Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian IPO Dalam Saham, Keuntungan Untuk Perusahaan dan Investor

Pengertian IPO Dalam Saham

omiska.com - Selama pandemi, masyarakat semakin banyak mengenal dan terjun ke dunia saham. tentu hal ini dikarenakan masyarakat ingin mewujudkan tujuan finansial atau keuangan yang lebih baik lagi. Belakangan ini investasi saham juga sangat populer, tak hanya diikuti oleh orang-orang dewasa saja, ternyata banyak pelajar yang sudah mulai investasi saham.

Banyak orang yang mempelajari investasi saham melalui youtube, webinar, bahkan postingan-postingan di instagram yang sangat mengedukasi para pemula. 

Tidak seperti dulu, berinvestasi saham sekarang sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi-aplikasi sekuritas yang dapat di download gratis di Playstore maupun AppStore. Dengan kemudahan teknologi dan mudahnya mendapat ilmu pengetahuan tentang saham, menjadi dorongan untuk masyarakat untuk belajar dan mencoba berinvestasi saham. 

Bagi anda yang masih pemula, pastinya sering mendengar istilah IPO bukan? bagi anda yang masih bingung apa itu IPO, mari kita bahas pengerian IPO saham beserta keuntungannya untuk perusahaan dan investor. 


Apa itu IPO? 

Sebenarnya IPO adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu Initial Public Offering, ini artinya IPO merupakan keadaan atau kondisi dimana perusahaan pertama kali (perdana) yang akan menjual sebagian persen saham untuk masyarakat umum atau  publik. 

IPO bertujuan untuk mendapatkan uang maupun dana tambahan yang berguna untuk melancarkan tujuan, rencana, atau langkah untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan.

Dengan begitu, masyarakat atau investor dapat melakukan penawaran, pembelian, hingga penjualan saham. Dengan adanya IPO, maka perusahaan bukan lagi dimiliki oleh perorangan melainkan sudah dimiliki oleh publik yang memiliki saham perusahaan. 


Keuntungan Saham IPO Untuk Perusahaan

Perusahaan yang menjual sebagian persen sahamnya ke publik akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut : 


1. Memperoleh Modal Tambahan

Jika perusahaan ingin melakukan planing untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan, maka perusahaan membutuhkan tambahan modal. Perusahaan bisa saja meminjam uang di bank, namun bukan berarti meminjam uang di bank adalah jalan satu-satunya. Dengan menjual sebagian persen sahamnya ke publik, maka perusahaan akan mendapatkan modal tambahan yang dapat digunakan untuk keperluan perusahaan tanpa berhiutang di bank. 

2. Mendapatkan Potongan Pajak

Perusahaan yang telah Go Publik akan menikmati potongan pajak (penghasilan) sebanyak 5%. Kemudian khusus perusahaan terbuka (Tbk) akan dikenakan dengan biaya pajak yang lebih murah dibandingkan dengan perusahaan yang tidak Tbk. 

3. Dapat Meningkatkan Popularitas Perusahaan

Perusahaan yang menjual sebagian sahamnya untuk dapat dijual belikan di BEI, akan meningkatkan popularitas perusahaan sehingga perusahaan itu dianggap bergengsi. 



Keuntungan Saham IPO Untuk Investor

Selain memberikan keuntungan untuk perusahaan, saham yang baru saja dilepas  ke publik juga memberikan keuntungan bagi investor khususnya investor pemula.


1. Harga Lebih Terjangkau

Biasanya saham perusahaan yang pertama kali dilepas ke publik memiliki harga yang lebih terjangkau. Ini dikarenakan saham IPO berkemungkinan akan berada di posisi Bullish yang akan menguntungkan bagi investor. 

2. Berpotensi Memberikan Keuntungan Yang Tinggi

Saham IPO berpotensi akan memberikan keuntungan yang tinggi, karena harga yang terjangkau maka para investor dapat memborong lebih banyak Lot saham dan akan dijual pada saat nilai saham melambung tinggi. Resiko kegagalan dalam investasi saham IPO juga terbilang lebih kecil. 

3. Cocok Untuk Trading 

Saham IPO sangat cocok menjadi saham pilihan untuk trading, apalagi banyak sekuritas yang memberikan beragam fitur untuk memudahkan penggunanya untuk melakukan trading saham. Dengan begitu, investor dapat melakukan trading saham dengan cara yang simpel dan dapat memilih waktu secara leluasa. 


Akhir kata, itulah penjelasan mengenai pengertian IPO saham yang mungkin banyak dari anda yang belum memahaminya. Dengan membaca artikel ini maka anda telah mengetahui pengertian IPO saham dan keuntungan saham IPO untuk perusahaan dan para investor. 

close