Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bukan Dari Usia, Inilah 10 Tanda-Tanda Seseorang Telah Dewasa

Tanda-Tanda Seseorang Telah Dewasa


omiska.com - Banyak orang pada umumnya berfikir semakin tua usianya orang tersebut memiliki sikap dewasa. Padahal usia tidak ada hubungannya dengan tanda kedewasaan seseorang. 

Tentu anda pasti pernah melihat seseorang yang usianya telah dewasa, namun sikapnya tidak mencerminkan usianya sekarang, atau dalam kata lain orang tersebut masih seperti anak-anak. Malahan sebaliknya, ada usianya yang masih remaja memiliki jika atau sikap dewasa yang jarang dimiliki oleh anak-anak seusianya. 

Lalu, bagaimana mengenali tanda seseorang telah dewasa? berikut ini adalah tanda-tanda seseorang telah dewasa yang dapat dilihat dari sikapnya. 


1. Tidak Suka Membuang-Buang Waktu

Seseorang yang memiliki sikap dewasa dapat ditandai dengan sangat menghargai waktu, dan ingin menggunakan waktu untuk kegiatan-kegiatan positif. Orang ini akan sangat menyayangi waktu yang terbuang untuk hal-hal tidak berguna dan tidak penting. 

Maka dari itru, orang ini cenderung lebih produktif dalam bekerja, dan diluar jam kerja ia tetap meluangkan waktunya untuk kegiatan-kegiatan positif, seperti membaca buku, membaca berita, atau bekerja sampingan. 


2. Memiliki Planing Hidup Kedepan

Orang yang bersikap dewasa memiliki plan atau rencana hidup yang jelas kedepannya. Misalnya, setelah tamat kuliah akan mengikuti pelatihan-pelatihan kejuruan yang akan mendapatkan sertifikasi keahlian, kemudian akan melanjutkan bekerja di perusahaan yang sangat diinginkan sejak bangku kuliah. 

Orang yang bersikap dewasa selalu memiliki rencana, artinya setelah menyelesaikan rencana dan tujuan sebelumnya ia akan menyusun rencana lain sebagai target baru yang harus direalisasikan. 


3. Tidak Suka Ikut-Ikutan Teman

Orang yang bersikap dewasa tidak suka mengikuti langkah orang lain yang tidak sejalan dengan rencananya atau kemampuannya. Mereka akan memilih langkah tepat yang telah direncanakan sejak awal, dan terus berkomitmen dan konsisten untuk menjalankannya. 

Karena jika ikut-ikutan teman belum tentu apa yang dihadapinya nanti belum tentu dapat diselesaikan dengan baik. Setiap orang pastinya memiliki keahlian atau kemampuannya masing-masing, orang yang bersikap dewasa akan memilih langkah yang sejalan dan cocok dengan kemampuan yang dimiliki. 


4. Mandiri

Mandiri adalah salah satu sikap dewasa yang banyak diketahui oleh banyak orang. Mandiri bukan berarti hidup sendiri di kota orang dan jauh dari orangtua. Mandiri juga dapat melakukan segala hal sendiri tanpa ketergantungan orang lain, kecuali dalam hal kerja kelompok atau bekerja dengan partner. 

Dalam artian, seseorang yang bersikap dewasa tidak ingin merepotkan orang lain dan berusaha untuk melakukannya sendiri.


5. Menyukai Tantangan

Orang yang bersikap dewasa cenderung sangat menyukai tantangan. Merkea cenderung akan memiliki rasa penasaran dan keingintahuan sesuatu, dan terus belajar untuk dapat menyelesaikan sesuatu yang dianggapnya menantang. 

Mereka akan terus berusaha mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas diri, seperti mengembangkan hardskill maupun softskill supaya mampu bersaing dalam dunia kerja. 


6. Yakin Kerja Keras Tidak Mengkhianati Hasil

Orang yang memiliki sikap dewasa tidak akan bermalas-malasan sepanjang hari, mereka akan bekerja keras karena yakin dengan pepatah "Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil". Mungkin bekerja keras memanglah kewajiban, namun jika ingin mendapatkan yang lebih biasanya mereka akan mencari tau bagaimana cara mendapatkan uang dari sumber yang lain, demi mencapai tujuan. 


7. Mengendalikan Emosi

Orang yang bersikap dewasa biasanya mampu membaca situasi yang dihadapinya. Mereka mampu mengendalikan amarah atau emosi maupun reaksi karena sesuatu dimanapun dan kapanpun. 


8. Tidak Gengsi Untuk Meminta Maaf dan Cepat Memaafkan

Orang dewasa biasanya tidak ingin ribet atau ingin menyederhanakan masalah. Karena masalah dipercaya dapat menghambat produktifitas dan membuat suatu hubungan menjadi kurang baik. 

Manusia tidak luput dari kesalahan, mereka akan mudah meminta maaf jika mereka salah dan sebaliknya mereka akan mudah memaafkan jika seseorang melakukan kesalahan kepadanya. 


9. Tidak Suka Menjalin Hubungan Yang Main-Main

Orang yang bersikap dewasa sangat menghargai dan memahami hubungan arti hubungan dalam percintaan. Merka tidak ingin main-main apalagi menjalin hubungan dengan seseorang yang salah. Mereka yang bersikap dewasa akan mempertahankan pasangannya. 

Dalam menunjukan keseriusannya dalam hubungan yang dijalin bersama pasangan, mereka akan merencanakan jenjang pernikahan akan diwujudkan secepat mungkin. 


10. Dapat Mengurangi Beban Orang Tua

Mereka memahami bagaiman beban orangtua dalam menghidupinya dan saudara-saudara kandungnya. dengan bergitu mereka akan berusaha meringankan beban orangtua, seperti tidak menuntut untuk dibelikan ini dan itu, mencari penghasilan tambahan sendiri, atau berusaha mengejar beasiswa agar orang tua tidak terlalu terbebani dengan biaya kuliah. 



Akhir kata, itulah 10 tanda-tanda seseorang telah dewasa dari sikap. Jadi dewasa itu tidak selalu dilihat dari faktor umur, jika diusia remaja saja memiliki 10 sikap diatas maka kamu orang yang luar biasa.

Setelah membaca artikel ini, berapa tanda diatas yang mencerimkan diri kamu?
close