Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Ide Usaha Rumahan Di Desa Yang Menguntungkan

 

Ide Bisnis Rumahan Di Desa Yang Menguntungkan

omiska.com - Apakah anda ingin atau memiliki rencana membuka usaha di desa? Mungkin terdengar aneh sebagian dari anda karena berfikir bahwa membuka usaha di perkotaan lebih menguntungkan. Pemikiran seperti itu tidak berlaku untuk sekarang ini, karena membuka usaha di desa juga tidak kalah menguntungkan apalagi pemerintah ingin terus meningkatkan ekonomi di desa-desa. 

Berbeda dengan di kota, di pedesaan persaingan usaha lebih rendah dikarenakan para pelaku usaha di desa masih terbilang sedikit dibandingkan dengan kota. Ini dikarenakan terhambat dengan modal yang membuat masyarakat didesa mengalami kesulitan untuk membuka atau mengembangkan usaha. 

Dengan melihat kemungkinan-kemungkinan dan peluang yang ada, ternyata membuka usaha rumahan di desa juga tidak kalah menguntungkan. Bagi anda yang ingin memulai membuka usaha rumahan di desa dan bingung dalam menentukan usahausaha apa yang akan anda pilih, pada artikel ini kami akan memberikan 10 ide usaha rumahan di desa yang worth it banget buat anda coba. 


1. Membuka Koperasi Simpan Pinjam

Membuka koperasi simpan pinjam juga merupakan salah satu usaha yang tepat di desa, mengingat banyak masyarakat yang membutuhkannya. Selain mendapatakan keuntungan, secara tidak langsung anda juga membantu keuangan masyarakat desa. 


2. Warung Makan

Peluang usaha rumahan kedua adalah warung makan, namun usaha ini dapat dilakukan bagi orang-orang yang pintar memasak. Anda dapat menjual berbagai makanan khas desa, menjajakan makanan khas dari tempat tinggalmu, atau menjual makanan khusus untuk sarapan pagi seperti lontong dan sebagainya. 


3. Pengisian BBM 

Selain di perkotaan, anda juga dapat membuka usaha pengisian BBM di perdesaan. Mengingat SPBU yang jaraknya sangat jauh dari desa, maka dengan kamu membuka usaha menjual bahan bakar minyak berpotensi sangat menguntungkan. Ini juga sekaligus membantu masyarakat desa sehingga mereka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mengisi bahan bakar minyak. 


4. Warung Sembako

Mengingat di desa tidak banyak warung sembako jika dibandingkan dengan perkotaan, maka dengan membuka warung sembako di desa juga merupakan ide usaha yang tepat dan menguntungkan. Apalagi di desa pelaku usaha warung sembako lebih minim kompetitor, dan ini juga berpotensi memberikan anda keuntungan yang lebih besar karena dagangan anda akan cepat laris. 


5. Menjual Pulsa dan Isi Paket Data

Usaha rumahan di desa selanjutnya adalah, menjual pulsa dan isi paket data. Ini juga merupakan usaha yang tepat mengingat menjual pulsa atau isi paket data ini juga jarang ditemukan di pedesaan. Berbeda dengan perkotaan, mereka yang menjual pulsa dan paket data mudah ditemukan disetiap sudut kota. Dengan minimnya kompetitor, tentu hal ini juga merupakan ide usaha rumahan yang cemerlang dan  akan memberikan keuntungan yang besar. 

Namun, anda juga dapat mempertimbangkan bagaimana jaringan telepon atau internet disana. Karena jika jaringan telepon saja susah ditemukan, maka dagangan akan susah laku. 


6. Bengkel Motor

Bagi anda yang memiliki keahlian mekanik kendaraan bermotor, ide membuka bengkel motor adalah salah satu ide cemerlang yang dapat anda mulai di pedesaan. Mengingat banyak petani dan masyarakat desa menggunakan speda motor, maka mereka juga membutuhkan bengkel untuk menangani motor mereka saat sedang mengalami masalah. 


7. Ternak Hewan

Jika anda menyukai beternak hewan, ide beternak hewan di desa juga bukan merupakan ide yang buruk. Anda dapat memanfaatkan halaman rumah untuk tempat berternak. Hewan ternak dapat anda pilih sesuai kemauan atau dapat diukur bagaimana potensinya di desa tersebut, misalnya ayam, kambing, bebek dan lain sebagainya. 


8. Warung Kopi (Warkop)

Selain membuka warung makanan, anda juga dapat membuka warung kopi di desa. Untuk memulainya pun anda tidak membutuhkan dana yang besar, dengan dana kecil-kecilan saja anda sudah dapat memulainya. Anda hanya harus menyediakan berbagai jenis kopi, dan menu pelengkap lainnya seperti gorengan maupun jajanan-jajanan ringan. 


9. Membuka Jasa Desain Grafis

Banyak pelaku usaha di desa yang membutuhkan jasa desain grafis untuk menjajakan produk-produk mereka di luar desa atau perkotaan. Dengan adanya jasa desain grafis, maka mereka tak perlu khawatir lagi kalah saing dari kemasan. Selain itu desain grafis juga banyak diperlukan di berbagai acara didesa, seperti pembuatan spanduk acara-acara didesa, maupun spanduk untuk pelaku-pelaku usaha yang ada disana. 


10. Membuka Usaha Isi Ulang Air Minum

Ide usaha terakhir adalah membuka usaha isi ulang air minum. Bagi anda yang memiliki modal yang lumayan besar, anda dapat membuka usaha ini di desa mengingat minimnya kompetitor disana. Anda juga dapat memberikan layanan antar jemput dengan dikenakan biaya tambahan, dan ini mungkin sangat membantu masyarakat didesa yang tidak memiliki kendaraan untuk mengisi ulang air minum. 


Nah, itulah 10 ide usaha rumahan yang dapat anda lakukan di desa. Sebenarnya masih banyak ide usaha rumahan yang dapat dilakukan di desa, karena minimnya kompetitor disana. Anda dapat melakukan usaha apa saja, namun perhatikan pula kondisi di desa bagaimana apakah cocok dengan ide usaha yang telah anda rencanakan? semoga artikel ini membantu ya!

close