Trading : Pengertian, Keuntungan, dan Resiko

Trading : Pengertian, Keuntungan, dan Resiko


omiska.com - Trading adalah salah satu kegiatan atau aktivitas jual beli instrument investasi dalam jangka waktu pendek. Kegiatan ini sama dengan kegiatan perdagangan, namun dalam hal ini trading dilakukan dalam jangka waktu yang pendek dan memberikan keuntungan yang besar. 

Masyarakat yang telah mendalami ilmu trading menjadikan kegiatan ini sebagai sumber pernghasilan untuk meningkatkan pemasukan. Segala instrumen yang jual belikan kegiatan trading memungkinkan pelakunya mendapatkan profit yang besar. 

Namun, ada pula masyarakat yang masih merugi karena trading yang mungkin masih minim informasi atau pengetahuan yang membuat mereka salah langkah. Trading memiliki resiko yang tinggi, ini akan mengakibatkan para trader yang ceroboh dalam membuat perhitungan tidak akan mendapatkan keuntungan alias rugi. 


Keuntugan Trading

Trading beberapa tahun terakhir menjadi kegiatan untuk menambah penghasilan poupler di masyarakat. Tentu ini dikarenakan trading akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan sebagai berikut ini : 


1. Parktis

Teknologi berkembang membuat kegiatan trading pun menjadi lebih praktis, ini dikarenakan trader dapat mengakses broker trading hanya dengan menggunakan smartphone saja secara online. Apalagi dilengkapi dengan BOT atau istilah lainnya Auto Trading yang sangat memudahkan penggunaannya. 


2. Fleksibel, Kapan Saja, Dimana Saja

Trader dapat melakukan trading secara online dimana saja dan kapan saja, hanya menggunakan perangkat seperti smartphone, tablet, ataupun laptop yang dapat terhubung dengan internet. Jadi dimanapun berada asalkan perangkat terkoneksi internet, para trader dapat melakukan trading. 


3. Opsi Tepat Pekerjaan Sampingan

Jika ingin memiliki penghasilan tambahan, tentunya kamu harus memiliki pekerjaan sampingan. Jika bingung tidak memiliki ide bisnis atau tak kunjung mendapatkan pekerjaan sampingan, mungkin kegiatan ini adalah salah satu opsi yang tepat. Namun, sebelum terjun ke dunia trading ada baiknya pelajari dulu dan memahami bagaimana seorang trader melakukan pekerjaannya. 


4. Tak Perlu Modal Besar

Kegiatan tading dapat dimulai dengan harga yang terjangkau bagi kamu yang masih pemula. Beberapa broker trading online tidak meminta pengguna baru untuk membayar pendaftaran alias gratis. Dengan biaya yang terjangkau yang relatif murah, kamu dapat memulai kegiatan trading dan meikmati beragam fitur yang ditawarkan di aplikasi. Namun kamu juga harus bijak menentukan dalam memilih broker trading online yang terpercaya dan aman. 


5. Dapat Berlatih Menggunakan Akun Demo

Pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai trading pun belum cukup, tanpa melakukan praktik. Bagi kamu yang takut kehilangan uang atau rugi karena trading, kabar baiknya beberapa aplikasi tading online menyediakan akun demo yang memungkinkanmu dapat berlatih sebelum terjun langsung ke dunia trading. Akun demo menyediakan sejumlah uang (saldo) yang akan kamu gunakan untuk melatih keterampilan dan analisa serta menerapkan strategi-strategi yang telah kamu pelajari sebelumnya. 



Resiko Trading

Selain keuntungan, trading juga memiliki resiko yang tinggi seperti berikut ini : 


1. Memilih Broker Yang Salah

Resiko pertama yang akan dialami oleh trader pemula adalah saat salah memilih broker online. Kamu akan melihat puluhan bahkan ratusan broker online dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Namun kamu juga harus hati-hati dalam memilih, dan lebih bijaknya melihat ulasan-ulasan dari pengguna lainnya. Jika banyak pengguna yang memberikan ulasan positif, bisa jasi broker online itu terpercaya. Salah memilih broker akan membuatmu rugi. 

Selain melihat usalan pengguna lain, kamu juga harus memahami dan mengetahui kebijakan yang diberikan oleh broker, misalnya dalam segi biaya pendaftaran, dan biaya-biaya lainnya. Mungkin sebagian pengguna tidak mempermasalahkan mengenai jumlah biaya yang telah ditetapkan oleh broker online, namun jika biayanya mahal mungkin ini dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang merupakan trader pemula. 


2. Resiko Kerugian Tinggi

Trading sejatinya memiliki resiko yang tinggi, mengingat hal ini para trader seharusnya memiliki wawasan atau pengetahuan serta memahami bagaimana melakukan trading online dan dapat menjalankan strategi-strategi untuk mendapatkan profit dan terhindar dari kerugian. 

Namun, jika seorang trader belum memahami mengenai berbagai hal dalam dunia trading maka akan beresiko mendatangkan kerugian, apalagi jika trader melakukan deposit dengan jumlah yang besar. 



Akhir kata, itulah pengertian, keuntungan dan resiko trading yang harus dipahami oleh trader pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan sedikit wawasan bagi trader pemula, khususnya dalam memahami pengertian, keuntungan serta resiko trading.