Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ciri-Ciri Perusahaan Memiliki Fundamental Yang Baik

Ciri-Ciri Perusahaan Memiliki Fundamental Yang Baik

omiska.com - Pada saat ana berniat untuk berinkvestasi jangka pendek maupun panjang, ada baiknya para investor harus memastikan saham yang dibeli berasal dari perusahaan yang memiliki fundamental yang baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kerugian, dan juga salah satu aspek yang menentukan keberhasilan investasi. 

Maka dari itu semakin baik fundamental perusahaan, maka semakin besar pula kekuatan perusahaan untuk tetap berdiri dalam jangka panjang. Sebaliknya, jika perusahaan tidak memiliki fundamental yang baik maka ini akan sangat beresiko untuk para investor. 

Nah untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri perusahaan yang memiliki fundamental yang baik, simak terus artikel berikut ini ya!


1. Bisnis Yang Dijalani Perusahaan Harus Jelas

Jika anda berencana membeli saham, ada baiknya pastikan dulu bisnis apa yang dijalankan oleh perusahaan. Lebih baik cari perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, produksi, penambangan, dan transportasi. 


2. Kapitalisasi Pasar Diatas Rp. 500 Miliar

Kapitalisasi pasar adalah keseluruhan dari jmlah (nilai) saham yang telah beredar. Adanya kapitalisasi pasar bisa dijadikan sebagai acuan untuk para investor, dalam menentukan apakah perusahaan yang akan dipilih cocok dibeli sahamnya atau sebaliknya. Namun perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar melebihi Rp 500 miliar diyakini memiliki fundamental yang baik.


3. Produk Perusahaan Sering Ditemukan

Setiap perusahaan pasti menghasilkan produk, baik itu produk berupa barang maupun berbagai jenis layanan dan jasa. Jika produk perusahaan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, maka itu artinya produk dari perusahaan banyak yang diminati. 

Karena produk banyak diminati maka hal ini akan membuat perusahaan memiliki fundamental yang baik, maka tak perlu ragu lagi jika anda berencana membeli saham karena berpotensi mendapatkan keuntungan. 

4. Perusahaan Memiliki Hubungan Yang Baik Dengan Pekerja

Salah satu ciri-ciri perusahaan memiliki fundamental yang baik adalah, perusahaan memiliki hubungan baik dengan para pekerjanya. Hal ini menunjukan bahwa mereka peduli terhadap tenaga kerja, karena memiliki hubungan baik dengan para pekerja hal ini juga dapat meningkatkan produktifitas dan mutu pada produk yang mereka keluarkan. 

5. Laba Perusahaan Meningkat Dlama Setiap Kuartal

Setelah berbagai proses telah dilalui termasuk pemasaran, perusahaan akan mendapatkan laba. Perusahaan yang memiliki fundamental yang baik mampu meningkatkan laba disetiap kuartal. Dengan begitu jika laba yang didapatkan terus meningkat, hal ini juga akan berpengaruh pada besaran dividen yang cenderung naik. 

6. Mudah Rebound Setelah Koreksi Saham

Rebound adalah dimana harga saham kembali naik dari yang sebelumnya sempat menurun. Jika saham mudah rebound, maka ini mencerminkan perusahaan memiliki fundamental yang baik. Perusahaan seperti ini sangat menguntungkan khususnya bagi mereka yang melakukan trading saham. 


Itulah beberapa ciri-ciri perusahaan yang memilki fundamental yang baik. Maka dari itu, kenali dulu perusahaan sebelum anda membeli saham di perusahaan tersebut. Anda dapat mencari tau melalui berita bagaimana kebijakan atau langkah perusahaan kedepannya, permasalahan apa yang sedang dialami, dan bagi anda yang melakukan trading saham anda dapat mencermati histori pergerakan saham dalam waktu-waktu tertentu. Jika saham terpilih mudah sekali rebound, maka saham tesebut dapat anda pertahankan dalam jangka waktu yang lama. 






close