Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Investasi Saham Ala Lo Kheng Hong Si Warren Buffetnya Indonesia

Tips Investasi Saham Ala Le Kheng Hong

omiska.com - Bagi anda yang telah memasuki dunia investasi saham, pasti tidak asing dengan pria yang dijuluki sebagai Warren Buffet Indonesia, tak lain tak bukan ialah Lo Kheng Hong. 

Lo Kheng Hong merupakan salah satu investor sukses yang telah mencapai kebebasan finansial seperti apa yang diimpikan oleh investor lainnya. Hal ini ia dapat ia raih hanya dengan investasi saham. 

Kita kulik sedikit latar belakangnya, awalnya Lo Kheng Hong merupakan karyawan biasa, namun saat itu ia sedang belajar bagaimana cara berinvestasi dengan benar. Ia lahir dari keluarga miskin yang nasibnya jauh berbeda dari ia yang sekarang. 

Lo Kheng Hong lahir di Pontianak, Kalimantan Barat pada 20 Februari tahun 1959. Sejak kecil ia sudah merantau ke Jakarta karena mengikuti kedua orangtuanya yang bekerja menjadi pemecah kelapa. 

Dalam satu waktu ia pernah menceritakan bahwa ia tinggal dirumah yang sempit, dengan ukuran 4x10 meter dan rawan terkena banjir. 

Setelah ia lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) ia tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi seperti teman-temannya karena mengalami keterbatasan biaya. Setelah lulus SMA ia bekerja sebagai pegawai disalah satu Bank Swasta. 

Karena ketekunan dan kerja kerasnya, Lo Kheng Hong akhirnya dapat kuliah dengan mengambil jurusan Sasrea Inggris di Universitas Nasional Jakarta. 


Bagaimana Caranya Lo Kheng Hong sukses sebagai Investor? 

Mungkin ini yang menjadi tanda tanya besar bagi sebagian orang, khususnya investor pemula yang mulai penasaran apa rahasia suksesnya sehingga kehidupannya menjadi sangat jauh lebih baik sekarang ini. Berikut adalah beberapa tips Investasi saham ala Lo Kheng Hong yang harus anda terapkan mulai sekarang : 


1. Memilih Perusahaan Yang Memiliki ROE Yang Tinggi

Return on Equity ( ROE) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengukur return, yang diperoleh oleh perusahaan daru total ekuitas digunakan. Dengan begitu semakin tinggi ROE, maka kinerja perusahaan tersebut semakin bagus dan berpotensi memberikan porfitabilitas yang tinggi. 

2. Memperhatikan Pengelolaan Perusahaan

Selain memperhatikan dan mempertimbangkan ROE, anda juga harus memperhatikan bagaimana pengelolaan perusahaan. Untuk melihat baik atau buruknya pengelolaan perusahaan dapat dilihat dari report keuangan, serta harga saham dari perusahaan tersebut. 

3. Jangan Takut Mengambil Resiko Untuk Mendapatkan Keuntungan Yang Besar

Semakin besar keuntungan yang anda harapkan maka semakin besar pula resikonya, begitu juga sebaliknya semakin kecil keuntungannya maka semakin kecil pula resikonya. Itu artinya, sebagai investor harus memberanikan diri untuk menanggung resiko dalam investasi. 

Dan ternyata saat kiris tahun 1998 yang lalu, kekayaan Lo Kheng Hing tinggal 15% lagi tapi ia masih bertekad untuk membeli saham dan mengapatkan keuntungan yang besar. 

4. Mematikan Kondisi Finansial Yang Harus Mendukung

Untuk membeli saham dijaman sekarang ini, kamu dapat menyiapkan modal sebesar Rp. 100.00 saja dan kamu dpaat membeli satu, dua atau beberapa lot saham sesuai dengan harganya. Namun keuntungan yang diperoleh akan kecil. 

Maka dari itu Lo Kheng Hong menyarankan supaya investor memiliki kondisi keuangan yang mendukung untuk modal investasi.

Jangan pernah menggunakan modal orang lain untun investasi atau bahkan uang pinjaman dari lembaga-lembaga keuangan atau pinjaman online.

5. Membandingkan Dengan Perusahaan Kompetitor

Nilai pasar saham dan jumlah keuntungan yang diperoleh oleh para investor dapat diamati dari Price per Book Value (PBV) dan Price Earning Ratio (PER). Itu dapat dijadikan sebagai alat ukur harga perusahaan, dan dapat menyimpulkan apakah harga saham perusahaan tersebut Overvalued atau Undervalued
 
Jika anda ingin berinvestasi jangka panjang, pilihan terbaik adalah dengan memilih perusahaan yang harga sahamnya Undervalued. Namun setelah itu anda harus melakukan analisis lebih mendalam untuk dapat memastikan harga saham perusahaan tersebut naik nantinya. 

6. Jangan Dengarkan Perkataan Orang Yang Berkonotasi Menjatuhkan

Mungkin anda sering mendengar bahwa investasi itu sangat sulit dan sangat beresiko mengalami kerugian. Hal itu tidak salah, namun ketika anda mulai terjun ke dunia investasi saham maka anda akan melihat peluang dimana kerugian menjadi keuntungan asalkan anda mau belajar. 

Terus belajar, jangan dengarkan perkataan orang lain, dan ikutilah segala pelatihan atau Webinar invvestasi saham yang di pandu oleh Investor sukses. Selain itu anda juga dapat mencari ilmu seputar investasi saham di E-Book maupun buku-buku yang membahas mengenai investasi saham. 

7. Sikap Sabar, Disiplin dan Fokus

Saat anda pertama kali terjun ke dunia investasi, maka anda akan meluihat banyak instrumen investasi seperti saham, emas, obligasi, deposito, dan reksadana. Namun Lo Kheng Hong hanya fokus pada saham, sehingga ia dapat fokus dalam mengamati perkembangan pergerakan harga saham dan dapat memaksimalkan peluang yang ada. 

Lo Kheng Hong menyarankan agar disiplin dalam berinvestasi dan sabar. Untuk memperoleh keuntungan yang besar tidaklah mudah karena membutuhkan proses yang panjang. Sehingga terjadinya modal awal yang minim dapat memberikan profit yang besar. 


Akhir kata, itulah beberapa tips investasi saham ala Lo Kheng Hong yang wajib anda terapkan mulai sekarang. Semoga artikel ini memberikan referensi, ilmu yang berguna, dan menjadi motivasi bagi anda untuk berinvestasi lebih baik dengan mengikuti langkah-langkah Lo Kheng Hong. 

close