, tentu anda harus memiliki income yang lebih besar setiap bulannya. Anda dapat mulai memulai bisnis, pekerjaan sampingan dan hemat. 

Dengan membangun rumah secara bertahap ini jika anda konsisten menyisihkan uang untuk membangun rumah, maka rumah anda akan selesai kurang dari 5 tahun. 

close