Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Bisnis Database? Simak Pengertian, Keuntungan dan Kekurangannya

Bisnis Database : Pengertian, Keuntungan dan Kekurangan


omiska.com - Hidup pada zaman dengan teknologi yang berkembang pesat, akan sangat memudahkan manusia dalam melakukan apa saja secara cepat dan instan. Hal ini juga merambat ke sektor bisnis, apalagi saat pandemi banyak trobosan bisnis yang dapat dilakukan walaupun sedang berada dirumah. 

Salah satu bisnis yang populer dikalangan anak muda adalah bisnis database. Bisnis database ini dianggap sangat menguntungkan karena cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan data masyarakat yang dapat diambil dari berbagai sumber secara gratis. Lalu data masyarakat yang dikumpulkan tersebut dijual kepada pebisnis atau perusahaan, guna supaya perusahaan dapat melakukan promosi ke masyarakat lebih meluas dan bersifat personal. 

Data-data yang dikumpulkan meliputi nomor telepon, email, akun media sosial dan lain sebagainya. Sumber untuk pengumpulan data ini dapat dari mana saja, seperti aplikasi khusus yang mengharuskan pengguna baru untuk mendaftar dan meminta pendaftar untuk mengisi data-data lengkap sesuai ketentuan (nomor telepon, email, pekerjaan, umur), dari survey dari Google Formulir atau website khusus, iklan dan lain sebagainya. 

Setelah memahami bisnis database dan mendapatkan bayangan bagaimana cara kerjanya bisnis ini, mari simak keuntungan dan kekurangan bisnis database yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memulainya. 


Keuntungan Bisnis Database

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bisnis database akan mendatangkan keuntungan yang banyak. Hal ini membuat bisnis ini cukup populer di masyarakat khushusnya anak muda. Simak beberapa keuntungan bisnis database sebagai berikut : 


1. Modal Kecil, Sekali Untuk Selamanya

Ketika ingin memulai bisnis database, maka anda harus membeli sebuah produk dengan harga Rp. 250.000 - Rp.500.000. Menariknya, biaya pembelian produk hanya dilakukan sekali saja. Produk berupa file yang dapat dimilikiu seumur hidup. 

File tersebut kemudian dijual dengan harga yang sama maupun cenderung lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jadi intinya anda hanya mengeluarkan modal dengan biaya yang terbilang kecil, yang dapat berlaku untuk sekali seumur hidup. 

2. Mudah Dijalani

Keuntungan berikutnya adalah bisnis ini mudah dijalani dengan waktu yang fleksibel. Cara kerjanya anda hanya membutuhkan sebuah media berupa gadget untuk mengakses media sosial atau bergai cara lain yang memungkinkan anda mempromosikan kepada publik. 

Selain itu, bisnis ini tidak membutuhkan karyawan, jadi anda tidak perlu khawatir denga biaya karyawan karena bisnis ini anda yang kendalikan sepenuhnya. 

3. Memiliki Prospek Yang Bagus

Di zaman sekarang kita dapat melihat dunia bisnis yang semakin berkembang, dengan lahirnya berbagai cara berbisnis yang lebih inovatif dan sangat mudah dijalankan. Setiap saat lahirlah pebisnis baru yang dapat kita temukan didunia maya, seperti bisnis online shop, bisnis sebagai reseller maupun dropshipper. 

Setiap bisnis yang membutuhkan pemasokan barang, tentunya membutuhkan supplier atau produsen. Dengan begitu mereka akan menjual produk yang lebih murah, kemudian produk yang telah dibeli dapat dijual ke perusaan atau perorangan dengan harga yang lebih tinggi. 

Disinilah mengapa bisnis database begitu diminati khususnya dikalangan anak-anak muda, apalagi di masa Pandemi seperti ini. 

4. Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Sama seperti bisnis online yang sering kita lihat, bsisnis database dapat dilakukan oleh siapa saja. Jadi bagi anda seorang pelajar, mahasiswa ataupun ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan bisnis ini. Apalagi bisnis ini tidak merepotkan untuk dijalankan, dan dapat pula menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan untuk menambah pemasukan. 


Kekurangan Bisnis Database

Walaupun memiliki beberapa keuntungan, bisnis database ini juga memiliki kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum anda memulainya. 


1. Disebut Sebagai Bisnis Ilegal

Disebut bisnis ilegal karena database mengumpulkan data pribadi masyarakat. Jadi dengan begitu daat pribadi masyarakat menjadi konsumsi umum, terlebih lagi pelaku pengumpulan data tanpa ada izin sama sekali sama pemilik datanya. 

2. Validitas Data

Kekurangan bisnis database selanjutnya adalah bisnis ini menjaga validitas data. Jadi bisnis database ini didasari oleh kepercayaan, jika data yang dijual tidak valid maka klien tidak akan lagi datang kepada anda karena sudah tidak mempercayai lagi produk yang anda tawarkan. 

Jadi disini pelaku bisnis database ini harus memastikan dan menjaga validitas data. Percuma jika data yang anda miliki hingga puluhan ribu, namun sebagian besar data tidak valid. Apalagi menjaga validitas data ini sangat susah, dikarenakan banyak masyarakat mulai sadar privasi atau kerahasiaan data pribadi mereka. 


Akhir kata, itulah pengertian bisnis database beserta keuntungan dan kekurangannya. Setelah membaca artikel ini anda dapat mengetahui bagaimana cara kerja bisnis database, serta mengetahui pula keurntungan dan kekurangannya. Dengan begitu anda akan lebih mudah menyimpulkan apakah bisnis ini layak anda tekuni atau sebaliknya.

close