Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dana Darurat, Manfaat, dan Cara Menentukan Jumlahnya

Pengertian Dana Darurat dan Manfaatnya

omiska.com - Banyak orang yang belum menyadari bahwa dana darurat itu penting dan seharusnya dipersiapkan. Sesuai dengan namanya, pengertian dana darurat adalah dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan saat situasi darurat atau mendesak saja. 

Dana darurat seharusnya disimpan ditempat yang terpisah dari tabungan dan tidak boleh digunakan, kecuali ada kebutuhan yang mendesak. Untuk mempersiapkan dana darurat ini anda harus menyisihkan penghasilan bulanan hingga mencapai jumlah yang telah ditentukan. 


Manfaat Dana Darurat

Sejak tahun 2020 kita telah merasakan pandemi yang melumpuhkan perekonomian, walaupun sekarang bangkit secara perlahan. Akibatnya banyak terjadinya PHK dimana-mana karena lumpuhnya ekonomi perusahaan disebakan oleh pandemi. 

Disini dana darurat juga cukup bermanfaat ketika mengalami kejadian seperti ini, dari rencana untuk dapat survive selama beberapa bulan kedepan maupun berencana membuka usaha kecil-kecilan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. 

Diluar pandemi dana darurat juga sangat bermanfaat saat kebutuhan mendesak.Sesuatu mendesak ini contohnya seperti mengalami musibah, sakit, kendaraan rusak, atau hal-hal lainnya yang harus ditanggapi dengan cepat. Dengan adanya dana darurat maka anda tidak perlu khawatir lagi memikirkan keuangan hingga sampai berhutang kepada teman maupun keluarga. 


Cara Menentukan Jumlah Dana Darurat

Seperti yang telah kita bahas diatas, dana daruat itu berbeda dengan tabungan biasa dan seharusnya dipisahkan. Secara fungsional tabungan untuk membeli sesuatu yang diinginkan jika telah mencapai jumlah yang ditentukan, sedangkan dana daruat adalah dana yang dapat digunakan untuk keperluan mendesak saja. 

Dana darurat yang harus dipersiapkan harus mampu menutupi pengeluaran dari 3-6 bulan, semakin banyak yang dipersiapkan maka akan semakin baik pula. 

Bagi anda yang masih lajang yang belum memiliki tanggungan, maka anda setidaknya memiliki dana darurat sebesar 6 kali jumlah pengeluaran bulanan secara rutin. 

Misalnya pengeluaran anda setiap bulannya mencapai Rp 4 juta, maka dana yang harus dipersiapkan untuk dana darurat adalah sebesar Rp. 24 juta. Dengan begitu jika ada kejadian tak terduga hingga anda tidak dapat bekerja, setidaknya anda dapat memenuhi kebutuhan hidup selama 6 bulan kedepan hingga anda dapat bekerja kembali. Kejadian tak terduga misalnya sakit parah atau terkena PHK dari perusahaan. 

Untuk anda yang telah menikah, dana darurat yang harus dipersiapkan sebanyak 9 kali jumlah pengeluaran dan bagi anda yang telah menikah dan memiliki anak setidaknya 12 kali jumlah pengeluaran. 


Tips Jitu Mempersiapkan Dana Darurat

  • Mulai secara perlahan untuk mempersiapkan dana darurat, tak perlu memaksa hingga lebih banyak menyisihkan dana darurat dengan jumlah yang terlampau lebih besar
  • Dalam mempersiapkan dana darurat, maka anda harus dapat memahami bagaimana kondisi finansial anda sendiri. Anda dapat memperkirakan berapa rupiah yang harus anda persiapkan untuk dana darurat berdasarkan pengeluaran bulanan rata-rata. 
  • Pisahkan dana darurat dengan tabungan, jika perlu buatlah rekening khusus dana darurat.
  • Cobalah untuk rutin dan konsisten menyisihkan sejumlah uang untuk menyiapkan dana darurat, usahakan jumlah yang disisihkan tetap sama dan boleh ditambah
  • Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu mendesak atau hal yang tidak penting, misalnya ingin membeli barang branded, yang perlu anda perhatikan adalah funsionalnya. Dengan mengurangi pengeluaran maka ini akan sedikit menghemat uang kamu dan dapat dialokasikan untuk dana tabungan atau tambahan untuk dana darurat


Kesimpulan

Jadi setelah membaca bagaimana pentingnya dana darurat, anda seharusnya harus mulai mempersiapkannya secepat mungkin. Dengan adanya dana darurat maka dana ini sangat membantu kamu disaat sedang dalam situasi emergency , dengan begitu kamu tak perlu berhutang pada teman, keluarga, ataupun memilih pinjaman online sebagai alternartif.