Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Rantau Masuk! Inilah Tips Ampuh Agar Betah Merantau Di LIngkungan Baru

Tips Ampuh Agar Betah Merantau Di LIngkungan Baru


omiska.com - Sebagian orang berpendapat hidup merantau di kota orang adalah hal yang menyenangkan, apalagi bisa mencoba hidup mandiri dan penuh tantangan dan akan menghadapi hal-hal yang baru seperti teman, lingkungan, pekerjaan dan lain sebagainya. 

Namun sebagian lagi berpendapat, merantau merupakan hal yang tidak disukai. Hal ini dirasakan oleh sebagian besar orang-orang yang berkepribadian Introvert atau seseorang yang suka menyendiri. Walaupun begitu, jika memang sudah saatnya kamu merantau demi meningkatkan kehidupan yang lebih baik, mau tidak mau kamu harus menjalaninya dengan ikhlas. 

Bagi kamu yang pada dasarnya tidak suka merantau atau tinggal di kota orang demi menempuh pendidikan maupun tuntutan pekerjaan, berikut adalah beberapa tips ampuh agar betah merantau di kota orang. 


1. Mencari Informasi Mengenai Tempat Tinggal Barumu

Jangan langusng mengklaim bahwa tempat atau lingkungan barumu itu negatif, coba dulu ketahui dan gali informasi mengenai lingkungan  baru seperti adat, aturan, bahasa, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui banyak informasi mengenai lingkungan yang baru, kamu akan lebih familiar dan memahami bagaimana kamu bersikap disana. 


2. Sering Menyapa Dan Membuka Pembicaraan

Ketika sedang tinggal di kota orang, kita juga harus menjaga sikap dan buatlah mereka nyaman dengan keberadaanmu. Sikap jutek dan anti-sosial akan membuatmu dijauhi dan mereka pun enggan menolongmu disaat kamu membutuhkan bantuan. 

Untuk itu bersikaplah ramah dengan penduduk sekitar, sering menyapa dan jangan ragu untuk membuka percakapan demi mempererat hubungan antara kamu dan penduduk setempat. 


3. Murah Senyum

Senyum memilliki energi yang luar biasa yang jarang disadari oleh banyak orang. Murah senyum dengan penduduk setempat akan membuatmu terlihat ramah dan menyenangkan, serta mereka pun akan senang dengan keberadaanmu. Jika mereka mulai senang dengan keberadaanmu, otomatis kamu akan hidup lebih nyaman seolah tinggal di kota sendiri. 


4. Jangan Terpengaruh Kebiasaan Negatif

Tidak semua tempat atau kota itu baik, namun hal ini kamu dapay menyikapinya dengan menahan diri untuk tidak ikut melakukan hal-hal yang negatif yang dianggap lumrah oleh penduduk setempat. Namun, jangan lupa untuk menghormati kebisaan dan adat di lingkungan baru kamu untuk tetap menjaga hubungan baik antara kamu dengan penduduk setempat. 


5. Meyakinkan Diri Bahwa Lingkungan Baru Lebih Menyenangkan

Tips berikutnya supaya kamu betah merantau di kota roang adalah, dengan sesering mungkin menanamkan pikiran yang positif. Yakinkan diri bahwa lingkungan baru lebih baik daripada lingkungan sebelumnya. Berikan sugesti bahwa kamu akan baik-baik saja disini, dan masyarakat senang terhadapmu. 

Pikiran positif atau sugesti seperti ini akan berguna, sehingga kamu tidak lagi malu atau merasa terasingkan hingga merasa akan di intimidasi oleh masyarakat karena mneyadari kamu ornag luar. 


6 Menikmati Suasana Di Lingkungan Baru

Setiap daerah pasti memiliki sesuatu yang menarik, seperti adat, budaya, pemandangan alam dan lain sebagainya. Supaya kamu dapat betah merantau di lingkungan yang baru, cobalah untuk menikmati suasana dan apapun yang tidak akan kamu temukan di lingkungan sebelumnya. Ini sedikit membantu, setidaknya membuat kamu tidak kepikiran bahwa lingkungan yang kamu tempati sekarang tidak menarik dan tidak menyenangkan atau tidak ada sesuatu yang luar biasa.


7. Mencari Teman Baru

Ketika harus merantau, kamu akan meninggalkan teman kamu di kampung dan akan mendapatkan teman baru di lingkungan yang baru. Kamu harus memiliki teman baru di lingkungan yang baru, ini akan membuatmu lebih betah karena teman baru akan membuatmu merasa menjadi penduduk asli disana karena akan memberitahumu bagamana kondisi, adat, budaya, larangan-larangan serta kepercayaan. 

Namun, pastikan kamu mencari teman yang memiliki karakter yang baik dan positif. Karena hal ini akan membawamu kepada hal-hal yang baik pula, dan biasanya tidak enggan untuk membantumu ketika kamu lagi kesusahan. 


Akhir kata, itulah beberapa tips ampuh agar betah merantau di lingkungan yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat khususunya bagi kamu yang berencana atau sedang merantau. Jangan lupa kata orang tua "Jaga diri baik-baik", ini artinya kamu harus bersikap baik dan ramah kepada orang-orang sekitar, namun kamu juga harus dapat menjaga diri dari hal-hal negatif yang dianggap lumrah disana.