Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Sikap Profesional Di Tempat Kerja Yang Harus Anda Terapkan

Sikap Profesional Di Tempat Kerja Yang Harus Anda Terapkan


omiska.com - Sikap profesioanalime ditempat kerja akan membawa kesuksesan. Anda akan mendapatkan respect dari atasan bahkan sebagai panutan untuk diikuti oleh karyawan lain. Kebalikan dari profesinalisme, ini akan membahayakan karir anda ditempat kerja. Alih-alih naik jabatan, bisa jadi anda sering disindir oleh atasan karena kinerja atau kedisiplinan anda sangat kurang baik.

Untuk itu, bersikap profesional saat ditempat kerja sangat penting demi meraih kesuksesan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini omiska.com akan membahas beberapa sikap profesional di tempat kerja yang harus anda terapkan mulai sekarang. 


1. Disiplin Waktu (On time)

Sikap pertama yang harus anda ubah adalah meningkatkan kedisiplinan waktu. Disiplin waktu maksudnya jika anda sering datang terlambat, cobalah ubah kebiasaan itu dengan datang lebih awal. Selai itu jika anda merupakan orang yang cenderung telat dalam mengerjakan tugas, cobalah untuk berusaha menyelesaikan tugas atau pekerjaan lebih cepat. Jika perlu cobalah evaluasi kembali apa yang membuat anda telat dalam menyelesaikan pekerjaan, bisa jadi lalai bermain hp, kebanyakan ngobrol dan lain sebagainya. 


2. Sopan

Sikap profesional selanjutnya adalah bersikap sopan kepada siapapun yang ada di tempat kerja. Cobalah tidak menggunakan bahasa yang kuran enak didengar, ini mencerminkan anda kurang beretika atau di cap sebagai karyawan yang tidak memiliki tata krama atau sopan santun.

Cobalah mengontrol diri saat becanda, jangan sampai ada yang sakit hati dan mulai tidak senang pada anda. Disaat anda sedang menelpon atasan atau sesama karyawan, cobalah menggunakan bahasa yang sopan dan usahakan tidak menggunakan suara yang terlalu keras tapi tidak juga terlalu kecil. 


3. Hindari Begosip

Saat sedang di jam kerja, cobalah untuk fokus bekerja dan hindari mengobrol hal yang tidak penting hingga bergosip dengan rekan kerja. Ini sangat sering terjadi ditempat kerja, jika anda sering melakukan ini dengan rekan kerja cobalah untuk menghentikan dan sebaiknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 


4. Kompeten

Ditempat kerja, karyawan yang kompeten selalu menjadi perhatian para atasan. Jika anda kompeten dalam mengerjakan pekerjaan sesuai dengan bidang anda, maka ini akan membantu anda untuk meningkatkan penilaian hasil kerja. Kompeten akan membuat anda menjadi panutan, disenangi oleh atasan atau karyawan lain, dan menjadikan anda di cap sebagai karyawan yang profesional. 


5. Saling Menghormati Sesama Karyawan

Sikap profesional selanjutnya adalah, menghormati sesama karyawan ditempat kerja. Baik yang tua dan muda anda harus menghormati, ini akan membuat anda disenangi oleh para karyawan bahkan atasan. Sikap anda seperti ini juga akan membawa siapapun yang anda ditempat kerja akan kembali menghormati anda. 

6. Menjaga Penampilan

Sikap profesional selanjutnya adalah menjaga pakaian saat sedang berada ditempat kerja. Tak perlu anda mengenakan pakaian ala-ala model, gunakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan perusahaan dan usahakan selalu rapi. Hindari memakai pakaian seperti jeans apalagi jeans robek, rok mini, pakaian ketat, atau menggunakan aksesoris yang tidak seharusnya anda gunakan di tempat kerja. 

7. Hindari Mengerjakan Pekerjaan Lain Di Tempat Kerja

Jika anda memiliki pekerjaan samping, tidak baik pekerjaan sampingan anda dikerjakan di kantor apalagi saat jam kerja. Jangan sampai anda melakukan ini dengan mencuri waktu kerja di tempat kerja. Ini akan membuat menunrunkan kinerja anda karena tidak fokus, karena melakukan 2 pekerjaan yang sama ditempat yang sama. 


Akhir kata, itulah beberapa sikap profesional ditempat kerja yang patut anda terapkan mulai sekarang. Selain berusaha membuat citra anda baik di tempat kerja, bersikap seperti ini juga dapat melatih anda menjadi pribadi yang lebih baik walaupun tidak sedang berada di lingkungan kerja. 
close