Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Nikah Muda, Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Nikah Muda


omiska.com - Beberapa tahun terakhir ini, nikah muda banyak diminati oleh para remaja hingga awal dewasa. Apalagi banyak dari mereka nikah muda sering membagikan moment kehidupannya di media sosial. Dengan melihat hubungan suami istri yang umurnya masih muda, tentu tidak sedikit banyak remaja atau orang dewasa lainnya menjadi baper. Inilah awal mula mengapa nikah muda sperti menjadi tren dan banyak orang berlomba-lomba untuk sesegera mungkin menikah. 

Nikah muda tidak ada salahnya, bahkan dalam hukum islam sendiri dianjurkan menikah jikalau sudah mampu. Nikah juga membutuhkan banyak persiapan, seperti persiapan mental, pengetahuan tentang agama, dan finansial untuk dapat menjalani kehidupan yang baru dengan baik. 

Bagi kamu yang ingin nikah muda, ada baiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan nikah muda berikut ini : 


Kelebihan Nikah Muda

Berikut adalah beberapa kelebihan nikah muda yang harus kamu ketahui : 

1. Dapat Hidup Menikmati Pertualangan Bersama Pasangan Lebih Cepat

Ketika nikah muda, kamu dapat hidup bersama pasangan dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan orang yang disayang. Di usia yang masih muda, kamu dapat melakukan apa saja bersama pasangan. Misalnya traveling atau memulai membuka bisnis. 

2. Merencanakan Masa Depan Lebih Dini

Kamu dan pasanganmu dapat merencanakan masa depan lebih dini. Dengan usia yang masih muda kamu dan pasanganmu masih memiliki energi jiwa muda sehingga dapat segera mewujudkan apa yang direncanakan. Intinya harus konsisten, tekun, dan bekerja keras. 

3. Dapat Saling Mendukung

Kelebihan nikah muda selanjutnya, kamu dan pasanganmu dapat saling mendukung mengenai segala keputusan yang telah dibuat. Misalnya ingin memulai suatu bisnis atau melanjutkan pendidikan dan pasanganmu akan siap terus memberikan dukungan sehingga apa yang kamu lakukan akan lebih terasa ringan. 

4. Sama-sama Dapat Belajar Dalam Memahami Satu Sama Lain

Karena nikah diumur yang masih muda, tentu kamu dan pasanganmu nantinya akan memahami satu sama lain lebih cepat. Misalnya memahami kekurangan dan kelebihan pasangan, sehingga hal ini juga dapat membuat rumah tangga menjadi harmonis. 


Kekurangan Nikah Muda

Berikut adalah beberapa kekurangan nikah muda yang harus kamu pertimbangkan : 

1. Sudah Tidak Bebas Dan Cenderung Terikat

Tidak seperti saat melajang, setelah menikah kamu akan memiliki keterikatan tersendiri dan tidak bebas seperti dulu lagi. Kamu akan sering menjalani kehidupan berasama pasanganmu, ini juga akan membatasimu saat kamu ingin melakukan hal baru. Kamu juga tidak bebas untuk berpergian bersama teman dan pulang larut malam seperti dulu dan hidup dengan bebas seperti saat melajang. 

2. Membatasi Hobi

Setelah menikah, kamu akan kesulitan untuk melakukan hobi kamu. Misalnya seperti bermain game, bermain di warnet, futsal, dan lain sebagainya. Kamu akan cenderung memberikan hampir sepenuhnya untuk pasanganmu supaya hubungan tetap harmonis. Apalagi ketika berencana memiliki momongan, ini akan lebih membatasi kamu untuk melakukan hobi dan kamu akan cenderung fokus bekerja atau melakukan hal-hal produktif lainnya. 

3. Resiko Mental dan Psikologi Belum Matang

Biasanya orang-orang yang menikah muda belum memiliki persiapan mental dan psikologi yang matang. Ini dikarenakan seharusnya umur yang masih muda, jiwa muda akan cenderung melakukan hal-hal baru dan fokus kepada kesenangan diri sendiri. Alhasil, ini akan menimbulkan konflik rumah tangga karena keegosisan dan belum dapat memahami satu sama lain. 

4. Resiko Perceraian

Karena belum memiliki persiapan yang matang, maka hal ini akan beresiko terjadinya perceraian. Hal ini banyak ditakuti oleh para pasangan dan orangtua karena akan menjadi aib keluarga. Maka dari itu, jika ingin segera menikah muda, ada baiknya mempersiapkan diri dulu dengan matang dan kamu pun siap untuk mengatasi resiko yang ada. 


Akhir kata, sekian dulu pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan nikah muda. Dengan membaca artikel ini semoga kamu yang akan berencana nikah muda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya sehingga kamu juga dapat mempersiapkan diri dengan apapun resikonya. Tidak ada salahnya nikah muda, yang salah adalah ketika menikah kamu dan pasangannmu belum memiliki persiapan yang matang. Ini akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga nantinya. 

close